30.7 C
Jakarta
Selasa, Oktober 19, 2021

Meroket Harga Tes PCR, Puan Minta Kemenkes Tindak Tegas Faskes Nakal

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti adanya sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) yang masih menetapkan harga polymerase chain reaction (PCR) test di atas batas tarif tertinggi yang ditetapkan pemerintah. Beberapa rumah sakit, klinik, dan laboratorium dilaporkan mengakali harga tes PCR dengan berbagai cara.

“Pemerintah sudah menetapkan batas tarif tertinggi pemeriksaan tes PCR yang merupakan salah satu upaya untuk memperkuat pengetesan kasus Covid-19. Seluruh fasilitas kesehatan baik rumah sakit (RS), klinik, dan lab harus mematuhi ketentuan tersebut,” ujar Puan di Jakarta, Jumat (20/8).

Ketentuan batas tarif atas tes PCR diatur dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/1/2845/2021 dan mulai berlaku sejak Selasa (17/8) lalu. Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kemkes mengatur batas tarif tertinggi tes PCR di Jawa-Bali berkisar Rp495.000 dan luar Jawa-Bali Rp525.000.

Hanya saja sejumlah faskes di Jakarta dilaporkan melanggar ketentuan itu dengan menetapkan tarif melebihi batas tarif atas melalui penambahan komponen biaya, penawaran layanan premium, hingga layanan hasil instan.

Atas temuan tersebut, Puan berharap pemerintah dalam memberikan teguran atau sanksi kepada faskes-faskes tersebut harus dilakukan dengan tegas.

“Jangan pemerintah sudah menurunkan harga tes PCR, tapi faskes di bawah mengakali rakyat dengan tambahan biaya ini itu. Faskes tersebut harus ditindak tegas,” tegas Puan.

Lebih jauh Puan menjelaskan, persoalan kesehatan, apalagi yang masuk dalam kategori bencana nasional seperti Covid-19, seharusnya tidak dijadikan ajang pihak tertentu untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya.

“Kemenkes harus tindak tegas faskes yang melakukan pelanggaran, tidak bisa hanya dengan sekedar melakukan teguran,” tegas Puan lagi.

Dia juga meminta Kemenkes melalui Dinas Kesehatan di masing-masing daerah melakukan pengawasan yang ketat. Dinkes dinilai bisa menggandeng Polri dalam melakukan pemantauan.

“Kemenkes sudah menegaskan metode penambahan komponen hingga layanan premium dan instan untuk menambah harga tes PCR telah melanggar aturan. Karena batas tarif atas itu berdasarkan ketentuan sudah termasuk biaya administrasi dan jasa dokter,” ucap Puan.

“Jadi tidak ada alasan lagi faskes menetapkan tarif tes PCR di atas batas tarif tertinggi. Dinkes bisa bekerja sama dengan kepolisian daerah untuk melakukan pengawasan sehingga ada aturan lebih rigid jika ada pelanggaran,” sambung perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI tersebut.

Puan menegaskan, faskes juga tidak boleh menetapkan tes PCR lebih mahal dengan alasan hasil keluar lebih cepat. Sebab sudah ada instruksi dari pemerintah yang mengharuskan hasil tes keluar dalam 1 x 24 jam.

“Justru semakin cepat semakin bagus. Harus diingat faskes memiliki tugas kemanusiaan sebagai pelayanan kepada masyarakat. Jangan kemudian masalah waktu hasil lebih cepat dijadikan alasan menaikkan harga tes PCR, apalagi secara perhitungan faskes tidak rugi dengan batas tarif harga tertinggi itu,” tutur Puan.

Mantan Menko PMK ini mengatakan, penurunan harga tes PCR diharapkan bisa meningkatkan orang yang dites sehingga penanganan Covid-19 semakin lebih baik. Meski begitu, Puan mengingatkan seluruh faskes untuk tidak menurunkan kualitas pemeriksaan tes PCR.

“Harga tes menjadi lebih murah dari sebelumnya tidak boleh kemudian mempengaruhi kualitas. Meskipun tarif batas atas diturunkan, kualitas pemeriksaan PCR tidak boleh turun,” pungkas Puan. (Red/KM)

- Advertisement -

Latest news

Meterisasi PJU dan Penggantian Bohlam LHE Dapat Menekan Tagihan PJU

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Untuk menerangi Kota Probolinggo di malam hari dan menghemat listrik, Dinas Perhubungan Kota Probolinggo mengganti puluhan bola lampu...
- Advertisement -

Selama Enam Hari ASN Berpakain Ala Santri, Ada Apa?

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Pemandangan berbeda terlihat di lingkungan Pemkot Probolinggo, Jawa Timur. Seluruh ASN pria berpakaian ala santri. Para pegawai berpakaian...

Peringati Maulid Nabi SAW Puluhan Anak Disunat Masal

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Sebanyak 40 anak mengikuti sunatan massal yang digelar oleh Klinik Mayang Medika Jalan Patimura Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan...

Pangkalan TNI AL Sabang Peringati Maulid Nabi Muhammad

Kabarmetro.id, SABANG - Keluarga besar Pangkalan TNI AL Sabang menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyah/2021 Masehi bertempat di Pondok rekreasi...

Related news

Pergantian Antar Waktu, Jupi Resmi Dilantik Menjadi Anggota DPRD Lampung Utara

Kabarmetro.id, LAMPUNG UTARA - Ketua DPRD Lampung Utara, Romli mengambil sumpah jabatan Jupi Sunandar sebagai anggota DPRD Lampung Utara fraksi PDIP untuk...

Ketua DPR Puan Maharani: Jangan Ada Kompromi untuk Prokes Karantina!

Kabarmetro.id, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengingatkan agar aturan karantina bagi siapa pun yang baru datang dari luar negeri dijalankan secara...

Anggota DPR RI John Kenedy Azis: Warga Padang Pariaman yang Terdampak Abrasi Sungai Dapatkan Bantuan Kemensos

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis sedang mengupayakan warga yang terdampak abrasi sungai di Korong Talao...

Anggota DPR RI Komisi VIII Jhon Kenedy Azis di Dampingi Tim Kemensos RI, Kunjungi Korban Kebakaran Sekaligus Serahkan Bantuan di Pasar Sungai Garinggiang

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis Bersama Tim dari Kemensos RI meninjau langsung korban kebakaran dan...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here