Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Kisruh muatan Kayu Gaharu antara dua Pengusaha Asal Bugis tersebut kayaknya berlanjut pasalnya muatan Gaharu yang menjadi Obyek sengketa yang telah didaftarkan pada PN Kota Probolinggo akhirnya dibongkar.

Keduanya saling klaim terkait bongkar muat kayu gaharu di KM Sri Mutiara Alam, antara pemilik UD Papua Putra Perkasa, Asrul dan pemilik PT. Sri Mutiara Alam 3,H Syamsu Alam, hingga membuat ribuan karung isi kayu gaharu terkatung-katung di Dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga. Minggu (26/12).

Masalahnya sebanyak 3.225 karung dengan nilai Rp 30 miliar masih di atas kapal KM Sri Mutiara Alam 3 dan belum dilakukan pembongkaran.
Keduanya pun menggunakan jasa penasehat hukum untuk menyelesaikan persoalan ini, yang sudah didaftarkan gugatan perdata ke PN Kota Probolinggo.

Diketahui kedua Pengusaha asal Bugis tersebut H.Alam dan Asrul, telah melakukan Kongsi bisnis Gaharu.Dalam bisnis tersebut kedua belah pihak sudah membuat komitmen kerja yang meliputi 1.Kapal 2.Modal 3.Gudang. keduanya akhirnya harus pecah kongsi karena ada kesepakatan yang dicederai.

Menurut H.Alam yang juga Ketua Gaharu Foundation dan Penasehat Asosiasi Gaharu Indonesia mengatakan,bahwa selama ini kerja sama dalam pengiriman Gaharu dari Papua ke Probolinggo.

“Selain kapal yang disepakati adalah gudang miliknya. namun dirinya merasa heran,tanpa ada konfirmasi rekan bisnisnya langsung banting setir menggunakan gudang diluar kesepakatan.

“Jelas ini mencederai kesepakatan,.apalagi kami sama sama Orang Bugis yang selalu menjunjung tinggi sebuah Filosofi dimana Bumi dipijak disitu Langit dijunjung dan ini sangat disayangkan,” ujar H.Alam.

Sementara itu, melalui Pengacaranya SW.Djando SH, coba melakukan mediasi yang melibatkan KSOP dan BKSDA menemui jalan buntu. Menurut Djando, sengketa ini sudah kita daftarkan gugatan perdata,guna mendapatkan kepastian hukum antar kedua belah pihak.

Diharapkan semua pihak untuk bersabar. Namun kenyataannya berbeda, Sabtu (25/12) lalu, diketahui, ribuan karung Gaharu tersebut diketahui sudah dibongkar yang disaksikan oleh Pihak KSOP dan BKSDA.

SW Djando menyampaikan, sangat menyayangkan kegiatan hari ini, karena barang tersebut masuk dalam obyek gugatan Kami, ”Obyek tersebut seharusnya diamankan pada gudang yang netral. karena ini akan berdampak Hukum. atas kejadian ini selain gugatan perdata, dirinya juga segera melaporkan tindakan pidana,” jelasnya.

Tono petugas BKSDA saat dikonfirmasi mengatakan , kegiatan bongkar muatan Gaharu hari ini tetap dilakukan dan sudah sesuai prosedur, ujarnya singkat.

Sementara itu, Humas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Probolinggo, Herman Eko mengatakan, sebelumnya pihaknya telah memediasi UD Papua Putra Perkasa dan PT. Sri Mutiara Alam 3 untuk menuntaskan masalah bongkar muat kayu gaharu. Mediasi dilakukan, rabu 22 Desember 2021.

“Kesepakatannya, Kamis 23 Desember 2021 dilakukan bongkar muat pada pukul 09.00 WIB. Barang disimpan di gudang atau lokasi yang netral,” tegas Herman.

Namun, pada hari itu juga tidak ada kegiatan bongkar muat di kapal KM Sri Mutiara Alam 3. Tampaknya, ke dua belah pihak belum benar-benar sepakat. Entah masalah apa yang mendasari hal itu.

“ Kami meminta segera untuk dilakukan bongkar muat. Bila tak kunjung bongkar muat, posisi kapal diminta berada di tengah (tak bersandar di bibir dermaga). Sebab, dapat mengganggu kegiatan kapal lain,” pintanya.

Sementara itu, H.Salim saat di lokasi bongkar muat menyampaikan, dirinya mendapat amanah untuk segera melakukan kegiatan bongkar ribuan karung Gaharu tersebut, karena akan mengganggu kegiatan pelabuhan apabila tidak segera dibongkar.”Untuk lain lain kami tidak tahu,” ujarnya. (Choy)

RELATED ARTICLES

Antisipasi Banjir! Dinas PUPR Bersihkan Saluran Air

  Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Probolinggo, Jawa Timur melakukan pembersihan sejumlah saluran air di wilayah setempat guna...

Saluran Air di Pasar Kronong Dangkal Akibatkan Air Meluber Saat Hujan, Ini Penyebab Banjir!

  Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Banjir menerjang pemukiman penduduk di sejumlah wilayah di Kota Probolinggo Jawa Timur. Daerah yang dilanda banjir yaitu Kampung Pasar Kronong Kelurahan...

Buka Penerimaan Calon Prajurit TNI AD Khusus Santri dan Lintas Agama TA 2022, Utamakan Hafids Al-Quran

  Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Kodim 0820/Probolinggo Kampanyekan Sosialisasi Penerimaan Calon Prajurit TNI AD Khusus Santri dan lintas agama TA. 2022 Sosialisasi penerimaan calon prajurit TNI AD...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BKN Sosialisasikan Aturan Kepegawaian dan Penyederhanaan Birokrasi bagi Kepala Perangkat Daerah

  Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Penyederhanaan birokrasi melalui pengalihan jabatan struktural ke fungsional, terus dilakukan dari Pusat hingga Daerah. Nantinya, hasil penyederhanaan ini adalah organisasi...

Antisipasi Banjir! Dinas PUPR Bersihkan Saluran Air

  Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Probolinggo, Jawa Timur melakukan pembersihan sejumlah saluran air di wilayah setempat guna...

Diawal Tahun Cak Thoriq Kembali Melakulan Penyegaran Pejabat Pemkab Lumajang, Kali Ini 267 Dilantik dan Disumpah

  Kabarmetro.id, LUMAJANG - Bertempat di Pendopo Arya Wiraraja, 267 pejabat di lingkungan Pemkab Lumajang, Rabu (19/1/22)  siang, dilantik. Mereka yang dilantik terdiri dari pejabat...

Bupati Suhatri Bur Dukung Program Peningkatan Mutu Guru dan SDM Aparatur

  Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mempunyai Program Unggulan di bidang Pendidikan, yaitu Program Peningkatan Mutu Guru dan Kualitas Sumber...

Recent Comments