BerandaEkbisKurikulum P 5, Kenalkan Hewan dan Tumbuhan Sejak Dini

Kurikulum P 5, Kenalkan Hewan dan Tumbuhan Sejak Dini

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada siswa Kelas I dan IV SD Negeri Kebonsari Kulon I Kota Probolinggo dengan mengambil tema “Kewirausahaan”. Melalui kegiatan ini siswa diharapkan memiliki motivasi berwirausaha sejak dini.

Melalui kegiatan P5, siswa diharapkan tidak hanya menguasai pengalaman/keterampilan baru tetapi juga bisa mengasah kompetensi P5 seperti Kreatif, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis, Berakhlak Mulia, serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Kepala SD Negeri Kebonsari Kulon I,Fitri mengatakan,P5 merupakan elemen dari kurikulum merdeka yang tujuannya mengeksplor potensi siswa yang beragam di daerah mereka tinggal, yang sejalan dengan profil pancasila.

Penerapan kurikulum merdeka belajar yang dilakukan dengan berbagai strategi dan metode dalam pembelajaran, salah satunya belajar menanam juga pengenalan satwa di TWSL ini,” ujarnya. Kamis (16/11/23).

Dalam kegiatan ini, para siswa-siswi diajak mengenal beberapa jenis hewan, seperti unggas, burung, ikan, reptil dan juga hewan piaraan lainnya. Selain itu, juga tumbuh tumbuhan, khususnya yang sering dijumpai seperti bunga, pohon buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan lainnya.

“ Sementara itu,tujuan kegiatan ini adalah agar anak- anak lebih paham tentang materi pelajaran tentang mahluk hidup. Jika mereka melihat, mengamati dan berinteraksi langsung, harapannya tumbuh rasa sayang dan kepedulian terhadap sesama mahluk hidup, khususnya hewan dan tumbuh-tumbuhan. .
Bagi anak-anak, menyaksikan hewan adalah suatu kesenangan tersendiri, rasa penasaran mereka senantiasa akan menciptakan rasa ingin tahu, tentunya dengan berinteraksi langsung dengan hewan maupun tumbuhan akan semakin paham tema pembelajaran tentang mahluk hidup. Selain lebih paham materi juga menumbuhkan kepedulian dan rasa sayang,” imbuhnya.

Salah satu siswa Kelas IV, Viky mengaku sangat senang, karena bisa melihat sejumlah hewan, seperti burung,kucing dan ikan,” ungkapnya senang. (Choy)