Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN – Penjabat wali nagari diharapkan mampu bekerja sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dengan tidak mengabaikan kearifan lokal suatu nagari.

Dengan hadirnya pemimpin pj wali nagari di masyarakat tentu lebih dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di nagari yang dipimpinnya serta berkeadilan dan berperan lebih optimal terhadap penyelenggaraan roda pemerintahan di nagari ke arah yang lebih baik.

Dan Mampu mengayomi tuntutan dan harapan dari semua pihak, terutama masyarakat terhadap ketercapaian tujuan Pemerintahan Nagari yang mandiri dan jujur serta dapat Mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat sebaik mungkin,
Meningkatkan pembangunan dan memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat nagari.

Hal ini disampaikan Camat VII Koto Imra Husni dalam sambutannya pada acara pelantikan Pejabat (Pj) Wali Nagari Balah Aie Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman, pada hari Jumat (15/10) bertempat di kantor Wali Nagari Balah Aie.

Camat Imra Husni menjelaskan Jabatan Wali Nagari merupakan suatu amanah dan kepercayaan dari masyarakat.

Perwujudannya dituangkan dalam tugas serta tanggung jawab wali nagari dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintah yang lebih baik, tugas yang diserahkan maupun yang diperbantukan kepada nagari yang bersangkutan, ujar Imra.

Selanjutnya disampaikan Penjabat Wali Nagari, merupakan seseorang yang dipercaya dan diangkat oleh Bupati untuk menjalankan tugas-tugas kepemerintahan, sebagai Wali Nagari.

Untuk itu Pj wali nagari dalam melaksanakan tugas-tugasnya harus mengedepankan istilah adat piaman yaitu tungku tigo sajarangan artinya harus bisa merangkul tokoh adat, agama, pemuda, dan seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan roda pemerintahan nagari sesuai dengan tupoksi masing-masing, tutur Camat.

Disebutkan pelantikan tersebut dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan Wali Nagari Balah Aie yang sebelumnya juga di jabat pj wali nagari.

Ia berharap Wali Nagari dapat menjalankan amanah  dengan baik, memberikan pelayanan prima yang lebih transparan, cepat, tepat, tuntas dan tidak ada keberpihakan dalam melayanani masyarakat. 

Ia menambahkan Kebenaran fakta dan data dalam pemberian hak dan kewajiban kepada setiap masyarakat juga menjadi harapan yang selalu dinanti-natikan oleh masyarakat, Penjabat Wali Nagari harus mampu berbuat adil dan perlakuan yang sama kepada setiap unsur atau kelompok masyarakat sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga nantinya dapat dipertanggungjawabkan, kebenarannya, tegasnya.

Selain itu, Ia juga berharap wali nagari terus bersinergi dan bekerjasama dengan wali korong, Bamus, tokoh masyarakat, dan seluruh unsur terkait lainnya dinagari, demi untuk memenuhi harapan masyarakat, karena harapan masyarakat juga merupakan harapan dari pemerintah daerah.
Wali nagari harus tanggap terhadap lingkungan yang dipimpin, Artinya siap menerima laporan dari masyarakat kapanpun, ucapnya.

Kadis DPMD Erman,Sos.MM, Hadiri Pelantikan Wali Nagari Balah Aie

Terkait hal pelayanan kepada masyarakat, mengingat dengan semakin meningkatnya teknolgi digital diera sekarang ini dan tingkat pemikiran masyarakat yang semakin cerdas Camat meminta agar Wali Nagari dalam melakukan pelayanan harus transfaransi dan tidak mementingkan suatu kelompok, apalagi menguntungkan,serta bisa berlaku seadil-adilnya di tengah masyarakat, terang Imra.

Selanjutnya, camat juga mengingatkan Pj Wali Nagari untuk mempedomani Peraturan Perundang-undangan dalam melaksanakan tugas pemerintahan nagari Seperti, Mengelola dana desa dengan baik tidak adanya pengelembungan dana dalam anggaran belanja nagari agar nanti tidak terjerat kasus Hukum, imbuh Camat Imra.

Sementara itu ditempat yang sama Kadis DPMD Kabupaten Padang Pariaman Erman, Sos., MM, mengarahkan pentingnya pj wali nagari berkolaborasi dengan seluruh stakeholder yang ada, dan unsur terkait, guna untuk membuat suatu kebijakan dalam menjalankan roda pemerintahan nagari.

Lanjutnya, “Apalagi sekarang ini Padang Pariaman akan menyelenggarakan pesta demokrasi pilwana serentak kab.padang Pariaman 31 Oktober 2021.”

” Untuk itu Kami berharap kepada Pj wali nagari untuk dapat mensukseskan pilwana serentak tersebut karena nagari Balah Aie ikut dalam nagari yang mengikuti pilwana serentak Kabupaten Padang Pariaman,” harap Kadis.

Hadir pada acara pelantikan Pj wali nagari Balah Aie, Danramil Kecamatan VII Koto, Kapolsek VII Koto atau yang mewakili,seluruh perangkat nagari Balah Aie, Niniak Mamak, Alim ulama, Cadiak pandai se kenagarian Balah Aie, wali korong SE kenagarian Balah Aie, Ketua dan Anggota Bamus Nagari Balah Aie. (Agustin)

RELATED ARTICLES

Anjlok Harga Cabe! Petani: Aaahh Sudah Biasa

Kabarmetro.id, BERASTAGI - Para petani di dataran tinggi Kabupaten Karo mengeluhkan anjloknya harga jual cabe lokal yang hanya senilai Rp12.000 sampai dengan Rp15.000/kg di...

Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus Perintahkan Camat dan Lurah Ajak Warga Goro Bersihkan Drainase

Kabarmetro.id, PEKANBARU - Dr. H. Firdaus, S.T., M.T - Pekanbaru.go.id PEKANBARU - Wali kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T, M.T, memerintahkan kepada seluruh camat, lurah,...

APBD Bisa Digunakan, Sekda Kota Pekanbaru Muhamad Jamil Minta OPD Percepat Pelelangan Kegiatan

Kabarmetro.id, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru H. Muhammad Jamil, M.Ag M.Si, meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mempercepat pelelangan kegiatan yang...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Sah Bersalah! Polri Copot Randy

Kabarmetro.id, SURABAYA - Randy Bagus Hari Sasongko, yang merupakan tersangka aborsi terhadap Novia Widya Sari, Kamis (27/1/22) menjalani sidang KKEP (Komisi Kode Etik...

Resmi! Anthony Martial Main di Sevilla

Kabarmetro.id - Klub Liga Spanyol, Sevilla akhirnya mengumumkan mereka resmi memboyong Anthony Martial dari Manchester United. Kabar ini dibagikan Sevilla lewat laman resmi dan...

Pangdam Jaya Pimpin Apel Gelar Pasukan Satuan

Kabarmetro.id, JAKARTA - Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto memimpin Apel Gelar Pasukan Satuan Jajaran Kodam Jaya yang dilaksanakan di lapangan Jayakarta-Kodam Jaya, Kamis...

Denada Merasa Lebih Sehat, Karena Zumba?

Kabarmetro.id - Penyanyi Denada sudah cukup lama belajar Zumba. Dia sampai sekarang masih aktif menekuninya karena merasakan sejumlah manfaat baik untuk kesehatan fisik ataupun...

Recent Comments