29.6 C
Jakarta
Selasa, Agustus 3, 2021

Panglima TNI dan Kapolri Rangkul Tokoh Agama Untuk Tekan Covid-19 di Bangkalan

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, BANGKALAN – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung penanganan Covid-19 di daerah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (12/6).

Selain bertemu Forkompinda setempat, Panglima dan Kapolri juga melakukan silahturahmi dengan para tokoh agama di Bangkalan, Madura. Hal itu dilakukan untuk merangkul para pemuda agama dan tokoh masyarakat setempat untuk bergandengan tangan mencegah penyebaran virus corona di wilayah tersebut.

“Kerjasama tokoh agama dengan Forkopimda bisa kita maksimalkan untuk pencegahan Covid-19,” kata Sigit dalam pertemuan tersebut.

Menurut Sigit, peran dari tokoh agama setempat sangat penting untuk membantu Pemerintah dan Forkompinda. Terutama, menyampaikan sosialisasi dan edukasi soal kedisplinan protokol kesehatan.

Terutama, kata Sigit adalah penggunaan masker di lingkungan sosial masyarakat. Menurutnya, pada penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat dan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, masker masih menjadi hal yang ampuh menangkal penyebaran virus corona.

“Masalahnya adalah masker dengan kepatuhan yang rendah di Madura. Satu-satunya alat yang bisa menangkal Covid-19 adalah masker berdasarkan penelitian. Penggunaan masker untuk bagi seluruh masyarakat baik yang sehat dan sakit harus menggunakan masker,” ujar Sigit.

Tak hanya itu, Sigit juga mengajak tokoh agama untuk menyampaikan pentingnya proses 3T (Testing, Tracing, dan Treatment). Mengingat, masih ditemukan beberapa masyarakat yang tidak mau atau sulit untuk melakukan tes Swab Antigen ataupun RT-PCR.

“Mohon bantuan disampaikan agar kami bisa mengobati dan memisahkan. Karena masyarakat masih banyak yang tidak mau Swab. Padahal tujuannya agar kami bisa tahu siapa yang sehat dan sakit serta bisa dipisahkan,” ucap mantan Kapolda Banten itu.

Senada, Panglima TNI menyatakan bahwa tokoh agama di Madura memiliki peran besar untuk menyampaikan kepada masyarakat atas pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

“Mohon bantuan para Kiyai untuk sosialisasi kepada masyarakat karena menjadi tokoh sentral untuk jelaskan protokol kesehatan,” kata Hadi dikesempatan yang sama.

Untuk menekan angka Covid-19 di Bangkalan, Madura, Hadi menekankan pentingnya soal pembatasan mobilitas dari masyarakat yang terkonfirmasi positif virus corona, melakukan pelaksanaan vaksinasi nasional dan proses pemeriksaan kontak erat.

“Tracing kontak erat bila pernah bertemu dengan orang yang terkonfirmasi positif hasil RT-PCR. Isolasi mandiri harus dilakukan dan batasi pergerakan mereka dan kami akan dukung logistik,” tutup Hadi.
(Yulio)

- Advertisement -

Latest news

Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman Buka Rapat Paripurna Penyampaian Pendapat RPJMD TA 2021-2026

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman buka rapat paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Rancangan peraturan daerah tentang RPJMD...
- Advertisement -

Respon Isu Aktual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Selasa 3 Agustus 2021

Kabarmetro.id, JAKARTA1. Kasus demam berdarah dengue atau DBD makin terus meluas di sejumlah daerah di Indonesia. Data dari Kementerian Kesehatan/Kemenkes menyebutkan data...

MAN 2 Probolinggo dan MTsN 2 Probolinggo Vaksinasi Seluruh Peserta Didik

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Probolinggo dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Probolinggo bekerja sama dengan Puskesmas Pajarakan melakukan vaksinasi...

Lagi, Pantau Bansos Wali Kota Sekaligus Ingatkan Warga Patuhi Prokes

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Ditemui sebelum acara dimulai, Angga Ridho Pribadi warga RT 3 RW 1 Kelurahan Kanigaran, Kecamatan Kanigaran mengungkapkan perasaan...

Related news

Respon Isu Aktual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Selasa 3 Agustus 2021

Kabarmetro.id, JAKARTA1. Kasus demam berdarah dengue atau DBD makin terus meluas di sejumlah daerah di Indonesia. Data dari Kementerian Kesehatan/Kemenkes menyebutkan data...

Kunjungan Hotman Paris dan Sandiaga Uno Program Vaksinasi Kedua di Holywings

Kabarmetro.id, JAKARTA - Kegiatan pelaksanaan vaksinasi yang kedua di Holywings Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (2/7), dihadiri oleh pengacara kondang Hotman...

Presiden Jokowi: Pemerintah Putuskan Perpanjang PPKM Level 4 Hingga 9 Agustus

Kabarmetro.id, JAKARTA - Pemerintah memastikan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 9 Agustus mendatang. Kepastian ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko...

Polemik, Masyarakat Diminta Awasi Seleksi Calon Anggota BPK

Kabarmetro.id, JAKARTA - Koalisi #SaveBPK mendesak Komisi XI DPR menerima masukan dari masyarakat dan menggunakan kajian dari Badan Keahlian DPR soal persyaratan...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here