Home Nusantara Hari Ini Program HAMP Desa Babakan Padang Dilakukan Uji Fungsi Oleh DPKP Lumajang

Hari Ini Program HAMP Desa Babakan Padang Dilakukan Uji Fungsi Oleh DPKP Lumajang

0
Hari Ini Program HAMP Desa Babakan Padang Dilakukan Uji Fungsi Oleh DPKP Lumajang

Kabarmetro.id, LUMAJANG – Setidaknya ada 120 SR terpasang melalui program Hibah Air Minum Pedesaan di Desa Babakan, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Program yang pelaksaan dimulai bulan mei dan berakhir bulan september tahun 2022.

Hadir dalam kegiatan, Tim penguji dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Forkopimka Padang, kepala Desa Babakan peserta staf, KP SPAM bersama pengurus Desa Babakan, BPD beserta anggota, Rabu (21/9/22).

Pelaksanan uji fungsi dilakukan oleh tim penguji dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kabupaten Lumjang di pedopo kantor Desa Babakan.

Adapun program Hibah Air Minum Pedesaan untuk Desa Babakan menggunakan alokasi dana APBN sebesar 230 juta.

Untuk Kabupaten Lumajang sendiri ada 12 Desa yang tercafer program HAMP tahun 2022.

Kepala Desa Babakan Moch. Rifal Andrianto, SE. mengucapkan syukur alhamdulillah program HAMP sudah dilakukan uji fungsi dengan lancar dan sukses. Sehingga kebutuhan akan air bersih terpenuhi.

“Kedepan tidak ada lagi warga desa yang mandi di sungai.
Nantinya pengolahan air bersih akan dikelola melalui Badan Usaha Desa (Bumdes). Secara langsung akan menambah imcome Penghasilan Asli Desa,” ujarnya.

Tempat yang sama tim penguji dari DPKP Lumajang sekaligus sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tri Rahmawati, ST.

secara keseluruhan progam hibah air minum pedesaan disini masuk dalam katagori aman dan baik karena proges sudah 95 porsen.
Cuma ada beberapa yang perlu diperbaiki masih ada kran yang gak hidup. “Saya berharap progam HAMP ini bermanfaat bagi warga Desa Babakan,”imbuhnya.

Terpisah ketua Kelompok Program Sarana dan Prasarana Air Minum dan Sanitasi (KP, Spam) Desa Babakan Sandi, mengucapkan trimakasih yang sebesar besarnya kepada tim penguji yang selalu memberikan bimbingan dan selalu memantau program ini. Juga kepada seluruh pengurus KP SPAM Desa Babakan. (Agus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here