BerandaPendidikanMembuka Peluang Pendidikan: Resmi, SALUT UT di Megamendung

Membuka Peluang Pendidikan: Resmi, SALUT UT di Megamendung

Kabarmetro.id, BOGOR – Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) hadir sebagai fasilitas UT yang bertujuan mempermudah akses layanan pendidikan tinggi, memadukan teknologi, dan kemanusiaan. UT, perguruan tinggi negeri berbasis pembelajaran jarak jauh dengan dukungan teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), memungkinkan mahasiswa belajar tanpa tatap muka dengan dosen.

Perluasan jangkauan UT terwujud dalam peresmian SALUT Cakra Inti Indonesia di Megamendung Puncak Bogor. Upaya ini dilakukan untuk mendekatkan layanan pendidikan tinggi hingga ke pelosok, ditandai dengan penandatanganan kerjasama yang dihadiri oleh Direktur UT Bogor, Drs. Enang Rusyana, M.Pd., Kepala SALUT Cakra Inti Indonesia, Mubarok, S.Kom., M.M., dan Pembina Yayasan Cakra Inti Indonesia, Dr. Achmad Mulyana, S.E., M.M .

Dengan dibukanya SALUT, pembelajaran mahasiswa kini semakin optimal dengan beragam fasilitas pendukung. Namun, UT juga memahami pentingnya sentuhan kemanusiaan dalam memenuhi kebutuhan dasar mahasiswa, tutor, dan pemangku kepentingan lainnya. Oleh karena itu, UT mendirikan SALUT untuk memfasilitasi hal-hal seperti mendapatkan informasi, mengatasi kendala, mendapatkan bimbingan, bertemu dengan tutor, bertemu teman kuliah, berdiskusi, dan bersosialisasi.

Direktur UT Bogor, Drs. Enang Rusyana, M.Pd., dalam sambutan saat kerjasama di Kantor Universitas Terbuka Bogor, Kamis, 5 Oktober 2023 menyambut baik kehadiran SALUT di Megamendung Puncak Bogor. Dia berharap kerjasama yang baik dapat memberikan akses pendidikan tinggi yang merata, terutama bagi mahasiswa yang berasal dari berbagai lingkungan. Tujuan UT adalah memberikan akses pendidikan tinggi kepada semua lapisan masyarakat Indonesia, di manapun mereka berada, sesuai dengan tagline UT, “Making Higher Education Open to All.”

Kepala Sentra Layanan SALUT, Mubarok, S.Kom., M.M, mengungkapkan kegembiraannya atas kerjasama dengan UT. Dia berharap kerjasama ini akan menjadikan akses pendidikan tinggi di kampus negeri semakin merata, terutama bagi mahasiswa yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat, seperti Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pemerintah Daerah, dan institusi terkait lainnya. “UT berkomitmen memberikan kesempatan belajar di perguruan tinggi kepada semua yang memiliki potensi akademik yang baik,” jelas Mubarok, S.Kom., MM dalam keterangan tertulisnya yang diterima Jumat (6/10/23).

SALUT adalah perpanjangan tangan UT Daerah yang berfungsi sebagai tempat layanan administrasi akademik dan kegiatan akademik. Selain itu, SALUT juga berperan dalam mengenalkan UT kepada berbagai lapisan masyarakat dan merekrut calon mahasiswa. Keberadaan SALUT diharapkan dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dan kualitas layanan UT, sejalan dengan program pemerintah untuk pemerataan akses pendidikan.

Lokasi SALUT Cakra Inti Indonesia sangat strategis, berada di Jalan Raya Puncak Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, menjadi pintu gerbang pariwisata utama di kabupaten tersebut. Megamendung, yang terletak di kawasan wisata puncak, telah menetapkan visi untuk menjadi gerbang utama pariwisata di kabupaten Bogor, mendukung visi kabupaten tersebut sebagai yang termaju di Indonesia.

Fasilitas SALUT meliputi tanah dan bangunan, halaman parkir dan taman, ruang tutorial, ruang administrasi akademik, ruang front desk, ruang informasi dan display produk UT, ruang diskusi mahasiswa, ruang tempat tinggal, ruang laboratorium komputer, ruang perpustakaan, ruang pimpinan, ruang musholla, ruang dapur, ruang toilet, dan ruang lobby. Semua fasilitas didukung oleh perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi, serta berbagai perangkat lain yang mendukung akses layanan UT, seperti registrasi, pemesanan bahan ajar, kegiatan belajar, dan ujian online.

Layanan administrasi yang disediakan SALUT mencakup bantuan admisi dan registrasi online, pelatihan belajar mandiri, tutorial tatap muka, tutorial online, pengingatan registrasi ulang, penyelesaian tugas mata kuliah, pengambilan e-KTM, edukasi mahasiswa mengenai layanan UT, penyelesaian permasalahan akademik dan administrasi mahasiswa, serta berbagai pelatihan yang diperlukan mahasiswa.

Dengan adanya SALUT UT Bogor, UT terus mengupayakan agar pendidikan tinggi yang berkualitas dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat, menciptakan kesempatan belajar di perguruan tinggi, dan memberikan kontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. (*/Kevin)