BerandaPendidikanKB-TK Kemala Bhayangkari 16 Gelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah,...

KB-TK Kemala Bhayangkari 16 Gelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Ini Tujuannya

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – KB-TK Kemala Bhayangkari 16 Polres Probolinggo Kota Jalan Dr. Saleh No 34 Kecamatan Kanigaran mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari.

“Kegiatan MPLS ini bertujuan untuk mengenalkan pada anak, seluruh warga sekolah dan lingkungan sekolah. Sehingga, anak anak memahami batasan batasan baik itu ruangan ataupun aturan aturan yang ditetapkan di sekolah,” kata Kepala Sekolah KB – TK Kemala Bhayangkari 16,Eni Sudarwati. Selasa (18/7/23).

Eni mengemukakan, kegiatan MPLS ini sangat berguna bagi peserta didik baru. Hal itu anak anak mulai mengenal lingkungan orang-orang baru di luar lingkungan rumah dan keluarganya.

“Membangun trust pada anak adalah hal yang sangat penting, supaya anak percaya bahwa lingkungan sekolah merupakan tempat yang aman dan nyaman untuk mereka bermain dan belajar.

“ Dengan demikian butuh kesabaran dan seluruh guru guru untuk dapat memberikan rasa nyaman serta penuh kasih sayang saat menyambut dan menemani anak anak selama bermain dan berkegiatan di sekolah, ini” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan MPLS ini diikuti oleh seluruh peserta didik, terdiri dari: Kelompok Bermain ada 9 peserta didik, Sementara untuk TK ada 111 peserta didik. Jumlah total adalah 120 peserta didik.

Eni Sudarwati menyebutkan, kegiatan tersebut dikemas dalam beberapa bentuk kegiatan bermain yang menyenangkan.

Hari pertama anak-anak dikenalkan dengan semua warga sekolah, mulai dari kepala sekolah, seluruh dewan guru, staf administrasi dan tenaga lapangan. Perkenalan dikemas dalam bentuk lagu dan nyanyian, sehingga anak anak merasa happy dan bertepuk tangan.
Hari kedua diisi dengan pengenalan alat main di dalam dan di luar ruangan beserta aturan mainnya.

“Kegiatan dibagi 4 kelompok guru untuk membawa anak-anak berkeliling dan memperkenalkan lingkungan dihalaman Polres Probolinggo Kota secara bergantian,
Pada hari ketiga nantinya anak-anak diajak untuk tour keliling sekolah, mengenal ruangan kelas dan ruangan sentra supaya pada saat kegiatan efektif belajar anak anak sudah tidak kaget, jika harus berpindah ruang belajar,” urainya. (Choy)