Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN – Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis sedang mengupayakan warga yang terdampak abrasi sungai di Korong Talao Mundam, Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

“Saya sedang mengupayakan warga ini mendapatkan bantuan dari Kemensos melalui program Rumah Tidak Layak Huni,” kata John Kenedy Azis saat meninjau lokasi abrasi di Batang Anai, Sabtu (16/10).

Ia mengatakan dirinya baru mengetahui adanya kondisi warga tersebut dari tokoh adat dan masyarakat yang ada di daerah setempat sehingga dirinya langsung meninjau lokasi, ujar ajo Jhon.

Pada saat itu anggota DPR RI dari Fraksi Golkar tersebut merasa miris melihat kondisi yang dialami warga semenjak 2017 dan diperparah bencana lainnya pada Rabu (29/9).

“Saya sangat perhatin apa yang dialami oleh warga, beruntung tokoh adat dan masyarakat di Katapiang menginformasikan kepada saya,” jelas Jhon Kenedy.

Ia pun mendesak pemerintah daerah dan pihak terkait untuk mengatasi abrasi sungai di daerah tersebut karena telah mengancam puluhan kepala keluarga di kawasan sungai itu.

Sementara itu ditempat yang sama Wali Korong Talao Mundam, Nagari Katapiang, Harjoni mengatakan setidaknya 21 kepala keluarga di daerah itu mengungsi ke rumah keluarga dan tetangga karena rumahnya memang tidak layak lagi dihuni.

Ia mengatakan puluhan keluarga itu mengungsi secara bertahap mulai dari abrasi sungai Batang Anai pada 2017 dan terakhir abrasi pada Rabu (29/9). 

Pada abrasi 2017, lanjutnya masih ada warga yang bertahan di rumahnya meski sebagian rumah dan tanahnya tergerus air sungai.

“Namun sekarang mereka terpaksa harus mengungsi,” katanya. 

Ia menyampaikan saat ini rumah yang terdampak dan masih tersisa dibongkar oleh pemilik rumah agar nanti tidak terbawa oleh arus air sungai. 

Tokoh adat setempat B. Rajo Sampono mengatakan pihaknya mengharapkan pemerintah dapat membantu warga di daerah itu.

“Kami telah menyiapkan lahan untuk pembangunan rumah warga ini,” ujarnya. 

Ia meminta kepada Menteri Sosial RI untuk memprioritaskan warganya menerima program rumah tidak layak huni akibat bencana sehinggan nantinya dapat nyaman tinggal di rumahnya. 

Sedangkan untuk pengerjaan pembangunan rumah, lanjutnya pihaknya akan menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak sehingga pengerjaan dapat selesai dengan swadaya masyarakat.(Rd)

RELATED ARTICLES

Jelang Pilkades Serentak, Ajak Warga Jaga kondusifitas

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Jelang Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) yang akan digelar secara serentak pada tanggal 17 Februari 2022, di 250 desa se Kabupaten...

Temui Korban Banjir Bandang, Faisol Riza Telepon Dirut PLN untuk Sambung Kabel Listrik

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza turun langsung kelokasi banjir bandang di Desa Gunggungan Kidul Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo. Dia...

Garnita Partai NasDem Laksanakan Takziah dan Berikan Sembako, Ini Harapannya!

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Sebagai bagian dari program NasDem Peduli, Garda Wanita (Garnita) Partai NasDem Kota Probolinggo melaksanakan takziah sekaligus memberikan bantuan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Jelang Pilkades Serentak, Ajak Warga Jaga kondusifitas

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Jelang Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) yang akan digelar secara serentak pada tanggal 17 Februari 2022, di 250 desa se Kabupaten...

Bupati Lampung Barat Tinjau Lokasi Bencana, Jalan Terputus Akibat Longsor Tergerus Air!

Kabarmetro.id, LAMPUNG BARAT - Bupati Lampung Barat (Lambar) H. Parosil Mabsus meninjau langsung lokasi, jalan kabupaten yang putus akibat tergerus air di Pekon Mutaralam,...

Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Purmanto Kunjungi Kodim 0308 Pariaman

Kabarmetro.id, KOTA PARIAMAN - Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin menerima kunjungan Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Purmanto...

Siswa Lelaki dan Perempuan Belajar di Waktu Berbeda! Ada Apa?

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Sejumlah SDN di Kota Probolinggo mulai menerapkan dengan memisahkan ruang belajar antara siswa laki-laki dan perempuan. Kebijakan sebagai tindak lanjut...

Recent Comments