BerandaNusantaraWabup Rahmang Secara Resmi Buka Pesantren Ramadhan 1444 H...

Wabup Rahmang Secara Resmi Buka Pesantren Ramadhan 1444 H Tingkat SD, SMP Sederajat

Kabarmetro.id, PADANG- PARIAMAN – Pesantren Ramadhan 1444 H/2023 M Tingkat SD dan SMP se Kabupaten Padang Pariaman resmi dimulai, Pembukaan dipusatkan di SMPN 1 Enam Lingkung Kecamatan Enam Lingkung dan diikuti secara virtual oleh satuan pendidikan lainya yang menyelenggarakan Pesantren Ramadhan tahun ini. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang pada Senin (3/4/23).

Ikut hadir mendampingi Wabup Rahmang Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Rudi Rahmad, Kepala Bapelitbangda Azwarman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H. Anwar, dan Kepala DPPKB Elfi Delita. Tampak juga hadir, beberapa Kepala Bagian dilingkungan Sekretariat Daerah (Setda), camat dan wali nagari, serta kepala sekolah yang bersangkutan.

Dalam arahannya Wabup Rahmang menyampaikan, Pesantren Ramadhan adalah momentum untuk mendekat diri kepada Allah. Katanya, sesuai dengan tema Pesantren Ramadhan tahun ini, “Peningkatan Akidah sejak dini”, dipandang penting untuk menangkal perilaku negatif akibat perkembangan tekhnologi bagi generasi.

“Akidah sejatinya merupakan fondasi utama daalam agama Islam,” jelasnya.

Untuk itulah katanya, para generasi muda harus punya cita-cita. Rahmang juga memotivasi santriwan dan santriwati agar mewujudkan cita-citanya itu dengan pondasi agama. Maka diharapkan penyelenggaraan Pesantren Ramadhan dapat membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan Padang Pariaman Berjaya, kabupaten yang religius

“Semoga dengan diadakannya Pesantren Ramadhan ini bisa menambah wawasan anak-anak, sehingga mereka bisa tumbuh dan kembang dalam kekentalan beragama,” terangnya menambahkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Ramadhan H Anwar menghimbau kepada seluruh santri untuk dapat mengikuti Pesantren Ramadhan dengan sungguh-sungguh. Disamping itu, dia meminta dukungan dan kerjasama seluruh kepala sekolah dan majelis guru dalam upaya menyukseskan Pesantren Ramadhan ini.

“Para instruktur di sekolah adalah ujung tombak pelaksanaan Pesantren ini, makanya sasaran pelaksanaan Pesantren ini agar dapat menanamkan nilai-nilai agama kepada peserta didik,” tegasnya.

Di Kabupaten Padang Pariaman Pesantren Ramadhan merupakan kegiatan keagamaan yang bersifat intrakurikuler dan diselenggarakan oleh lembaga pendidikan formal. Bulan Ramadhan tahun ini Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Bagian Kesra Sekretariat Daerah (Setda) kembali menghidupkan kegiatan Pesantren Ramadhan 1444 H.

Pesantren Ramadhan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 3 – 8 April 2023. Untuk menyukseskan kegiatan tersebut dibagi jadwal monitoring dan evaluasi kepada seluruh perangkat daerah. Setiap perangkat daerah memiliki tanggung jawab monitoring di tiap kecamatan yang telah ditentukan. (Rd)