BerandaNusantaraLama Absen, Kota Probolinggo Kembali Raih Piala Adipura 2024

Lama Absen, Kota Probolinggo Kembali Raih Piala Adipura 2024

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Setelah sekian lama absen, akhirnya Kota Probolinggo kembali meraih Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Menteri LHK Alue Dohong kepada Sekretaris Daerah Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK Jakarta, Selasa (5/3/24) pagi.

Diketahui, terakhir kali Kota Probolinggo menerima Piala Adipura yakni pada tahun 2018, sedangkan di tahun 2022 hanya menerima Sertifikat Adipura. Kali ini, Kota Probolinggo memperoleh Piala Adipura Kategori Kota Sedang Tahun 2023.

Setibanya di Kota Probolinggo, Selasa (5/3/24) malam, Piala Adipura diserahkan langsung oleh Sekda Ninik kepada Pj (Penjabat) Walikota Probolinggo Nurkholis dalam prosesi Apel Penyambutan yang digelar di halaman Kantor Walikota Probolinggo.

Dalam sambutannya, Nurkholis mengatakan bahwa Piala Adipura ini adalah hasil kerja keras pemerintah kota sebelumnya di bawah kepemimpinan Walikota Habib Hadi Zainal Abidin. Melalui upayanya, akhirnya Kota Probolinggo berhasil membawa kembali Piala Adipura.

Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat, khususnya kepada pendahulu kami,Karena piala ini adalah perjuangan dari beliau, kami hanya menyempurnakan saja,” ucap Nurkholis.

Nurkholis juga menjelaskan, agenda kirab Adipura ini merupakan sarana untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemkot telah bekerja dalam menciptakan lingkungan kota yang bersih dan terbebas dari sampah.

Malam ini, Piala Adipura kita kirab bukan untuk pamer, akan tetapi menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemerintah kota dan seluruh unsur sudah bekerja. Dengan demikian, diharapkan bisa menambah semangat dan motivasi masyarakat agar hidup bersih dan lebih menjaga lingkungan terutama sampah,” imbuhnya.

Nurkholis menyebut, berbagai program pengelolaan sampah yang dijalankan pemkot menjadi poin penting dalam penilaian Adipura.

“Salah satu indikator penilaiannya adalah program pengelolaan sampah, seperti TPA, bank sampah induk, taman kota, pengelolaan sampah dan fasilitas pengelolaan sampah yang dikelola oleh Swadaya Masyarakat,” urainya.

Selanjutnya, Pj. Wali Kota Probolinggo Nurkholis didampingi Sekda Kota bersama Forkopimda melepas kirab Piala Adipura untuk diarak keliling kota.

Untuk diketahui, di Jawa Timur, hanya 15 daerah yang mendapatkan Piala Adipura, salah satunya Kota Probolinggo. Turut hadir dalam giat tadi malam antara lain anggota forkopimda, para asisten dan staf ahli, serta segenap kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. (Choy)