34.6 C
Jakarta
Selasa, Oktober 19, 2021

HUT ke-76 PMI Cabang Kota Probolinggo Berikan Penghargaan Bagi Pendonor Terbanyak

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin memberikan penghargaan kepada pendonor tertua atas nama Djuhari yang telah mendonorkan darahnya demi membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Saya sudah berdonasi 147 kali, tujuannya selain membantu mereka yang membutuhkan darah, juga agar tubuh tetap sehat,” katanya. Minggu (18/9).

Djuhari menjelaskan, sejak awal donor darah, dirinya jadi keterusan mendonorkan darahnya secara rutin.

“Awalnya saya berdonor empat bulan sekali atau setahun tiga kali. Sekarang meningkat menjadi tiga bulan sekali atau setahun empat kali. Dari sebelumnya jumlah darah yang didonorkan 250 cc hingga 350 cc,” ujarnya saat diundang Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Probolinggo untuk menerima penghargaan sebagai pendonor dengan usia tertua pada kegiatan donor darah dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke-76.

Dia menambahkan, sejak donor darah, dirinya tidak pernah merasakan sakit.

Di lingkungan tempat tinggalnya, Ia tidak henti-hentinya mengajak warga sekitar untuk bersedia mendonorkan darahnya. Bahkan, untuk meyakinkan warga di lingkungannya bahwa donor darah membuat badan sehat, ia mencontohkan dirinya yang telah lama berdonor.

“Saya contohkan diri saya yang tetap sehat dan bugar meski sudah tua,” katanya.

Selain Djuhari, PMI Kota Probolinggo juga memberikan penghargaan kepada pendonor yang sudah mendonasikan darahnya dari yang sudah 10 kali dan lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin memberikan apresiasi kepada para pendonor yang telah dengan sukarela mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan.

“Mereka ini patut menjadi contoh bagi masyarakat karena dengan sukarela mau mendonorkan darahnya bagi mereka yang membutuhkan,” katanya.

Tidak dipungkiri animo warga untuk mendonorkan darahnya cukup banyak, tidak hanya mereka yang tua, tetapi kaum remaja dan generasi muda juga sudah banyak menjadi pendonor tetap.

“Tentunya kita terus melakukan pendataan yang optimal untuk para warga yang rutin mendonorkan darahnya,” kata Habib Hadi.

Kebutuhan darah rata-rata per hari 150 kantong darah, tetapi ketersediaannya masih kurang dalam per harinya. Untuk itu, dengan digelarnya kegiatan donor darah secara rutin dan masif ini diharapkannya membantu pemenuhan kebutuhan darah di PMI Kota Probolinggo.

Ketua PMI Cabang Kota Probolinggo, Mega Guntara mengatakan penghargaan ini sebagai ucapan terima kasih baik kepada lembaga, kelompok maupun individu yang sukarela menyumbangkan darah untuk sesama.

“Penghargaan ini jauh dari apa yang mereka berikan kepada sesama. Ini adalah salah satu ucapan terima kasih untuk mereka yang selalu peduli. Dan kami selalu berharap ada generasi baru untuk penyumbangan darah ini,” ujar Mega di sela-sela acara. (Choy)

- Advertisement -

Latest news

Meterisasi PJU dan Penggantian Bohlam LHE Dapat Menekan Tagihan PJU

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Untuk menerangi Kota Probolinggo di malam hari dan menghemat listrik, Dinas Perhubungan Kota Probolinggo mengganti puluhan bola lampu...
- Advertisement -

Selama Enam Hari ASN Berpakain Ala Santri, Ada Apa?

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Pemandangan berbeda terlihat di lingkungan Pemkot Probolinggo, Jawa Timur. Seluruh ASN pria berpakaian ala santri. Para pegawai berpakaian...

Peringati Maulid Nabi SAW Puluhan Anak Disunat Masal

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Sebanyak 40 anak mengikuti sunatan massal yang digelar oleh Klinik Mayang Medika Jalan Patimura Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan...

Pangkalan TNI AL Sabang Peringati Maulid Nabi Muhammad

Kabarmetro.id, SABANG - Keluarga besar Pangkalan TNI AL Sabang menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyah/2021 Masehi bertempat di Pondok rekreasi...

Related news

Perpanjangan PPKM, Wako Pekanbaru Sebut Tunggu Putusan Pusat

Kabarmetro.id, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih menanti hasil evaluasi Satgas Covid-19 Nasional terkait berakhirnya PPKM level 2 di Kota Pekanbaru,...

Perkuat Padang Pariaman Religius, Pemkab Lakukan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Didikan Subuh

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Dalam usaha mewujudkan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman Periode 2021-2024 yang biasa disingkat Padang Pariaman Berjaya, Bupati...

Bupati Harapkan Sinergitas OPD, Camat dan Walinagari Dukung Program PKK

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Dengan berjalannya program PKK, akan berdampak kepada menggeliatnya UMKM, hal tersebut juga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat serta...

Suhatri Bur: Pentingnya Kesadaran Berpolitik Agar Masyarakat Menjadi Pemilih yang Cerdas untuk Sukseskan Pemilu

Kabarmetro,id.PADANG PARIAMAN - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, S.E., M.M. didampingi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM menghadiri Rapat Koordinasi...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here