BerandaSportInjury Time, Penalti Gundogan Menangkan Barcelona

Injury Time, Penalti Gundogan Menangkan Barcelona

Kabarmetro.id – Barcelona lolos dari kekalahan dan bahkan meraih kemenangan 2-1 atas Las Palmas di Stadion de Gran Canaria, Jumat (5/1/23) dini hari WIB. Gelandang Ilkay Gundogan mencetak gol penentu kemenangan dari titik penalti di injury time.

Barca frustrasi menghadapi Las Palmas yang memberi perlawanan ketat. Bahkan Barca sempat kecolongan gol lebih dulu di laga tandang. Namun mereka mampu bangkit untuk mengejar ketinggalan gol.

Di laga itu, Gundogan tak sekadar menyelamatkan Barca dari kekalahan. Dirinya membawa Barca meraih tiga poin sekaligus menggeser Atletico Madrid.

Kemenangan itu menjadikan Los Cules naik satu strip menduduki peringkat tiga dengan poin 41. Hanya, Barca masih tertinggal tujuh poin dengan Real Madrid dan Girona yang menempati posisi puncak dan peringkat dua klasemen sementara.

Sedangkan Atletico yang memiliki poin 38 turun ke peringkat empat. Las Palmas yang akhirnya gagal meraih poin menduduki peringkat 10 dengan mengantungi 25 poin.

Di pertandingan itu, pelatih Barca Xavi Hernandez menurunkan skuat terbaik. Pemain anyar Vitor Roque pun melakukan debut. Hanya, dirinya baru diturunkan di babak kedua menggantikan Ferran Tores.

Tampil di kandang lawan, Blaugrana sempat keteteran pada menit-menit awal pertandingan. Las Palmas mampu menunjukkan dominasinya.

Terbukti, serangan Las Palmas langsung memberi hasil setelah mantan pemain Barca Munir El Haddadi sukses mencetak gol di menit 12.

Dirinya menjebol gawang eks klubnya setelah menyambut umpan pendek Sandro Ramirez yang juga produk pembinaan usia muda Barca.

Selanjutnya, Sandro berpeluang memperbesar keunggulan Las Palmas. Namun kiper Inaki Pena berhasil menepis sepakan Sandro.

Barca yang bermain buruk di babak pertama ini gagal mencetak gol dan skor 1-0 untuk tuan rumah saat turun minum.

Di babak kedua, Barca mencoba bangkit. Permainan mereka mulai membaik. Di menit 55, Barca akhirnya menyamakan skor setelah Torres membobol gawang lawan.

Gol berawal dari sepakan striker Robert Lewandowski yang berhasil diblok yang menjadikan bola rebound.

Selanjutnya, bola dikuasai Sergi Roberto yang menyodorkannya kepada Torres. Lewat tendangan keras, dia pun menaklukkan kiper Alvaro Valles. Skor berubah menjadi 1-1.

Las Palmas sesungguhnya sempat bangkit dan memburu gol kedua demi meraih kemenangan. Namun usaha mereka tak membuahkan hasil.

Sebaliknya, gawang tuan rumah kembali kebobolan lewat penalti Gundogan di injury time.

Penalti diberikan setelah bek Daley Sinkgraven melakukan pelanggaran terhadap Gundogan yang hendak menyundul bola.

Sinkgraven melakukan protes keras terhadap keputusan wasit. Buntutnya, dia malah dikartu merah.

Gundogan pun menuntaskan eksekusi yang menjadikan Barca unggul 2-1. Skor itu tak berubah dan Barca sukses meraih tiga poin di kandang lawan. (Roi)