BerandaNewsTambah Satu Embung Pada Tahun Ini

Tambah Satu Embung Pada Tahun Ini

Kabarmetro.id, Pasuruan – Plt Kepala Dinas SDA, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Hanung Widya Sasangka menguraikan, penambahan embung tersebut akan direalisasikan di wilayah Kecamatan Pasrepan.

Dan untuk merealisasikannya, Pemkab Pasuruan akan melakukan pembebasan lahan. Termasuk besaran anggaran yang harus digelontorkan.

“Sudah direncanakan dan untuk anggaran juga tengah disiapkan,” kata Hanung di sela-sela kesibukannya, Jumat (18/8/23).

Terkait anggaran, Hanung menjelaskan bahwa setidaknya butuh anggaran Rp 5 miliar untuk membebaskan sekitar 4 hektare lahan milik warga.

Saat ini, proses pembebasan lahan tersebut masih tahap pengukuran untuk memastikan luasan lahan dan batas-batas lahan warga yang masuk wacana pembebasan tersebut.

Lebih lanjut Hanung mengakui, proses pembebasan lahan tersebut harus bisa diselesaikan tahun ini. Agar pembangunan embung bisa terlaksana di tahun depan.

“Kalau pembebasannya harus selesai di tahun ini, sehingga realisasi pembangunannya bisa dilakukan di tahun depan,” jelasnya.

Menurut Hanung, pembangunan embung tersebut akan direalisasikan BBWS Brantas. Sedangkan Pemkab Pasuruan hanya menyediakan lahan yang akan dibangun menjadi embung.

“Kami menyediakan lahannya. Sementara pembangunan embung akan direalisasikan BBWS Brantas, terusnya.

Penambahan embung memang diperlukan. Selain untuk konservasi lingkungan, juga untuk penyediaan air baku yang nantinya juga bisa dimanfaatkan untuk sarana irigasi. Sehingga, memudahkan petani untuk mendapatkan air.Saat ini, baru ada tujuh embung yang dibangun di Kabupaten Pasuruan.

Selain Embung Mbiting, Desa Sukoreno, Kecamatan Sukorejo, ada Embung Kertosari, Kecamatan Purwosari, Embung Kedungbanteng, Kecamatan Rembang, Embung Krikilan Kecamatan Kejayan, Embung Kalisat Kecamatan Rembang dan juga ada Embung Sanganom di Nguling serta Embung Welulang, Kecamatan Lumbang, pungkasnya. (Haris)