BerandaNusantaraLaunching Aksi Gizi Serentak, Ditandai Dengan Pukul Gong

Launching Aksi Gizi Serentak, Ditandai Dengan Pukul Gong

Penulis : Agus S / Diah SR

Kabarmetro.id, LUMAJANG – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 tahun sekaligus rangkaian kegiatan Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-768 tahun.
Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB), launching Aksi Gizi Serentak.

Adapun kegiatan ini diadakan di water park kawasan wonorejo terpadu, jalan raya wonorejo, kecamatan kedungjajang, kabupaten Lumajang, Rabu (15/11/23).

Hadir dalam kegiatan Forkopimda Lumajang, kepala dinas kesehatan pengendalian penduduk dan keluarga berencana beserta staf, kabag kesra, kabid diatas, kabid dikmasbud, camat kedungjajang, perwakilan kepala sekolah di Lumajang dan pelajar sekolah menengah pertama.

Kegiatan aksi gizi serentak kali ini mengangkat tema aksi bergizi hidup sehat sejak sekarang untuk remaja kekinian.

Tujuan agenda ini, pencegahan stunting melalui gerakan remaja putri minum tablet tambah darah. Meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya TTD, olahraga dan konsumsi gizi berimbang.

Menyampaikan sambutan PJ Bupati Lumajang Indah Wahyuni, SH, M. Si yang tidak bisa hadir karena ada kegiatan bersamaan. Kepala dinas kesehatan pengendalian penduduk dan keluarga berencana ( Dinkes P2KB ) dr Rosydah, Puji syukur kehadiran Allah SWT atas karunianya dapat hadir pada acara Aksi Bergizi Serentak kabupaten Lumajang tahun 2023.

Kasus stunting kabupaten Lumajang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya sedangkan target nasional ditetapkan minimal mencapai 14 persen. Tingginya kasus Anemia erat kaitannya dengan kepatuhan kosumsi tablet tambah darah ( TTD ) remaja putri dan ibu hamil.

Dalam kegiatan ini diharapkan kepala sekolah mengimplementasikan program aksi bergizi.
Utamanya pengawasan kepatuhan remaja putri dalam mengkonsumsi TTD sesuai anjuran. Mengajak OPD terkait secara serentak seluruh kabupaten Lumajang mulai hari ini di sekolah jenjang SMP / MTS, SMA / MA dijadikan kegiatan rutin.

Tempat yang sama kepala bidang kesehatan masyarakat Indah Kusumawati, S. Si, Spt mengatakan gerakan aksi gizi serentak terus digaungkan agar tujuan bisa tercapai. Untuk itu OPD terkait berkolaborasi lintas sektor dalam penyelenggaraan aksi bergizi di sekolah.