BerandaKesehatanTekan Penyebaran DBD Lakukan Fogging di Wilayah Binaan, Ini...

Tekan Penyebaran DBD Lakukan Fogging di Wilayah Binaan, Ini Harapannya

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO – Sebagai bentuk antisipasi berkembang-biaknya Nyamuk Aedes Aegypti dan menyebarnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Sertu Supriyadin Babinsa Koramil 0820/17 Pakuniran mendampingi kegiatan Fogging yang dilakukan di daerah binaan teritorianya.yang berlokasi di Desa Bimo Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo. Rabu (24/1/24).

Pada pelaksanaanFogging kali ini hadir perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Kepala Puskesmas Glagah, Kepala Desa Bimo, Bhabinkamtibmas di tambah Bidan Desa dan Kader Desa Bimo.

“Fogging ini bertujuan mencegah berkembang biaknya jentik nyamuk demam berdarah, ”ujar Sertu Supriyadin.

Sertu Supriyadin juga menyampaikan, selaku Babinsa setempat, pendampingan yang diberikan tersebut merupakan bentuk keikutsertaannya membantu Pemerintah dalam penanganan penyakit khususnya di wilayah binaannya seperti pencegahan demam berdarah.

Pada kesempatan tersebut Babinsa juga mengajak masyarakat Desa binaannya agar peduli terhadap lingkungan terutama kepedulian untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk.

“Kami himbau agar warga peduli lingkungan. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan sekitar,” pintanya.

Menurut Supriyadin, warga dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah.

“Selain itu, tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk melalui bersih-bersih lingkungan dan pemberian abate di bak air maupun tempat penampungan air lainnya,” terang Supriyadin. (Choy)