BerandaOtomotifWorld Car Awards 2024, Kia EV9 Borong Dua Penghargaan

World Car Awards 2024, Kia EV9 Borong Dua Penghargaan

Kabarmetro.id – Baru-baru ini, mobil listrik Kia EV9 memborong dua penghargaan dari ajang World Car Awards 2024, yakni World Car of the Year dan World Electric Vehicle.

World Car Awards merupakan penghargaan mobil terbaik yang dipilih oleh 100 jurnalis otomotif mewakili 29 negara terdiri dari berbagai kategori. Dalam ajang ini, para juri menilai model tersebut memiliki desain inovatif, interior yang lapang, dan harga kompetitif.

“Kesuksesan Kia EV9 yang berkelanjutan akan mendorong kami untuk terus menghadirkan kendaraan luar biasa yang mendefinisikan kembali pengalaman berkendara bagi pelanggan di seluruh dunia,” kata President and CEO Kia Ho Sung Song dalam laman resmi merek, Sabtu (30/3/24).

Untuk kategori World Car of the Year, Kia EV9 berhasil mengalahkan para finalis tiga besar, yakni BYD Seal dan Volvo EX30. Sementara itu dalam World Electric Vehicle, SUV tiga baris ini mengungguli BMW i5 dan Volvo EX30.

“Penghargaan ini mengokohkan posisi Kia sebagai yang terdepan dalam solusi mobilitas berkelanjutan yang melampaui mobil konvensional,” ucap President and CEO Kia North America Sean Yoon.

Kia EV9 memiliki dimensi bongsor dengan panjang 5.015 mm, lebar 1.980 mm, tinggi 1.780 mm, serta wheelbase mencapai 3.100 mm.

Di dalam kabin, terdapat tiga layar, termasuk kluster instrumen 12,3 inci, layar sentuh kontrol iklim 5,3 inci, dan layar sentuh navigasi 12,3 inci yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto.

Untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pengemudi, Kia juga menyediakan fitur-fitur seperti Smart Cruise Control, Blind-Spot Collision Avoidance Assist (BCCA) dengan Rear-Cross Traffic Assist (RCTA), pandangan 360 derajat melalui monitor, dan sembilan airbag yang tersebar di tiga baris kabin.

Salah satu varian teratasnya, EV9 GT-Line memiliki baterai dengan daya jangkauan hingga 495 km dalam sekali pengisian daya. Berbicara soal performa, mobil ini dilengkapi penggerak semua roda (AWD) dan mampu mencapai tenaga puncak 372 dk dan torsi 700 Nm.