30.7 C
Jakarta
Selasa, Oktober 19, 2021

Sinergi Dengan KPK, Pemkab Pati Perkuat Pemberantasan Korupsi

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati siap bersinergi melaksanakan Monitoring Control For Prevention (MCP), guna mendukung KPK RI dalam pemberantasan korupsi.

Hal itu ditegaskan Bupati Pati Haryanto, Jumat (17/9), saat menyambut kedatangan tim monitoring dan evaluasi MCP dan tematik KPK di Ruang Pragolo Setda Kabupaten Pati.

MCP merupakan aplikasi yang digunakan sebagai tools dalam rangka melaksanakan monitoring dan evaluasi atas progres rencana aksi pemberantasan korupsi yang terintegrasi.

“Karena itu, Pati siap mendukung penerapan MCP sehingga Pati dapat terus bebas korupsi, dan masyarakatnya jadi makin maju dan sejahtera”, harapnya.

Untuk itu, ia meminta jajaran OPD agar lebih meningkatkan koordinasi dan kerjasama yang baik antar instansi.

“Dan yang paling penting, jadikanlah MCP ini sebagai sarana untuk membangun kerangka kerja guna meningkatkan kewaspadaan terhadap elemen-elemen tugas yang rentan akan korupsi”, tambahnya.

Disamping itu, menurut Bupati, dengan adanya MCP, OPD tentu akan senantiasa mendapatkan rekomendasi yang akan menjadi arahan dalam upaya pencegahan korupsi.

Sebab, imbuh Haryanto, hakikat penyelenggaraan pemerintahan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan memajukan kehidupan masyarakat.

“Oleh karena itu, apa yg kita kerjakan harus sesuai prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas sebagai bentuk pertanggungjawaban kita kepada masyarakat bangsa dan negara,” terangnya.

Haryanto juga menegaskan, bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan, pihaknya selalu mengingatkan seluruh OPD untuk mematuhi prinsip-prinsip tersebut agar terhindar dari permasalahan di kemudian hari.

Menurutnya, komunikasi yang harmonis antar OPD adalah sebuah keharusan. Dan yang paling penting, OPD tidak gegabah terkait dengan urusan hukum dan pidana.

“Serta saya minta pada OPD terkait, untuk menindaklanjuti 8 area intervensi dalam kegiatan koordinasi supervisi dan pencegahan (korsupgah), sehingga hasilnya dapat sesuai harapan”, ujar Haryanto.

Termasuk di dalamnya managemen ASN, tata kelola dana desa, PBJ, optimalisasi pendapatan daerah dan manajemen aset daerah. (Red)

- Advertisement -

Latest news

Meterisasi PJU dan Penggantian Bohlam LHE Dapat Menekan Tagihan PJU

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Untuk menerangi Kota Probolinggo di malam hari dan menghemat listrik, Dinas Perhubungan Kota Probolinggo mengganti puluhan bola lampu...
- Advertisement -

Selama Enam Hari ASN Berpakain Ala Santri, Ada Apa?

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Pemandangan berbeda terlihat di lingkungan Pemkot Probolinggo, Jawa Timur. Seluruh ASN pria berpakaian ala santri. Para pegawai berpakaian...

Peringati Maulid Nabi SAW Puluhan Anak Disunat Masal

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Sebanyak 40 anak mengikuti sunatan massal yang digelar oleh Klinik Mayang Medika Jalan Patimura Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan...

Pangkalan TNI AL Sabang Peringati Maulid Nabi Muhammad

Kabarmetro.id, SABANG - Keluarga besar Pangkalan TNI AL Sabang menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyah/2021 Masehi bertempat di Pondok rekreasi...

Related news

Perpanjangan PPKM, Wako Pekanbaru Sebut Tunggu Putusan Pusat

Kabarmetro.id, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih menanti hasil evaluasi Satgas Covid-19 Nasional terkait berakhirnya PPKM level 2 di Kota Pekanbaru,...

Perkuat Padang Pariaman Religius, Pemkab Lakukan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Didikan Subuh

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Dalam usaha mewujudkan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman Periode 2021-2024 yang biasa disingkat Padang Pariaman Berjaya, Bupati...

Bupati Harapkan Sinergitas OPD, Camat dan Walinagari Dukung Program PKK

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Dengan berjalannya program PKK, akan berdampak kepada menggeliatnya UMKM, hal tersebut juga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat serta...

Suhatri Bur: Pentingnya Kesadaran Berpolitik Agar Masyarakat Menjadi Pemilih yang Cerdas untuk Sukseskan Pemilu

Kabarmetro,id.PADANG PARIAMAN - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, S.E., M.M. didampingi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM menghadiri Rapat Koordinasi...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here