BerandaPendidikanPeduli Lingkungan, Siswa-Siswi SMAN 2 Probolinggo Tanam Mangrove dan...

Peduli Lingkungan, Siswa-Siswi SMAN 2 Probolinggo Tanam Mangrove dan Bersih Pantai, Ini Harapannya

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – SMA Negeri 2 Probolinggo sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri menggulirkan program peduli lingkungan melalui P5. Salah satu implementasinya dengan melakukan penanaman ratusan bibit mangrove dan bersih Pantai Permata Kecamatan Kademangan. Dengan program tersebut diharapkan siswa menjadi pelopor gerakan peduli lingkungan dan alam untuk generasi penerus bangsa dimasa mendatang.

“Program tersebut kami beri nama ‘Penanaman Mangrove dan Bersih-Bersih Pantai di Pantai Permata. Dengan kegiatan itu tentu kami punya tujuan untuk menanamkan jiwa kepedulian dalam diri siswa terhadap lingkungan sekitar.

“ Kita juga terus mendorong para siswa punya kepedulian terhadap lingkungan baik di lokasi tempat tinggal sekolah serta di manapun mereka berada,” ujar Kepala SMA Negeri 2 Probolinggo, Erni Prasetyawati. Jumat (17/11/23) pagi.

Dijelaskan, dalam kegiatan luar sekolah ini melibatkan 851 siswa serta 60 guru SMA Negeri 2. Melalui program peduli lingkungan tersebut Erni sangat optimis bakal mampu meningkatkan kesadaran anak akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan secara keberlanjutan termasuk ekosistem biota laut.

“ Karena disadari atau tidak, menanamkan sikap peduli pada lingkungan mesti dibiasakan sejak dini. Tidak cukup dengan teori, harus dibarengi dengan praktek riil dilapangan.

Termasuk mengedukasi kepada siswa akan fungsi dan manfaat tanaman mangrove. Salah satunya sebagai penyangga ekosistem pantai serta menjadi barrier atau pertahanan jika sewaktu -waktu terjadi bencana alam seperti banjir,” jelas Erni. (Choy)