BerandaNewsPenuhi Kebutuhan Air Bersih, Polda Sumbar Terapkan Mobil Sistem...

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Polda Sumbar Terapkan Mobil Sistem Water Treatment Dilokasi Terdampak Banjir Bandang

Kabarmetro.id, SUMBAR – Sebagai respons terhadap bencana alam banjir bandang yang melanda beberapa wilayah Sumatera Barat, Polda Sumbar mengambil langkah cepat dan inovatif dengan menerapkan sistem water treatment untuk menyediakan air bersih bagi warga terdampak. Bencana yang terjadi pekan lalu ini telah menyebabkan kerusakan infrastruktur dan krisis air bersih di beberapa daerah.

Dalam situasi darurat ini, Polda Sumbar mengerahkan tim tanggap darurat yang dilengkapi dengan peralatan water treatment portabel ke lokasi-lokasi terdampak banjir. Sistem ini mampu mengolah air dari berbagai sumber, termasuk air sungai dan sumur yang terkontaminasi, menjadi air bersih yang aman untuk dikonsumsi.

Mobil Water Treatment Polda Sumbar ini ditempatkan di kantor Nagari Rambatan Kabupaten Tanah Datar, dikarenakan seluruh warga terdampak banjir diungsikan di kantor walinagari tersebut, selain itu mobil water treatment ini difokuskan untuk air minum atau di konsumsi.

Kabid humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan, menyatakan, Kebutuhan akan air bersih sangat mendesak setelah bencana banjir bandang ini. Dengan menerapkan teknologi water treatment,

“Kami berharap dapat membantu meringankan beban warga dan mencegah penyakit akibat air yang tercemar,”ujarnya.

Selain penyediaan air bersih, Polda Sumbar juga menyalurkan bantuan logistik berupa makanan, obat-obatan, dan perlengkapan kebersihan kepada warga yang terdampak. Tim medis dari Polda Sumbar juga dikerahkan untuk memberikan layanan kesehatan dan memastikan kondisi kesehatan warga tetap terjaga.

“Kami berusaha memberikan bantuan menyeluruh, tidak hanya air bersih tetapi juga dukungan logistik dan layanan kesehatan. Sinergi dengan berbagai pihak terus kami lakukan untuk memastikan semua kebutuhan warga terpenuhi,” tambah Kabid humas.

Salah seorang warga setempat mengapresiasi upaya Polda Sumbar. “Kami sangat berterima kasih atas inisiatif cepat dari Polda Sumbar dalam menangani krisis air bersih ini. Kerja sama yang baik antara berbagai pihak sangat membantu dalam proses pemulihan pasca bencana.”ucapnya.

Polda Sumbar berkomitmen untuk terus memantau dan mendukung proses pemulihan di wilayah terdampak banjir. Rencana jangka panjang termasuk peningkatan kapasitas sistem water treatment dan pelatihan bagi masyarakat tentang pengelolaan air bersih dan sanitasi.

“Ke depan, kami akan terus mendukung upaya pemulihan dan memastikan bahwa warga memiliki akses yang berkelanjutan terhadap air bersih. Kami juga akan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam mengelola air bersih,” ujar Kombes Dwi Sulistyawan.

Dengan inisiatif ini, Polda Sumbar tidak hanya menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab sosialnya, tetapi juga memberikan solusi konkret bagi warga yang sedang menghadapi krisis akibat bencana.

“Upaya ini diharapkan dapat membantu mempercepat pemulihan dan memastikan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Rd)