26.1 C
Jakarta
Minggu, September 19, 2021

Nikmati Kuliner di Angkringan “Pendalungan” Cukup Rp 2000-5000 Bisa Makan Sepuasnya

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Mendengar banyak kabar, bahwa harga kuliner di Kota Probolinggo relatif lebih murah bila dibanding dengan kota lain. Tertarik untuk membuktikan hal itu, saya kemudian berkeliling ke banyak warung dengan satu harapan berburu makanan yang harganya kisaran dua ribu hingga lima ribu. Kamis (9/9).

Pagi itu, saya mengawali perburuan dengan mampir ke warung makan yang terletak di kawasan Jalan Gatot Subroto. Dibanding warung-warung lain di sekitar jalan itu, warung tersebut memang termasuk yang rajin buka pagi.

Begitu masuk, saya langsung melirik harga yang dicantumkan di menu Warung itu dan mulai menghitung untuk kalkulasi harga. Nasi tiga ribu, berarti kalau mau makan pas lima ribu, paling tidak mesti pakai lauk tempe yang satunya harga seribu atau sosis yang seharga dua ribu.
Sebelum saya memutuskan untuk memesan makanan, saya bertanya pada salah seorang pelayan warung, “Mbak, menu untuk sayurnya kok nggak dicantumin ya”
“Sayurnya gratis Mas, sambelnya juga,” terangnya. “Kalau nasinya ambil sendiri.”
Pagi itu, saya cuma mengambil satu centong nasi. Ini saya lakukan semata-mata karena ingin menyisakan ruang dalam perut untuk berburu makanan lagi.
Untuk sayurnya, saya memilih tumis sawi dan kangkung, sementara lauknya dua tempe.. Tak lupa saya mengoleskan sambal kecap di seluruh permukaan nasi, kemudian saya mengambil sedikit sambal tomat. Terakhir, saya memesan segelas air tawar. Sehingga, di warung itu saya betul-betul menghabiskan uang lima ribu. Pas.
Setelah menghabiskan makanan di Warung itu, saya kemudian melanjutkan perjalanan.

Awalnya saya ingin mencoba jajanan pasar, tapi di tengah jalan, mata saya langsung disodori sebuah warung yang spanduknya bertuliskan tulisan “Mie Ayam Rp5.000”.

Sontak, saya berhenti di depan warung itu. Letaknya di sekitar Jalan Cokroaminoto Kecamatan Kanigaran. Warung itu ukurannya relatif kecil. Dalam ruangan tempat makan pelanggan yang datang juga harus duduk lesehan.

Penjaga Mie Ayam adalah seorang lelaki tua yang wajahnya tampak sedikit galak. Waktu saya bertanya apa bisa pesan separuh porsi, lelaki itu menjawabnya dengan tegas “Ya, nggak bisa Mas.”

Saya bukannya sekadar iseng. Dulu, waktu kecil saya biasa membeli bakso atau mie ayam separuh porsi saja. Sudah lama saya tak mencoba membelinya, jadi harap maklum kalau saya bertanya begitu.

Selanjutnya kami melanjutkan kearah Bundaran Glaser menuju arah timur.Ternyata ada yang baru lagi nih dengan menghadirkan angkringan bertajuk “ Pendalungan “ harga dikisaran dua ribu hingga Lima Ribu” loh!

Sesuai namanya, angkringan, “Pendalungan “ ini hadir setiap hari mulai pagi hari sampai 21.00 WIB, Angkringan ini ada di arah timur Bundaran Gladak Serang, kurang lebih 100 m. an.

Manajemen angkringan “ Pendalungan “ Firli Dimas Anugrah mengatakan, kami sengaja menggelar Pendalungan pada pagi hingga malam hari agar bisa menemani keseharian warga probolinggo sambil menikmati keindahan Kota di waktu matahari terbenam, tentunya di tempatnya yang nyaman, dan ditemani hidangan khas daerah Malang juga Malioboro.

Kami hidangkan siap saji dengan 30 menu, “Menu yang dihadirkan di Pendalungan ini sesuai dengan menu di angkringan kulonan, yaitu, tempe bacem, nasi bakar, aneka sate, lele goreng, ayam bakar dan lainnya. Juga, gudeg live cooking, susu jahe, teh toengkoe, kopi jahe, kopi tubruk dan kopi hitam joss. Dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 2000 hingga 5.000 saja. Masyarakat sudah bisa menikmati semua hidangan sepuasnya,” terang Dimas. (Choy).

- Advertisement -

Latest news

Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir Sandang Gelar Adat Datuak Rajo Nan Sati Dikukuhkan Oleh LKAAM

Kabarmetro.id, PADANG - Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir resmi menyandang gelar Datuak Rajo Nan Sati. Gelar adat ini diberikan dari kaum...
- Advertisement -

Duel Anthony Joshua Lawan Tyson Fury Akan Terwujud?

Kabarmetro.id - Juara dunia kelas berat, Anthony Joshua bertekad untuk melakukan segala daya untuk bertemu Tyson Fury di atas ring. Joshua sebenarnya...

Pemkab-Kemenkop UKM Berikan Pelatihan Vocational Pengembangan Marketing Mix

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Sebagai upaya memberikan pemahaman kepada UMKM dalam mengelola usahanya agar dapat meningkatkan omsetnya dan perluasan pasar melalui marketing mix,...

Pertemuan G20, Agar Capai Target SDGs Indonesia Dukung Pertanian Afrika

Kabarmetro.id, ITALIA - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak negara G20 meningkatkan peran sektor pertanian berkelanjutan dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs),...

Related news

Pemkab-Kemenkop UKM Berikan Pelatihan Vocational Pengembangan Marketing Mix

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Sebagai upaya memberikan pemahaman kepada UMKM dalam mengelola usahanya agar dapat meningkatkan omsetnya dan perluasan pasar melalui marketing mix,...

Harga Jagung Terus Naik, Peternak Bicara Nasib Harga Telur

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Peternak ayam petelur mengeluhkan harga pakan jagung yang terus melambung tinggi. Mereka mengaku mengalami kerugian hingga Rp 6.000...

Suhatri Bur: UMKM Perlu Digeliatkan Pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Tumbuhnya Perekonomian

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - UMKM perlu terus digeliatkan terlebih pada masa pandemi Covid-19 demi tumbuhnya perekonomian dan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Cuaca Ekstrim, Harga Ikan Melonjak 25 Persen

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Harga ikan basah disejumlah pasar tradisional di Kota Probolinggo mengalami kenaikan akibat cuaca buruk dan berdampak terhadap aktivitas...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here