BerandaNewsKapoksahli Pangdam XII/TPR Mewakili Pangdam XII/TPR Buka Latihan Posko...

Kapoksahli Pangdam XII/TPR Mewakili Pangdam XII/TPR Buka Latihan Posko 1 Korem 121/ABW Tahun 2023

Kabarmetro.id, SINTANG – Wilayah Provinsi Kalimantan Barat merupakan wilayah yang rawan terjadinya bencana alam seperti Banjir, Kebakaran Hutan dan Lahan. Oleh karena itu, Korem 121/Abw yang merupakan bagian dari gelar kekuatan TNI AD berperan aktif untuk menghadapi ancaman ataupun permasalahan tersebut di wilayah teritorialnya.

Demikian diungkapkan Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kapoksahli Pangdam XII/Tpr Brigjen TNI Iskandar, S. Sos., saat membuka Latihan Geladi Posko I Korem 121/Abw TA. 2023 yang mengusung tema “ Kapuas Murung -23”, bertempat di Aula Makorem 121/Abw, Jl. Pangeran Kuning, Sintang, Kalimantan Barat, Senin (23/10/u23).

Kegiatan Latihan Posko 1 Korem 121/Abw ini akan dilaksanakan selama 3 hari dari mulai hari Senin 23 Oktober sampai dengan hari Rabu tanggal 25 Oktober 2023, dengan melibatkan seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama Korem 121/Abw, BPBD, Basarnas Pemda Sintang serta Instansi terkait lainnya.

Disampaikan Brigjen TNI Iskandar, bahwa Latihan Geladi Posko I merupakan latihan yang dilaksanakan guna menghadapi bencana alam, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan beserta Staf Korem 121/Abw dalam melaksanakan teknik olah yudha sampai dengan pengambilan keputusan.

“Guna mencapai tujuan tersebut maka Latihan Geladi Posko I akan dikembangkan dengan berbagai macam materi yang menghubungkan koordinasi antara Komandan dan Staf. Laksanakan koordinasi yang baik antar pelaku dan penyelenggara agar pelaksanaan latihan berjalan dengan baik dan menciptakan suasana latihan yang mendekati realita sebenarnya,” ujarnya.

Terkait dengan tugas pokok, Kapoksahli Pangdam XII/Tpr menegaskan bahwa tidak semua Korem mendapat giliran untuk melaksanakan Latihan Geladi Posko I tersebut. “Maka pelajari dan pahami tugas masing-masing, laksanakan dengan serius supaya ilmu yang didapatkan saat ini bisa diterapkan pada Latihan Geladi Lapang mendatang,” tegasnya.

Brigjen TNI Luqman Arief, S.I.P., selaku Danrem 121/Abw dan pelaku Lat Posko 1 Korem 121/Abw, pada kesempatan ini mengatakan, melalui Lat Posko 1 Korem 121/Abw Tahun 2023 ini, diharapkan selain seluruh peserta latihan memperoleh gambaran tentang cara berkoordinasi yang tepat dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kalimantan Barat, juga dapat lebih mempererat tali silaturrahmi Korem 121/Abw dengan Forkopimda beserta seluruh masyarakat yang ada di wilayah Kalimantan Barat. (Januar/Penrem)