Meterisasi PJU dan Penggantian Bohlam LHE Dapat Menekan Tagihan PJU

0
0

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Untuk menerangi Kota Probolinggo di malam hari dan menghemat listrik, Dinas Perhubungan Kota Probolinggo mengganti puluhan bola lampu (bolam) penerang jalan yang sebelumnya konvensional boros listrik dengan bolam hemat listrik (LED), bola otomatis di dalam kota.

“Menerangi kota dengan lampu di malam hari bagian dari pelayanan pemerintah ke masyarakat dalam rangka memberikan keselamatan dan keamanan kepada pengguna jalan, sekaligus memperindah kota malam hari, menunjang pariwisata dan menghemat pembayaran listrik ke PLN,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Probolinggo,Agus Efendi. Selasa (19/10).

Untuk menghemat listrik dan menerangi kota, tahun ini dari banyaknya bohlam yang harus diganti, sudah dilaksanakan penggantian puluhan bohlam ke bohlam LED sudah diganti,dan ini merupakan tahap awal
Penerangan dari jalan hingga masuk ke dalam kota, juga perlu dipasangi lampu, jarak antar tiang lampu yang ideal 40 meter.Penerangan lampu ini penting untuk mengantisipasi tindak kerawanan..“Tidak aman dan tidak terasanya nyaman jika dalam kota gelap” ujarnya.

Untuk penghematan, maka bohlam diganti dengan yang hemat energi dan pembayaran rekening diubah berdasarkan pemakaian, nanti akan pakai meteran. Juga sedang dijajaki menggunakan bola otomatis, saat hari gelap lampu menyala sendiri dan saat hari terang, lampu mati sendiri.

“Perhitungan kita, bila pemakaian listrik bisa dihemat dan lebih terukur, selisih lebihnya, misalnya sekian % saja,bisa masuk kas daerah dan bisa digunakan lagi untuk perluasan penerangan jalan,” kata Agus. (Choy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here