29.6 C
Jakarta
Selasa, Agustus 3, 2021

Apresiasi Bupati Indramayu, Bantuan Alsintan Melalui Aspirasi Anggota Komisi VI DPR RI

- Advertisement -
- Advertisement -

Kanarmetro.id, INDRAMAYU – Bupati Indramayu Nina Agustina Apresiasi Bantuan Alsintan (Alat mesin pertanian) untuk para kelompok petani melalui Aspirasi Anggota Komisi VI DPR RI Ono Surono, S.T.

Bantuan alat mesin pertanian ini diharapkan mampu menekan biaya produksi juga mempermudah mengelola lahan pertanian dengan hasil produksi meningkat guna tercipta kedaulatan pangan nasional.

Perihal tersebut diungkapkan Ono Surono dalam kegiatan penyerahan secara langsung bersama Bupati Indramayu Nina Agustina, didampingi Kepala Dinas Pertanian Indramayu Takhmid, Wakil Ketua DPRD Indramayu H.Sirojudin, Camat Cikedung, Camat Terisi, Camat Lelea, serta perwakilan Poktan penerima bantuan di Balai Benih kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (14/6).

Ratusan Alsintan yang dibagikan saat ini yakni berupa 38 unit Traktor Roda Dua, dan 7 unit Traktor Roda Empat. Masing-masing Poktan mendapatkan satu unit.

Diketahui, pemberian bantuan Alsintan melalui aspirasi anggota DPR RI Ono Surono tersebut sebelumnya juga telah dilakukan secara rutin sejak 2015 hingga sekarang, karena masih di Komisi IV.

“Ini bukti keseriusan pemerintah dalam mempermudah akses para petani agar dapat memangkas biaya produksi, dan sebagai upaya meningkatkan produksi di sektor pertanian di seluruh Indonesia,” ujar Ono.

Ono menjelaskan, bantuan Alsintan tersebut merupakan kebutuhan alat dasar para petani untuk mengelola lahannya agar dapat dikelola dengan mudah melalui traktor roda 2 atau roda 4 untuk lahan pesawahan yang lebih luas.

Oleh karenanya, Ono meminta kepada para Poktan penerima bantuan, agar dapat memanfaatkan Alsintan tersebut secara baik dan digunakan untuk kepentingan bersama.

Selain itu, Ono juga berterima kasih kepada Bupati Indramayu yang berkesempatan hadir dalam kegiatan realisasi bantuan tersebut, serta kepada Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu yang sudah membantu pemerintah pusat dalam merealisasikan bantuan Alsintan untuk para Poktan.

“Dulu tidak pernah dihadiri Bupati Indramayu saat merealisasikan bantuan Alsintan, sekarang bisa hadir, sehingga ke depan saya akan lebih semangat mendatangkan program untuk Indramayu sebagai keselarasan program Bupati Indramayu,” ungkapnya

Ono Surono menambahkan, pertanian termasuk sumber mata pencaharian masyarakat Indramayu. Banyak warga Indramayu sebagai petani. Sehingga, lanjut Ono, para petani ini perlu wadah bernama kelompok tani, kelompok wanita tani, taruna tani hingga gabungan kelompok tani untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Kita memprioritaskan bantuan tersebut kepada petani-petani yang memiliki kelompok tani, juga yang ada Simluhtannya, nanti bisa koordinasi dengan penyuluh pertanian di BPP,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Nina Agustina yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi bantuan program alat mesin pertanian berupa traktor roda 2 dan roda 4 yang disalurkan melalui aspirasi Anggota DPR RI Komisi IV Ono Surono untuk kelompok tani di Indramayu.

“Terima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang telah memberikan bantuan alat mesin pertanian dan tentunya dalam hal ini tidak terlepas juga dari peran Bapak Ono Surono, S.T., Anggota DPR RI yang selalu mengawal hingga akhirnya Kabupaten Indramayu menerima bantuan alsintan ini,” ungkapnya.

Dengan adanya bantuan ini, kata Bupati Nina, kita semua berharap para petani akan lebih giat lagi, lebih bersemangat dan termotivasi, sehingga ke depannya produksi pertanian akan semakin meningkat dan semakin meningkat pula kesejahteraan para petani menuju indramayu yang bermartabat (bersih, religius, maju, adil, makmur dan hebat).

Dikatakannya, Alsintan yang diterima para petani ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Indramayu sebagai penghargaan karena Kabupaten Indramayu merupakan produsen padi dan beras tertinggi ke satu tingkat nasional dan sebagai lumbung pangan nasional.

“Saya berpesan agar Alsintan ini dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan masyarakat, kemudian yang tidak kalah penting adalah alat-alat ini harus dirawat, dipelihara dan dijaga jangan sampai hilang,” pungkasnya.

Selain itu, Bupati Nina juga berharap, dengan adanya wakil rakyat di DPR RI bisa membawa banyak program untuk masyarakat Indramayu, terutama dalam bidang pertanian dan perikanan, untuk keselarasan program Pemerintah daerah Indramayu.

Sebagaimana diketahui bahwa lahan sawah di Kabupaten Indramayu kurang lebih seluas 117.000 hektar dan merupakan lahan sawah yang terluas di jawa barat dengan rata-rata tiap tahun luas tanam padinya 242.474 hektar, luas panen padi 234.532 hektar, dengan produksi padi tiap tahun tidak kurang dari 1,7 juta ton gabah kering panen (gkp) atau rata-rata provitas 75,45 kuintal per hektar. (Andry)

- Advertisement -

Latest news

Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman Buka Rapat Paripurna Penyampaian Pendapat RPJMD TA 2021-2026

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman buka rapat paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Rancangan peraturan daerah tentang RPJMD...
- Advertisement -

Respon Isu Aktual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Selasa 3 Agustus 2021

Kabarmetro.id, JAKARTA1. Kasus demam berdarah dengue atau DBD makin terus meluas di sejumlah daerah di Indonesia. Data dari Kementerian Kesehatan/Kemenkes menyebutkan data...

MAN 2 Probolinggo dan MTsN 2 Probolinggo Vaksinasi Seluruh Peserta Didik

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Probolinggo dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Probolinggo bekerja sama dengan Puskesmas Pajarakan melakukan vaksinasi...

Lagi, Pantau Bansos Wali Kota Sekaligus Ingatkan Warga Patuhi Prokes

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Ditemui sebelum acara dimulai, Angga Ridho Pribadi warga RT 3 RW 1 Kelurahan Kanigaran, Kecamatan Kanigaran mengungkapkan perasaan...

Related news

Pesan Ibas Bansos Harus Tepat Sasaran dan Tidak Dikorupsi

Kabarmetro.id, JAKARTA - Bantuan sosial (bansos) sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono...

Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman Hadiri Maulid Nabi Besar Muhammad SWT di Pesantren Surau Sumur Janiah Pilubang

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Ketua DPRD kabupaten Padang Pariaman Ir.H.Arwinsyah, MT hadiri maulid Nabi Besar Muhamad SAW di pesantren surau sumur janiah...

DPD Golkar Padang Pariaman Menyelenggarakan Kurban Idul Adha 1442 H, di Mesjid Nurul Huda Padang Kalam

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Padang Pariaman Asmadi S.IP, beserta pengurus DPD partai Golkar Padang Pariaman menyelenggarakan penyembelihan...

Saran Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Saatnya Pemerintah Minta Maaf Kepada Rakyat

Kabarmetro.id, JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Dr. H. M Hidayat Nur Wahid,...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here