Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kabarmetro.id, JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan Surat Telegram (TR) tanggal 10 Desember 2021. TR tersebut berisi 18 arahan Kapolri kepada jajarannya terkait peraturan kegiatan selama natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru) dikutip dari detikcom (23/12).

“Kapolri telah mengeluarkan surat telegram tanggal 10 Desember 2021 tentang direktif Kapolri terkait dengan peraturan kegiatan Nataru, yang mana mendasari instruksi Mendagri Nomor 66 tahun 2021 tanggal 9 Desember 2021, tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada saat natal 2021 dan tahun baru 2022,” ujar Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (22/12).

Lebih lanjut, Ramadhan mengatakan surat telegram itu ditujukan Kapolri kepada seluruh Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) di tingkat Polda dan Polres.

“Arahan Bapak Kapolri di dalam surat telegram tersebut ditunjukkan kepada seluruh kasatwil baik Polda maupun Polres dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada masa Nataru,” kata Ramadhan

Berikut 18 arahan Kapolri dalam Surat Telegram tanggal 10 Desember 2021 kepada jajarannya terkait kegiatan Nataru:

  1. Dalam kegiatan ibadah natal maupun perayaan tahun baru agar tetap mempedomani instruksi Mendagri Nomor 66 tahun 2021 yang mengatur level PPKM yang diberlakukannya di wilayah masing-masing.
  2. Memperbanyak penggunaan aplikasi PeduliLindungi di tempat publik.
  3. Berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 untuk melakukan tes antigen secara acak di tempat publik.
  4. Memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.
  5. Memperkuat PPKM di tingkat RT dan RW pada wilayah tujuan mudik dan tujuan balik.
  6. Menyiapkan tempat isolasi terpusat di wilayah tujuan mudik dan tujuan balik.
  7. Sosialisasi sinergis dengan seluruh stakeholder agar masyarakat taat prokes.
  8. Sosialisasi dan himbauan masyarakat untuk tidak mudik Nataru kecuali mendesak.
  9. Tidak ada penyekatan pada arus-arus jalan arus mudik atau arus balik, mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan dengan memasang barcode PeduliLindungi.
  1. Aturan pelaku perjalanan pengguna mode transportasi mengikuti aturan yang telah ditetapkan Kementerian Perhubungan dan Satgas COVID-19 terbaru.
  2. Pengaturan arus pelaku perjalanan masuk dari luar negeri sesuai aturan Kementerian Perhubungan.
  3. Menempatkan pos gerai vaksin di lokasi fasilitas publik.
  4. Melakukan percepatan pencapaian target vaksinasi di wilayah masing-masing.
  5. Koordinasi secara intens dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (forkompinda) dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersinergi melakukan upaya pencegahan terjadinya penularan COVID-19.
  6. Membatasi kegiatan masyarakat pada tanggal 24 Desember 2021 – 2 Januari 2022 termasuk giat seni budaya dan olahraga yang berpotensi menimbulkan penularan COVID-19.
  7. Melarang pawai dan arak-arakan tahun baru baik terbuka maupun tertutup yang berpotensi menimbulkan kerumunan.
  8. Pemberlakuan ganjil-genap di tempat-tempat wisata dan membatasi jumlah pengunjung maksimal 75 persen dari kapasitas total.
  9. Seluruh Kasatwil segera menyiapkan pelaksanaan KRYD atau kegiatan rutin yang ditingkatkan tanggal 17 – 23 Desember dan tanggal 3 – 9 Januari 2022 dengan fokus pada giat-giat tersebut, (Red/KM)
RELATED ARTICLES

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Nyatakan, Mulai Besok Berlaku Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga Rp14.000/Liter

  Kabarmetro.id, JAKARTA - Pemerintah akan menerapkan kebijakan minyak goreng satu harga, mulai Rabu (19/1/22) pukul 00.00 WIB. Dengan kebijakan itu, minyak goreng yang ada...

Kemenag Siapkan 3 Skenario Tentukan Kepastian Haji 2022

Kabarmetro.id, JAKARTA - Pemerintah Indonesia belum mendapat kepastian mengenai penyelenggaran haji tahun 2022. Namun demikian Kementerian Agama (Kemenag) tetap melakukan persiapan haji.

Presiden Jokowi: Pandemi Tidak Boleh Menghentikan Transformasi Besar Ekonomi

Kabarmetro.id, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia tidak boleh menghentikan transformasi besar ekonomi yang...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BKN Sosialisasikan Aturan Kepegawaian dan Penyederhanaan Birokrasi bagi Kepala Perangkat Daerah

  Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Penyederhanaan birokrasi melalui pengalihan jabatan struktural ke fungsional, terus dilakukan dari Pusat hingga Daerah. Nantinya, hasil penyederhanaan ini adalah organisasi...

Antisipasi Banjir! Dinas PUPR Bersihkan Saluran Air

  Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Probolinggo, Jawa Timur melakukan pembersihan sejumlah saluran air di wilayah setempat guna...

Diawal Tahun Cak Thoriq Kembali Melakulan Penyegaran Pejabat Pemkab Lumajang, Kali Ini 267 Dilantik dan Disumpah

  Kabarmetro.id, LUMAJANG - Bertempat di Pendopo Arya Wiraraja, 267 pejabat di lingkungan Pemkab Lumajang, Rabu (19/1/22)  siang, dilantik. Mereka yang dilantik terdiri dari pejabat...

Bupati Suhatri Bur Dukung Program Peningkatan Mutu Guru dan SDM Aparatur

  Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mempunyai Program Unggulan di bidang Pendidikan, yaitu Program Peningkatan Mutu Guru dan Kualitas Sumber...

Recent Comments