Home Nusantara Ratusan Warga Desa Kebebu Mengikuti Acara Robok-robok

Ratusan Warga Desa Kebebu Mengikuti Acara Robok-robok

0
Ratusan Warga Desa Kebebu Mengikuti Acara Robok-robok

Kabarmetro.id, MELAWI – Ratusan Masyarakat desa Kebebu Mengadakan acara Robok-robok yang mana kegiatan tersebut di lakukan di tugu katab kebahan, dusun nanga kebebu desa nanga kebebu, kecamatan Nanga Pinoh, kabupaten Melawi, Rabu (21/9/22).

Robok-robok masih menjadi tradisi tahunan masyarakat di Kalimantan Barat, khususnya masyarakat Melayu. Di desa kebebu sendiri, acara tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya.

Robok-robok yang berasal dari nama hari yaitu Rabu (Rabb’a dalam bahasa Arab) atau biasa yang disebut acara Tolak Bala yang biasa diadakan pada minggu terakhir dalam bulan Safar.

Setiap rumah masing-masing membawa nasi lengkap dengan sayur dan lauk untuk berkumpul bersama dilapangan terbuka, kemudian melakukan doa bersama dan diakhiri dengan makan bersama.

Kepala Desa Kebebu Ari Susanto mengatakan bahwa, kegiatan hari ini yang mana tujuannya ialah untuk lebih mempererat silaturahmi dan kebersamaan,
karena dengan pelaksanaan ritual robok-robok dapat mengikat persatuan dan kesatuan dari nilai kebersamaan, kegotong royongan dan kekompakan yang diwujudkan dalam rangkaian acara.

Ritual Robok-robok perlu dilakukan secara berkesinambungan untuk melestarikan salah satu adat budaya bangsa guna memupuk kerjasama antar warga hingga memperkokoh rasa identitas bersama, tingkatkan terus rasa cinta kepada budaya sendiri dalam rangka melestarikan dan mempertahankan kebudayaan asli daerah.

“Cintailah produk lokal sebagai warisan budaya yang wajib kita lestarikan, fahami dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari apa yang terkadung dalam filosofi budaya robok-robok yaitu silahturahmi dan kebersamaan,” tegasnya. (Januar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here