Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kabarmetro.id, KOTA ROBOLINGGO – Para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo yang tergabung dalam UMKM Kreatif Sumberasih gelar sharing dan motivasi usaha serta pemantapan program kerja tahun 2022 di Warung Kama PPP Mayangan Probolinggo lusa lalu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto, Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur Habib Mahdi dan Kasi Perekonomian Kecamatan Sumberasih Erna Dewi Ninuk Setiawati. Minggu (28/12).

Dalam kegiatan tersebut mereka mendapatkan motivasi dari Ketua Forum UKM Provinsi Jawa Timur Nico Trisno Prahoro.

Ketua UMKM Kreatif Sumberasih Nuraini Mufidah menyampaikan kegiatan ini bertujuan agar para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Sumberasih bisa maju karena merupakan UMKM pemula yang mandiri.

“Melalui kegiatan ini, harapan kita pelaku UMKM semoga bisa berkolaborasi dan mendapatkan support dengan instansi terait mulai dari Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur hingga pusat,”ujar Nuraini.

Sementara itu, Kasi Perekonomian Kecamatan Sumberasih Erna Dewi Ninuk Setiawati. Menurutnya, pelaku UMKM Kreatif Sumberasih ini merupakan para pelaku usaha pemula yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi agar lebih maju.

“Mohon dukungan dan motivasi supaya bisa mewujudkan UMKM di Kecamatan Sumberasih yang bisa berdaya saing. Meskipun mandiri, tetapi tetap membutuhkan support dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupatenp Probolinggo Anung Widiarto mengungkapkan para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Sumberasih ini mempunyai semangat yang tinggi untuk bisa maju.

“UMKM ini sangat dibutuhkan sekali di tengah-tengah masyarakat karena geliatnya terhadap perekonomian masyarakat sangat luar biasa. Di masa pandemi Covid-19 ini, UMKM mendapatkan perhatian yang luar biasa dari pemerintah, salah satunya dengan pemberian bantuan usaha produktif bagi pelaku UMKM,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung mengatakan, UMKM ini sudah harus bangkit setelah sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Bagaimana pelaku UMKM ini bisa mandiri. Tetapi meskipun demikian, pelaku UMKM harus berupaya untuk melengkapi legalitas usahanya.

“Untuk legalisasi, usaha ini harus berijin dengan mempunyai NIB (Nomor Induk Berusaha). Mudah-mudahan UMKM kreatif ini harus benar-benar kreatif dan bisa memotivasi UMKM yang lain,” terang Anung.

Sedangkan Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur Habib Mahdi menyampaikan apresiasi terhadap pelaku UMKM Kreatif Sumberasih yang mampu mandiri untuk bisa berkembang. Tetapi ke depan pihaknya akan berupaya bagaimana ke depan bisa lebih berkembang lagi melalui program-program yang ada di Provinsi Jawa Timur.

“Harapannya UMKM yang ada di Kecamatan Sumberasih bisa lebih bangkit dan bisa lebih mandiri. Saya akan berupaya memberikan akses terkait dengan program yang ada di Provinsi Jawa Timur, baik bantuan langsung maupun secara ilmu,” harap Mahdi. (Choy).

RELATED ARTICLES

Harga Minyak Turun Menjadi Rp 14.000 Per Liter! Ini Berlaku Pada Toko yang Tergabung dalam Aprindo

  Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Hari ini, Pemerintah menetapkan kebijakan satu harga minyak goreng untuk jenis kemasan Rp 14 ribu per liter yang dimulai pada...

Kadis Perikanan Padang Pariaman Melalui Sekretaris Anton W Tanjung Sebut DAK 2021 untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat di Saat Pandemi

BiKabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - sepanjang 2021 dinas Perikanan Kabupaten Padang pariaman mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) sektor perikanan budidaya senilai Rp1,2 miliar dari Kementerian...

Harga Minyak Goreng Kemasan dan Curah Naik! Pedagang Pasar Keluhkan Sepinya Pembeli

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Harga minyak goreng curah maupun dalam kemasan saat ini mengalami kenaikan yang cukup drastis. Seperti yang terjadi di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BKN Sosialisasikan Aturan Kepegawaian dan Penyederhanaan Birokrasi bagi Kepala Perangkat Daerah

  Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Penyederhanaan birokrasi melalui pengalihan jabatan struktural ke fungsional, terus dilakukan dari Pusat hingga Daerah. Nantinya, hasil penyederhanaan ini adalah organisasi...

Antisipasi Banjir! Dinas PUPR Bersihkan Saluran Air

  Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Probolinggo, Jawa Timur melakukan pembersihan sejumlah saluran air di wilayah setempat guna...

Diawal Tahun Cak Thoriq Kembali Melakulan Penyegaran Pejabat Pemkab Lumajang, Kali Ini 267 Dilantik dan Disumpah

  Kabarmetro.id, LUMAJANG - Bertempat di Pendopo Arya Wiraraja, 267 pejabat di lingkungan Pemkab Lumajang, Rabu (19/1/22)  siang, dilantik. Mereka yang dilantik terdiri dari pejabat...

Bupati Suhatri Bur Dukung Program Peningkatan Mutu Guru dan SDM Aparatur

  Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mempunyai Program Unggulan di bidang Pendidikan, yaitu Program Peningkatan Mutu Guru dan Kualitas Sumber...

Recent Comments