BerandaNewsWujudkan Pendidikan Berkarakter Lewat Program Babinsa Masuk Sekolah

Wujudkan Pendidikan Berkarakter Lewat Program Babinsa Masuk Sekolah

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO – Kodim 0820/Probolinggo sebagai satuan kewilayahan mempunyai tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan pada aspek darat, salahsatunya melalui pembinaan teritorial dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat untuk kepentingan pertahanan negara.

Berangkat dari hal tersebut Serka Mudha, Anggota Koramil 0820/03 Leces mengatakan akan terus berpartisipasi aktif dalam membantu pendidikan karakter di wilayah guna menyiapkan generasi muda berkarakter, berwawasan kebangsaan dan berjiwa Pancasila yang dilandasi semangat nasionalisme dan patriotisme.

“Untuk mencapai kondisi yang diharapkan salah satunya melalui kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan di lembaga pendidikan yang populer dengan istilah program babinsa masuk sekolah,” kata Serka Mudha, Kamis (25/5/23).

Ia menambahkan melalui program tersebut dapat terwujud siswa-siswi yang memiliki sikap disiplin dan berakhlak baik, terciptanya rasa saling hormat agar siswa-siswi/pelajar mengetahui batas-batas berperilaku baik di dalam kelas, di sekolah maupun di luar sekolah.

Sasaran lain dari kegiatan babinsa masuk sekolah ini yaitu demi terwujudnya semangat rela berkorban, cinta tanah air, wawasan kebangsaan, dan bela negara serta terwujudnya sikap teladan dan semangat untuk menjadi lebih baik.

”Tak hanya itu babinsa juga memberikan bimbingan dan arahan serta motivasi agar para pelajar memiliki sikap optimisme untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri masing-masing dan untuk saat ini hal tersebut kami laksanakan di SMPN 1 Leces,”ujarnya.

lebih lanjut anggota murah senyum ini menegaskan bahwa sangat penting ditanamkan sejak dini agar terpatri jiwa patriotisme, cinta tanah air dan bangga sebagai bagian Bangsa Indonesia.

”Selain para guru dan orang tua, kita juga mempunyai tanggungjawab dalam pembentukan karakter bagi generasi muda yang kelak menjadi penerus bangsa,”tuturnya.(Choy)