26.1 C
Jakarta
Minggu, September 19, 2021

Obyek Wisata di Kabupaten Probolinggo Sudah Mulai Dibuka

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO – Sebanyak 43 kabupaten/kota menjalankan PPKM Level 2 yang salah satunya Kabupaten Probolinggo terhitung tanggal 31 Agustus hingga 6 September 2021 sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sehubungan dengan hal tersebut, Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko melakukan press release tentang pembukaan tempat wisata di Kabupaten Probolinggo, (9/9) sore di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.
Turut mendampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Heri Sulistyanto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ahmad Hasyim Asy’ari, Kepala Disporaparbud Sugeng Wiyanto, Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Yulius Christian dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Shodiq Tjahjono.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan dengan adanya perkembangan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Probolinggo yang kini berada di level 2 PPKM, destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo akan dibuka kembali dengan syarat menerapkan protokol kesehatan secara ketat yang dimulai pada hari Kamis (9/9).

“Syarat yang harus diterapkan oleh para petugas obyek wisata yaitu tetap mematuhi protokol kesehatan sekaligus harus sudah vaksin Covid-19 melalui aplikasi Peduli Lindungi. Sedangkan wisatawan juga mematuhi protokol kesehatan dan juga harus sudah vaksin Covid-19 melalui aplikasi Peduli Lindungi serta ketentuan kapasitas pengunjung 25% dari jumlah kapasitas area wisata,” katanya.

Rencana Daya Tarik Wisata (DTW) yang akan dibuka adalah Kawasan Wisata Gunung Bromo, (Seruni Point Dan Metigen View serta Rumah Adat Tengger) Kecamatan Sukapura, Kawasan Wisata P30 Pundak Lembu Desa Wonokerso Kecamatan Sumber, Kawasan Air Terjun Madakaripura Kecamatan Lumbang, Kawasan Wisata Tirta Ageng Kecamatan Lumbang dan Kawasan Wisata Kampung Madu Kecamatan Lumbang.

Selanjutnya, kawasan Wisata Puncaksari Gunung Kembang Kecamatan Lumbang, Kawasan Wisata Pantai Bahak Kecamatan Tongas, Kawasan Wisata Pantai Bentar Kecamatan Gending, Kawasan Wisata Ronggojalu Kecamatan Tegalsiwalan, Kawasan Wisata Pantai Duta, Pantai Bohay dan Bukit Geligir yang berada Kecamatan Paiton.
Kawasan wisata lain, meliputi kawasan wisata Ranu Agung, Ranu Segaran, Air Panas dan Andung Biru, Bukit Dami, Bukit Betitang, Bukit Candi yang berada di Kecamatan Tiris. Kawasan Wisata Krucil (Air Terjun Dewi Rengganis, Air Terjun Kalipedati, Bremi Eko Park), Wisata Snorkling Gili Ketapang yang ada di Kecamatan Sumberasih serta Wisata Arung Jeram dan Sungai Pekalen.

Ancaman varian baru masih ada harus waspada, hal penting yang harus diingat adalah 4 (empat) mata tombak dalam melawan pandemi Covid-19. Yaitu, protokol kesehatan dengan 5 M, Tracing Testing dan Treatment (3T), vaksinasi untuk semua orang dan pelayanan kesehatan.

Hal lain yang juga dijelaskan oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko adalah berakhirnya masa jabatan sebanyak 252 kepala desa. Yaitu sesuai Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pedoman, Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa. Kebijakan penundaan pelaksanaan pemilihan kepala desa, kepala desa yang habis masa jabatannya tetap diberhentikan dan selanjutnya Bupati mengangkat Penjabat Kepala Desa.

Dikesempatan ini pula, Plt Bupati Timbul menerangkan tentang aturan PPKM Level 2 bagi sektor essensial, pekerjaan essensial beroperasi 100 persen dengan dibagi menjadi dua shift dengan protokol kesehatan ketat, pusat perbelanjaan dapat buka kembali dengan ketentuan kapasitas 50 persen dan tutup pukul 21.00 WIB. Begitu pula pasar rakyat kembali dibuka dengan kapasitas 75 persen dan tutup pukul 21.00 WIB. (Yulio)

- Advertisement -

Latest news

Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir Sandang Gelar Adat Datuak Rajo Nan Sati Dikukuhkan Oleh LKAAM

Kabarmetro.id, PADANG - Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir resmi menyandang gelar Datuak Rajo Nan Sati. Gelar adat ini diberikan dari kaum...
- Advertisement -

Duel Anthony Joshua Lawan Tyson Fury Akan Terwujud?

Kabarmetro.id - Juara dunia kelas berat, Anthony Joshua bertekad untuk melakukan segala daya untuk bertemu Tyson Fury di atas ring. Joshua sebenarnya...

Pemkab-Kemenkop UKM Berikan Pelatihan Vocational Pengembangan Marketing Mix

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Sebagai upaya memberikan pemahaman kepada UMKM dalam mengelola usahanya agar dapat meningkatkan omsetnya dan perluasan pasar melalui marketing mix,...

Pertemuan G20, Agar Capai Target SDGs Indonesia Dukung Pertanian Afrika

Kabarmetro.id, ITALIA - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak negara G20 meningkatkan peran sektor pertanian berkelanjutan dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs),...

Related news

Pemkab-Kemenkop UKM Berikan Pelatihan Vocational Pengembangan Marketing Mix

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Sebagai upaya memberikan pemahaman kepada UMKM dalam mengelola usahanya agar dapat meningkatkan omsetnya dan perluasan pasar melalui marketing mix,...

Harga Jagung Terus Naik, Peternak Bicara Nasib Harga Telur

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Peternak ayam petelur mengeluhkan harga pakan jagung yang terus melambung tinggi. Mereka mengaku mengalami kerugian hingga Rp 6.000...

Suhatri Bur: UMKM Perlu Digeliatkan Pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Tumbuhnya Perekonomian

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - UMKM perlu terus digeliatkan terlebih pada masa pandemi Covid-19 demi tumbuhnya perekonomian dan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Cuaca Ekstrim, Harga Ikan Melonjak 25 Persen

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Harga ikan basah disejumlah pasar tradisional di Kota Probolinggo mengalami kenaikan akibat cuaca buruk dan berdampak terhadap aktivitas...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here