BerandaGaya hidupRekor Dunia, Warga RI Juara Satu Kecanduan Hp

Rekor Dunia, Warga RI Juara Satu Kecanduan Hp

Kabarmetro.id – Indonesia menempati posisi teratas sebagai negara dengan durasi penggunaan perangkat mobile paling lama per hari, menurut laporan State of Mobile 2024 oleh Data.AI. Rata-rata, warga Indonesia menghabiskan waktu 6,05 jam per hari dengan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet pada tahun 2023, menunjukkan tren peningkatan sejak tahun 2020.

Laporan tersebut menunjukkan peningkatan bertahap dalam penggunaan smartphone di Indonesia, dimulai dari rata-rata 5,63 jam per hari pada tahun 2020, meningkat menjadi 5,99 jam pada tahun 2021, dan 6,14 jam pada tahun 2022.

Indonesia menjadi satu-satunya negara dengan penggunaan smartphone lebih dari 6 jam per hari, diikuti oleh Thailand, Argentina, Arab Saudi, dan Brazil.

Fokus utama penggunaan perangkat mobile di Indonesia adalah pada media sosial, dengan YouTube, TikTok, WhatsApp, Instagram, dan Chrome Browser menjadi lima besar aplikasi yang paling lama digunakan.

Namun, penggunaan smartphone yang berlebihan membawa dampak buruk, termasuk masalah kesehatan mental, kualitas tidur yang buruk, risiko kecelakaan mobil yang meningkat, prestasi sekolah yang buruk, dan performa kerja yang tidak optimal.

Studi menunjukkan bahwa kecanduan smartphone dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan stres kronis, serta menurunkan kestabilan emosi, khususnya di kalangan remaja. (Aria)