BerandaNewsTegas! Dilarang Menggunakan Knalpot Bising, Kapolda Sumbar Keluarkan Maklumat

Tegas! Dilarang Menggunakan Knalpot Bising, Kapolda Sumbar Keluarkan Maklumat

Kabarmetro.id, SUMBAR – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono mengeluarkan maklumat tentang pelarangan penggunaan knalpot brong di provinsi setempat, Selasa (9/1/24).

“Kekuarnya Maklumat larangan penggunaan knalpot brong yang telah ditanda tangani oleh Kapolda Sumbar dikarenakan sudah meresahkan masyarakat dan banyaknya keluhan masyarakat,” kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan.

Maklumat Kapolda Sumbar dengan Nomor:Mak/01/1/2024 tersebut ditujukan kepada para pelaku usaha serta pemilik kendaraan bermotor yang ada di provinsi setempat.

Isi maklumat tersebut menyebutkan bahwa bagi pelaku usaha yang memproduksi, menjual atau memperdagangkan kendaraan bermotor dan knalpot kendaraan bermotor wajib mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku,.sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 56 Tahun 2019 tentang baku mutu kebisingan kendaraan bermotor.

Sementara pengendara di jalan raya tidak diperbolehkan mempergunakan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis (bising/brong) sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Khususnya pasal 285 ayat (1) yang berbunyi bahwa setiap pengendara yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan dan knalpot dipidana dengan pidana atau denda.

Dwi mengatakan para personel kepolisian di provinsi setempat diminta untuk melakukan penindakan sesuai peraturan apabila menemukan perbuatan yang bertentangan dengan isi maklumat tersebut.

Ia mengimbau masyarakat agar mematuhi isi maklumat itu demi menciptakan kepatuhan serta ketertiban dalam berlalu lintas. (Rd)