BerandaKesehatanTingkatkan Kesehatan Ibu dan Bayi,RSIA Amanah Gelar Baksos ANC...

Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Bayi,RSIA Amanah Gelar Baksos ANC dan USG Gratis, Ini Harapannya

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – RSIA Amanah Kota Probolinggo mengadakan kegiatan Bakti Sosial “Deteksi Dini Pada Ibu Hamil dengan Pemeriksaan ANC dan USG Gratis “. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dan peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023. Sabtu (28/10/23).

Bakti Sosial (Baksos) diadakan di Puskesmas Lumbang Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. Tujuan baksos ini adalah meningkatkan kesehatan ibu dan bayi serta menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) melalui deteksi dini pada ibu hamil dan janin melalui pemeriksaan ANC dan USG.

Pada kesempatan baksos tersebut,RSIA Amanah melalui dr,Rizky menyampaikan berbagai upaya telah dilakukan segenap pihak untuk terus menekan angka kematian ibu melahirkan, salah satunya yg dilakukan hari ini yaitu pemeriksaan ANC dan USG Gratis.

Meski hari ini baru dapat dilakukan untuk 49 ibu hamil,namun kegiatan ini cukup positif dan berharap ini dapat terus dikembangkan di kesempatan yang akan datang. Ia juga menyampaikan dalam Baksos ini peserta mendapatkan layanan pemeriksaan oleh dr,Akhmad Risdianto,SP.OG serta mendapatkan pemeriksaan ANC dan mendapatkan layanan konseling oleh bidan.

Dr.Rizky menjelaskan Ante Natal Care (ANC) perawatan selama kehamilan menjadi satu bagian yang tak terpisahkan dalam mengupayakan kehamilan yang sehat baik bagi ibu maupun bayi.

Setiap ibu hamil memiliki risiko komplikasi dan berhak mendapatkan akses terhadap pelayanan asuhan kehamilan, persalinan, dan nifas yang berkualitas. Pelayanan antenatal selayaknya dilaksanakan secara komprehensif, untuk memastikan bahwa kehamilan berlangsung normal, mampu mendeteksi dini masalah dan penyakit yang dialami ibu hamil, melakukan intervensi secara patut sehingga ibu hamil siap untuk menjalani persalinan.

Pemeriksaan ibu dan bayi dilakukan secara berkala adalah pemeriksaan USG. Pemeriksaan ini penting dilakukan pada awal kehamilan untuk menentukan usia kehamilan dan mengetahui kondisi awal janin.

Kepala Puskesmas Lumbang,dr,Nis Cahyono menyampaikan,kami ucapkan terima kasih kepada RSIA Amanah juga segenap pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Baksos ini.

Kegiatan Baksos terselenggara atas Kerjasama RSIA Amanah Kota Probolinggo bersama Puskesmas Lumbang Kabupaten Pasuruan,” ucapnya. (Choy)