BerandaNusantaraASN Berbagi, 4670 Warga Kota Probolinggo Terima Bantuan Baznas,...

ASN Berbagi, 4670 Warga Kota Probolinggo Terima Bantuan Baznas, Barakalah

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Sekitar 4.670 warga disemua kecamatan se-Kota Probolinggo, mendapatkan bantuan dari program Probolinggo Peduli Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Setiap orang yang terdiri dari anak yatim, abang becak dan dhuafa itu mendapat Rp 200 ribu. Untuk pembagiannya pun melibatkan seluruh ASN di lingkungan Pemkot Probolinggo. Selasa (18/4/23).

Hal itu seperti yang terpantau di salah satu lokasi penyaluran, yang dihadiri Sekda drg Ninik Ira Wibawati di Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan, sekitar pukul 8 pagi tadi. “Saya saat ini sedang berada di Kelurahan Ketapang, bersama para asisten, staf ahli dan ASN Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Probolinggo, membagikan membagikan bantuan uang tunai,” terangnya.

Ia menambahkan, bantuan itu diberikan pada 78 orang se Kelurahan Ketapang. Terdiri dari 30 kaum dhuafa, 27 orang tukang becak dan 21 anak yatim. Perempuan yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan itu juga mengungkapkan jika bantuan yang diberikan itu merupakan dana yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot, yang dikelola dan disalurkan melalui Baznas Kota Probolinggo.

“Kami dari ASN menyisihkan sebagian rejeki melalui Baznas untuk dibagikan. Saya juga mengucapkan terima kasih pada para muzakki, yang telah menyisihkan rejekinya melalui Baznas. Mudah-mudahan memberikan manfaat dan membawa keberkahan untuk semuanya,” ungkap drg Ninik.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Probolinggo Hakimuddin membenarkan bahwa bantuan tersebut berasal dari dana zakat yang disetor ASN pada Baznas yang kemudian disalurkan pula oleh ASN pada mustahik.

Penyalurannya sendiri yang bertepatan dengan hari terakhir ASN ngantor, lanjutnya, menjadi keistimewaan tersendiri di momen 27 Ramadan 1444 H kali ini. “Memang target kita akhir masuk ASN supaya dimanfaatkan untuk keperluan hari raya,” terangnya.

“Intinya kami ingin sampaikan bahwa kami sebagai Baznas hanya penyambung tangan dari Aghniya’ (yang kaya) pada mustahik (8 golongan yang membutuhkan). Ini adalah bagian dari wujud amanah yang diberikan oleh Muzakki pada kami. Yakni mendata secara profesional dan mendistribusikannya sesuai kebutuhan,” terangnya.

Ia atas nama Baznas Kota Probolinggo pun lantas mengucapkan terima kasih, atas totalitas dalam pendistribusian kali ini. Harapannya semoga kerja sama ini terus terjalin hingga kekompakan yang dilakukan bisa menuai manfaat pada masyarakat Kota Probolinggo.

Salah satu penerima manfaat, Eko Wicaksono mengaku senang mendapat bantuan ini. Ia yang datang bersama cucunya yang berusia 5 tahun itu mengatakan akan menggunakan uang itu untuk keperluan sekolahnya dan beberapa kebutuhan lebaran.

Sebagai informasi, bantuan Probolinggo Peduli yang dimotori Baznas Kota Probolinggo diberikan pada sebanyak 4.670 jiwa. Rinciannya, untuk Kecamatan Mayangan 1.408 jiwa, Kecamatan Kanigaran 876 jiwa, Kecamatan Kedopok 848 jiwa. Lalu, sebanyak 828 jiwa untuk warga Kecamatan Kademangan dan sebanyak 710 jiwa untuk Kecamatan Wonoasih. (Choy)