34.6 C
Jakarta
Selasa, Oktober 19, 2021

Capai 25,7 Persen, Presiden Joko Widodo Rapat Bersama Bupati dan Walikota se-Sumut

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, PADANGSIDIMPUAN – Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH hadir dalam rapat bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama dengan seluruh Bupati/Walikota se – Sumatera Utara di Aula Tengku Rizal Nurdin Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Kamis (16/9).

Dalam arahannya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meminta Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut, terus mendorong percepatan vaksinasi Covid-19. Presiden RI ini ingin stok vaksin di daerah tidak lama berada di gudang penyimpanan.

“Kita berpacu dengan waktu, jangan sampai ada stok di daerah, vaksin datang suntikan ke masyarakat, habis minta ke Gubernur. Sekarang stok vaksin kita ada, walau di awal kita sempat kesulitan mendapat vaksin karena negara yang membuat mengutamakan masyarakatnya lebih dulu,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Forkopimda se-Sumut.

Capaian vaksinasi Sumut secara keseluruhan mencapai 25,7% untuk dosis pertama dan 15,9% dosis kedua, bahkan untuk dosis ketiga mencapai 47,4%. Joko Widodo mengapresiasi kinerja Sumut dalam vaksinasi, namun menurutnya masih perlu peningkatan agar target cepat tercapai.

“26% untuk yang umum dan 24% untuk lansia, saya apresiasi kerja keras bapak/ibu sekalian, tetapi kita masih perlu mengejar target kita karena masih jauh dari target. Ini butuh kerja sama dengan semua pihak, Forkopimda, tokoh agama, masyarakat,” terang Jokowi.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan akan terus berupaya untuk meningkatkan vaksinasi ke masyarakat. Dengan mempercepat vaksinasi akan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari dampak Covid-19. Walau begitu, dia mengingatkan protokol kesehatan (Prokes) tetap hal utama dalam melawan Covid-19.

“Kita terus dorong vaksinasi sampai ke kabupaten/kota. Tetapi, vaksinasi bukan jadi alasan kita mengabaikan protokol kesehatan, Prokes tetap yang utama untuk saat ini,” terang Edy Rahmayadi.

Meningkatnya vaksinasi di Sumut berdampak pada angka kematian penderita Covid-19. Angka kematian Sumut 2,6% dari jumlah terkonfirmasi positif, lebih rendah dari nasional (3,24%). Begitu juga dengan angka kesembuhan yang mencapai 93,3% dari sebelumnya 62,8%.

“Selain karena disiplin Prokes ini juga karena kita terus meningkatkan vaksinasi. Tetapi, jangan lengah dan kemudian abai akan Prokes, tetapi disiplin Prokes dan tetap perkuat 3T,” tambah Edy Rahmayadi.

Sementara itu Panglima TNI Hadi Tjahjanjto mengatakan Sumut perlu mengurangi kesenjangan perolehan vaksin di 33 Kabupaten/kota. Dengan begitu masyarakat Sumut khususnya akan lebih terlindungi dari Covid-19.

“Tidak bisa kita fokuskan hanya di satu daerah saja, penanganan Covid-19 akan tetap sulit bila daerah di sekitarnya masih tinggi penyebarannya, perlu merata. Jadi, jangan biarkan adanya gap jumlah vaksin yang besar di 33 kabupaten/kota,” tegas Panglima TNI.

Usai mengikuti rapat tersebut Walikota Irsan mengatakan akan segera menindak lanjuti arahan dari Presiden Joko Widodo untuk terus mendorong percepatan vaksinasi di Kota Padangsidimpuan dan bekerja sama dengan TNI/Polri. (Red)

- Advertisement -

Latest news

Meterisasi PJU dan Penggantian Bohlam LHE Dapat Menekan Tagihan PJU

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Untuk menerangi Kota Probolinggo di malam hari dan menghemat listrik, Dinas Perhubungan Kota Probolinggo mengganti puluhan bola lampu...
- Advertisement -

Selama Enam Hari ASN Berpakain Ala Santri, Ada Apa?

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Pemandangan berbeda terlihat di lingkungan Pemkot Probolinggo, Jawa Timur. Seluruh ASN pria berpakaian ala santri. Para pegawai berpakaian...

Peringati Maulid Nabi SAW Puluhan Anak Disunat Masal

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Sebanyak 40 anak mengikuti sunatan massal yang digelar oleh Klinik Mayang Medika Jalan Patimura Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan...

Pangkalan TNI AL Sabang Peringati Maulid Nabi Muhammad

Kabarmetro.id, SABANG - Keluarga besar Pangkalan TNI AL Sabang menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyah/2021 Masehi bertempat di Pondok rekreasi...

Related news

Tjahjo Kumolo Sedih PNS Banyak Ditangkap KPK, Gaji Kurang?

Kabarmetro.id, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo prihatin dengan maraknya ASN seperti PNS terlibat dalam kasus...

Pembatasan Pengisihan Bahan Bakar Minyak Jenis Solar Dikeluhkan Pemilik PO Mila Sejahtera

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Isu kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar, seolah menjadi cerita yang tidak pernah usai. Pasalnya situasi ini...

Final Indonesia Lawan China, Wakil Ketua MPR RI Sebut “Selamat Piala Thomas Pulang ke Tanah Air”

Kabarmetro.id, JAKARTA - Kemenangan kembali dipersembahkan oleh Tim bulutangkis putera Indonesia setelah Jonathan Christie menutup rubber game mengalahkan Li Shi Feng, pemain...

Wapres Ma’ruf Beri Pesan Sejuk di GKI Pniel Kotaraja di Jayapura

Kabarmetro.id, PAPUA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berkunjung ke Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pniel Kotaraja di Jayapura. Kunjungan ini merupakan rangkaian dari...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here