BerandaNewsPelihara dan Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Korem121/ABW Gelar Latihan Menembak...

Pelihara dan Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Korem121/ABW Gelar Latihan Menembak Senjata Ringan TW IV Tahun 2023

Kabarmetro.id, SINTANG – Komando Resor Militer 121/Abw menggelar kegiatan latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) TW IV TA 2023 di Lapangan tembak Yonif 642/Kps, Jl. Lintas Kalimantan Poros Tengah, Kapuas Kanan Hulu, Kec. Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Selasa (21/11/23).

“Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan prajurit dalam kegiatan menembak menggunakan senapan SS1,” kata Komandan Detasemen Markas Korem 121/Abw Mayor Inf Suharmoko.

Kegiatan Latbakjatri tersebut, merupakan salah satu program kerja (Progja) Korem 121/Abw TW IV TA 2023 yang dilaksanakan selama dua hari terhitung dari 21 – 22 September 2023 dan diikuti oleh seluruh prajurit Korem 121/Abw, baik itu perwira, bintara maupun tamtama.

Mayor Inf Suharmoko selaku Pengendali dan pengawas latihan (Timdalwaslat) menyampaikan bahwa kegiatan latihan menembak yang digelar merupakan salah satu pembinaan prajurit dalam progja Korem 121/Abw TW IV TA. 2023 bidang latihan dan dalam hal ini, untuk meningkatkan kemampuan perorangan prajurit dalam menembak menggunakan senjata senapan laras panjang.

“Dengan latihan yang terprogram tentunya akan meningkatkan kemampuan menembak para prajurit sesuai dengan nilai yang diharapkan satuan,” tegasnya.

Selanjutnya, Dandenma Rem 121/Abw menjelaskan sebelum melaksanakan menembak setiap prajurit ditekankan untuk memperhatikan faktor keamanan, sebelum, selama dan setelah pelaksanaan latihan guna menghindari timbulnya kerugian personel dan materiil serta satuan.

Untuk itu pelaksanaannya akan diawasi secara ketat oleh pimpinan petembak (Pibak) dan Pengawas lajur (Wasjur) dan untuk menghindari timbulnya kerugian tersebut diharapkan seluruh peserta dan pendukung mengikuti mekanisme dan pedomani prosedur latihan yang sudah ditetapkan.

“Selama pelaksanaan latihan menembak tidak ada prajurit yang bertindak sendiri, melainkan atas instruksi serta arahan dari penyelenggara dan panitia yang sudah ditunjuk oleh Koordinator,” katanya. (Januar)