Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Polres Probolinggo Kota menggelar Press Release Akhir Tahun 2021. Press Release hasil kinerja kerja selama satu tahun tersebut dilaksanakan di Halaman depan Mako Polres Probolinggo Kota, Kamis (30/12).

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sabani memimpin langsung kegiatan yang dihadiri Wakapolres Kompol M.Khoiril, Pejabat Utama , dan Kasi Humas serta insan pers media cetak, online dan elektronik.

Dalam keterangan Press Releasenya,AKBP Wadi Sabani menyampaikan, bahwa sepanjang tahun 2021 Polres Probolinggo Kota menangani kasus gangguan Kamtibmas Crime sebanyak 500 kasus. Dari hasil evaluasi dengan kondisi di tahun 2020 mengalami kenaikan 2 persen.
Pada tahun 2020 gangguan kasus Kamtibmas Crime total yang ditangani sebanyak 489 kasus, pada tahun 2021 gangguan Kamtibmas Crime total yang ditangani 500 kasus, atau mengalami kenaikan sebesar 2 persen.

Ia menjelaskan, dari banyaknya jumlah kasus gangguan Kamtibmas Crime tersebut, kejadian tindak pidana Curas sebanyak 8 kasus, Curat 50 kasus, Curanmor 48 kasus, perjudian 7 kasus, pembunuhan 3 kasus, narkotika 34 kasus, Perlindungan anak 15 kasus, penipuan 21 kasus, penggelapan 25 kasus, KDRT 21 kasus, Curwan 2 kasus, kemudian ada 59 kasus dan tindak pidana tindak pidana lainnya.

AKBP Wadi Sabani mengatakan, untuk crime clirennya adalah penyelesaian tindak pidana, penyelesaian proses perkara tindak pidana tersebut juga mengalami kenaikan seiring dengan kenaikan tindak pidana yang terjadi. Yaitu naik crime clirennya 4,4 persen dari tahun 2020. Kemudian untuk crime indeks (rata rata tingkat kriminalitas) yang ada di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota yaitu 118,7 perkara per 100.000 penduduk.

“Apabila kita lihat dari sisi waktu (crime clock) kejahatan dari sisi waktu di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota gangguan Kamtibmas terjadi setiap 17 jam 31 menit 12 detik. Kemudian untuk yang dominan tindak pidana yang terjadi masih didominasi oleh kejahatan street crime berupa pencurian dengan pemberatan, dan pencurian kendaraan bermotor. Di tahun 2021 terjadi 48 dan 50 kasus terkait dengan pencurian kendaraan bermotor dan pencurian dengan pemberatan,” jelasnya.

Kemudian untuk beberapa kasus menonjol yang ditangani selama tahun 2021 (artinya kasus menonjol disini) yang terkait dengan nyawa/keselamatan nyawa masyarakat, kemudian juga menjadi pantauan atau menjadi perhatian dari publik dikategorikan dengan kasus menonjol ada 3 kasus pembunuhan dan pencurian dengan modus pecah kaca. Ini semua sudah selesai ditangani dan perkara sudah dilanjut ke tingkat penuntutan dan persidangan.

Selanjutnya adalah tindak pidana narkotika. Selama kurun waktu 2021 Polres Probolinggo Kota menangani perkara narkotika 46 kasus dan seluruhnya 100 persen sudah diselesaikan (sudah ditangani dan sudah selesai).

Sementara itu,pada bidang lalu lintas penindakan pelanggaran lalu lintas selama kurun waktu 2021 telah dilaksanakan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas sebanyak 9197 dengan rincian tilang 3947 dan teguran 5250 kasus.

Masalah penindakan pelanggaran lalu lintas ini selama 2021 didominasi ada perubahan. Kalau di tahun 2020 lebih banyak pada pelanggaran marka atau rambu, tahun 2021 pelanggaran yang terbanyak ada di pelanggaran helm. Ini kami atensi terkait dengan kasus pelanggaran lalu lintas di helm.

“Kita lihat masyarakat masih banyak yang kurang sadar terhadap ketertiban lalu lintas utamanya pengguna helm sehingga penindakan terhadap helm ini mendominasi penindakan di bidang lalu lintas yaitu sebanyak 1686 kasus,” terang AKBP Wadi Sabani.

Untuk jenis kendaraan, lanjut Wadi Sa’bani, masih didominasi dengan kendaraan sepeda motor yang dilakukan penindakan. Terkait penindakan sepeda motor adalah penggunaan sparepart sepeda motor yang tidak sesuai dengan Space.

“Yang kita atensi bersama adalah knalpot brong (knalpot racing yang memang bising) yang sering digunakan Trak Trak kan, balapan liar dan kegiatan lainnya yang menggunakan sepeda motor yang mengganggu ketertiban, khususnya yang terkait dengan masalah suara. Tahun 2021 kita melakukan penindakan 91 kasus,” jelas Wadi Sabani.

Dalam hal lalu lintas disebutkan, adalah laka lantas selama kurun waktu 1 tahun kejadian kecelakaan lalu lintas ada 311 kasus dan sudah selesai 77 kasus sisanya masih proses.
Disampaikan, bahwa apabila dilihat dari sisi waktu kecelakaan lalulintas rentang waktu yang terbanyak adalah di rentang waktu mulai jam 00 sampai jam 12.00 siang.

“Ada 147 kasus, dan kendaraan yang terlibat kecelakaan ini lebih banyak didominasi oleh sepeda motor sebanyak 390 kasus. Dan modusnya lebih banyak dibagian tabrak samping,” katanya.

Menurut AKBP Wadi Sa’bani, rilis akhir tahun ini merupakan wujud transparansi sekaligus pertanggungjawaban Polres Probolinggo Kota terhadap masyarakat sejauh mana pelaksanaan tugas kepolisian dalam mengelola keamanan ketertiban masyarakat yang puncak gunung esnya adalah keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Insya Allah di tahun 2022 menjadi perhatian kita dan akan kita perbaiki semaksimal mungkin kita bisa melakukan pelayanan dalam hal penegakan hukum kepada masyarakat,” harapnya.(Choy)

RELATED ARTICLES

Pangdam Jaya Pimpin Apel Gelar Pasukan Satuan

Kabarmetro.id, JAKARTA - Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto memimpin Apel Gelar Pasukan Satuan Jajaran Kodam Jaya yang dilaksanakan di lapangan Jayakarta-Kodam Jaya, Kamis...

Masyarakat Keluhkan Proyek Drainase Pekerjaan PPK 2.4 Padat Karya Tunai (PKT) Tepat di STA 197, Diduga Tidak Sesuai Bestek dan Spesifikasi Pembangunan

Kabarmetro.id, LAMPUNG BARAT - Proyek pekerjaan drainase PPK 2.4 Padat Karya Tunai (PKT) di jalan lintas liwa tepat di STA 197 Desa Padang Tambak...

Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kabupaten Hadiri Deklarasi Paguyuban PKL Pasar Cikarang dan Santunan Anak Yatim

Kabarmetro.id, KABUPATEN BEKASI - Bertempat di halaman Pasar Cikarang pada Kamis (27/1/22) sekitar jam 09:00 WIB diadakan Deklarasi Paguyuban PKL Pasar Cikarang. Acara...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Resmi! Anthony Martial Main di Sevilla

Kabarmetro.id - Klub Liga Spanyol, Sevilla akhirnya mengumumkan mereka resmi memboyong Anthony Martial dari Manchester United. Kabar ini dibagikan Sevilla lewat laman resmi dan...

Pangdam Jaya Pimpin Apel Gelar Pasukan Satuan

Kabarmetro.id, JAKARTA - Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto memimpin Apel Gelar Pasukan Satuan Jajaran Kodam Jaya yang dilaksanakan di lapangan Jayakarta-Kodam Jaya, Kamis...

Denada Merasa Lebih Sehat, Karena Zumba?

Kabarmetro.id - Penyanyi Denada sudah cukup lama belajar Zumba. Dia sampai sekarang masih aktif menekuninya karena merasakan sejumlah manfaat baik untuk kesehatan fisik ataupun...

Genting! Panglima TNI Jenderal Andika Terbang ke Papua

Kabarmetro.id, JAKARTA - Tiga prajurit TNI gugur setelah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang Pos Koramil Gome di Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (27/1/22). Anggota Komisi I...

Recent Comments