25 C
Jakarta
Sabtu, Desember 4, 2021

Sample Page Title

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, LAMPUNG UTARA – Peran dan fungsi Guru sebagai tenaga pendidik merupakan sesuatu yang sangat penting. Hal itu mengingat maju mundurnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tentu sangat ditentukan oleh peran Guru.

Karena itulah, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sebagai wadah Guru memiliki peran penting dalam mendorong kemajuan pendidikan dalam menjawab tantangan perubahan zaman. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang memaksa untuk bertransformasi menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif.

Hal itu dikatakan Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, S.E., M.M., pada Peringatan HUT PGRI ke-76, Peringatan Hari Guru Nasional 2021, dan Launching Sekolah Digital di GOR Sukung Kotabumi, Kamis (25/11).

Turut hadir juga pada acara tersebut, jajara Forkopimda Kabupaten, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Mat Soleh, M.Pd., Ketua PGRI Lampung Utara Rohmadi, S.Pd., M.M., beserta pengurus di 23 Kecamatan, dan para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

Bupati menambahkan, selama hampir dua Tahun terakhir, para Guru terus berjuang memberikan pendidikan di tengah semua tantangan pandemi. Bapak dan Ibu Guru ditantang dapat memanfaatkan teknologi, membuat pembelajaran daring yang menarik bagi siswa melalui WhatsApp, Zoom, Google Classroom,  dan aplikasi daring lainnya.

Sementara di daerah yang sulit akses internet, banyak guru yang menantang risiko dengan mengajar dari rumah ke rumah. Ini adalah wujud nyata pengabdian para tenaga pendidik yang tidak lelah mengabdikan diri untuk bangsa dan negara.

Disisi lain, Pemerintah juga telah menghadirkan beragam paket kebijakan, diantaranya memberikan opsi bagi para guru untuk menerapkan kurikulum darurat, yang lebih ramping dan lebih sederhana.  

“Pemerintah juga telah membagikan modul pembelajaran di masa khusus untuk membantu pembelajaran di daerah yang sulit akses internet, dan juga mengembangkan platform Guru Belajar dan Berbagi, sehingga para guru dapat saling belajar dari rekan sejawatnya dalam mengembangkan pembelajaran,” ujar Bupati.

Selain itu, sambung Bupati, Pemerintah juga memprioritaskan vaksinasi Covid-19 bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Dan Alhamdulillah, berkat kepatuhan dan ketangguhan dari Bapak dan Ibu Guru, kita berhasil melewati masa yang penuh tantangan.

“Saat ini kita sudah dapat melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka terbatas, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat demi keselamatan semua warga sekolah. Dan sekali lagi, peran Ibu dan Bapak guru sangatlah besar dalam menyukseskan Pembelajaran Tatap Muka terbatas ini,” ungkap Bupati.

Karena itu, pada kesempatan yang baik tersebut Bupati mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas kerja keras dan dedikasi Bapak dan Ibu Guru dalam mendidik dan mencerdaskan generasi bangsa, khususnya yang berada di Kabupaten Lampung Utara.

“Saya ucapkan Selamat HUT PGRI ke-76, Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2021, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan dan perlindungan kepada kita semua. Amin ya Robbal Alamin,” tandas Bupati.

Pada momentum HUT PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional tahun 2021 bertajuk Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan, juga dilaksanakan launching Lampung Utara Digital Smart School, dan 1.000 video pembelajaran sekolah di Kabupaten Lampung Utara.

Pada acara itu juga diberikan bantuan kepada perwakilan Sekolah Digital dan beasiswa kepada para guru dan siswa berprestasi. (Diskominfo Lampura)

- Advertisement -

Latest news

Unit III Tipidkor Polres Lampura Menangkan Gugatan Prapid dari Kuasa Hukum Kades

Kabarmetro.id, LAMPUNG UTARA - Tim Bidang Hukum Polda Lampung melalui Subbid Bankum bersama Seksi Hukum Sub Bankum Polres Lampung Utara selaku kuasa...
- Advertisement -

Koramil 412-01dan Polsek Saksikan Pemusnahan Sisa Surat Suara Pilkati Kecamatan TBT

Kabarmetro.id, LAMPUNG UTARA - Komandan Koramil (Danramil 412-01) TBT Kapten Inf Jauhari yang diwakili oleh Serma Hermanto menghadiri dan saksikan pemusnahan sisa...

Bupati Suhatri Bur Terima Bantuan RUTILAHU dari Kemensos RI, Diserahkan Oleh Anggota DPR RI H.Jhon Kenedy Azis, SH.,MH.

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Bertempat di Hall IKK (Ibu Kota Kabupaten) pada Jum'at (3/11), Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE. MM, menerima...

Aura Kasih Kasin Sinyal, Cari Jodoh?

Kabarmetro.id - Aura Kasih tak mau sendiri. Dia menantikan kehadiran jodoh menjelang pergantian tahun 2022 mendatang. Melalui Instagram, Aura mengaku ingin segera...

Related news

Bupati Padang Pariaman Launching Aksi Perubahan Sekolah Siaga Kependudukan Melalui Inovasi Asam Durian

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Bupati Padang Pariaman yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Fakhriati, S.Sos. M.M. Launching Aksi Perubahan Sekolah Siaga Kependudukan...

Dikunjungi Perangkat dan Bamus Nagari Koto Baru, Kadisdukcapil Presentasikan Peran Nagari Dalam Pelayanan Publik

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Dipimpin Pj. Wali Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat Martias, sebanyak 30 orang peserta...

Pererat Silaturahmi, TP-PKK Padang Pariaman Gelar Lomba Cerdas Cermat dan Mars PKK.

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman Drs. Rahmang, M.M. membuka Lomba Cerdas Cermat dan Lomba Mars Pemberdayaan dan Kesejahteraan...

Rombongan DPRD Langkat Provinsi Sumut Berkunjung ke Diskominfo Kota Padang

Kabarmetro.id,KOTA PADANG - Kini Dinas Kominfo Kota Padang selalu jadi tujuan kunjungan kerja dari berbagai wilayah di negeri ini. Belum lama ini...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here