Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kabarmetro.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melantik Pengurus Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada hari ini, Rabu (13/10/2021).

Salah satu yang dilantik adalah Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno berharap pelantikan dewan pengarah BRIN dapat membawa perkembangan positif pada sektor riset nasional.

“Kita berharap Dewan Pengarah dapat memberikan masukan, bimbingan, dan arahan yang produktif kepada BRIN,” ujar Eddy kepada wartawan, Selasa (13/10).

Menurut pimpinan komisi yang bermitra dengan BRIN itu, pengembangan riset yang dimotori lembaga tersebut harus selalu didukung. Sebab kata Eddy, perkembangan suatu bangsa akan ditentukan oleh kemajuan riset yang dilakukan.

“Kita sudah bertekad untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia ke depannya. Menurut saya itu bisa dilakukan melalui dukungan riset dan inovasi,” kata Eddy.

Diketahui, Presiden Jokowi telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) yang baru terkait BRIN. Tertulis, Ketua Dewan Pengarah BRIN adalah pejabat Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang kini diduduki oleh Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, dalam Perpres Nomor 78 Tahun 2021 Pasal 7 Ayat (3) disebutkan Ketua Dewan Pengarah BRIN punya kewenangan untuk memberikan arahan dan masukan bahkan dapat membentuk satuan tugas khusus.

“Ketua sebagaimana dimaksud pada ayat (2) memiliki kewenangan untuk memberikan arahan, masukan, evaluasi, persetujuan atau rekomendasi kebijakan dan dalam keadaan tertentu dapat membentuk Satuan Tugas Khusus untuk mengefektifkan pelaksanaan tugas dan fungsi yang dilaksanakan oleh Pelaksana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 huruf b,” demikian dikutip dari pasal tersebut.

Saat menjalankan tugasnya, Ketua Dewan Pengarah akan dibantu oleh staf khusus yang bersifat maupun tidak bersifat ex-officio. Berdasarkan Pasal 7 Ayat (4), Ketua Dewan Pengarah BRIN akan dibantu empat orang staf khusus.

Berikutnya, ada juga posisi Wakil Ketua Dewan Pengarah BRIN yang nantinya akan dijabat oleh dua menteri di bidang terkait. Hal ini diatur lewat Pasal 7 Ayat (5) Perpres Nomor 78 Tahun 2021.

“Wakil Ketua sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b dijabat secara ex-officio oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan dan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang perencanaan pembangunan nasional,” tertulis dalam pasal tersebut. (Red)

RELATED ARTICLES

Garnita Partai NasDem Laksanakan Takziah dan Berikan Sembako, Ini Harapannya!

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Sebagai bagian dari program NasDem Peduli, Garda Wanita (Garnita) Partai NasDem Kota Probolinggo melaksanakan takziah sekaligus memberikan bantuan...

Pemilik Sapi Kerap Berharap Agar Segera Diadakan Lomba Kerapan, Ini Harapan Mahdi

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim,Mahdi berharap melalui Lomba Kerapan Sapi sebelum pandemic Covid-19 seperti yang seringkali dilaksanakan di...

10 Januari Saya Sudah Siap! Apa Kata Mahdi

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Fungsionaris Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Probolinggo, Habib Mahdi, bakal mendeklarasikan diri sebagai calon Bupati Probolinggo 2024 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BKN Sosialisasikan Aturan Kepegawaian dan Penyederhanaan Birokrasi bagi Kepala Perangkat Daerah

  Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Penyederhanaan birokrasi melalui pengalihan jabatan struktural ke fungsional, terus dilakukan dari Pusat hingga Daerah. Nantinya, hasil penyederhanaan ini adalah organisasi...

Antisipasi Banjir! Dinas PUPR Bersihkan Saluran Air

  Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Probolinggo, Jawa Timur melakukan pembersihan sejumlah saluran air di wilayah setempat guna...

Diawal Tahun Cak Thoriq Kembali Melakulan Penyegaran Pejabat Pemkab Lumajang, Kali Ini 267 Dilantik dan Disumpah

  Kabarmetro.id, LUMAJANG - Bertempat di Pendopo Arya Wiraraja, 267 pejabat di lingkungan Pemkab Lumajang, Rabu (19/1/22)  siang, dilantik. Mereka yang dilantik terdiri dari pejabat...

Bupati Suhatri Bur Dukung Program Peningkatan Mutu Guru dan SDM Aparatur

  Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mempunyai Program Unggulan di bidang Pendidikan, yaitu Program Peningkatan Mutu Guru dan Kualitas Sumber...

Recent Comments