30.7 C
Jakarta
Selasa, Oktober 19, 2021

Gerakan Seribu Penghapal Al-Qur’an (Gebu Pafa) Membuahkan Hasil, Suhatri Bur Beri Reward 278 Penghapal Al-Qur’an

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, S.E., M.M menyerahkan penghargaan kepada Hafizh dan Hafizah se Kabupaten Padang Pariaman dalam acara Gerakan Seribu Penghafal Al-Quran (Gebu Pafa) di Mesjid Al Mughni Padang Pariaman, Selasa (11/5).

Dalam sambutannya Suhatri Bur mengatakan Padang Pariaman termasuk pertama yang meluncurkan program Gebu Pafa. Ini juga dalam rangka mewujudkan visi Padang Pariaman selama lima tahun kedepan yakni Mewujudkan Padang Pariaman Unggul Berkelanjutan, Religius, Sejahtera dan Berbudaya (BERJAYA).

Religius adalah kondisi masyarakat yang menjunjung tinggi norma-norma agama, berpegang teguh pada ajaran agama dan menjadikan agama sebagai pondasi dalam kehidupan sehari-hari salah satunya dengan menciptakan seribu penghafal Al-Quran di Padang Pariaman juga telah mendukung visi tersebut.

“Selain mendukung visi Kabupaten Padang Pariaman untuk lima tahun kedepan, Gebu Pafa juga sebagai motivasi agar para Hafiz dan Hafizah di Kabupaten Padang Pariaman giat untuk menghafal Alquran ini juga dapat menjadi investasi masa depan baik bagi anaknya sendiri maupun orang tuanya di akhirat kelak.

Kegiatan ini juga bertujuan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan,” sambungnya.

Ia juga menambahkan sebanyak 1.215 orang mendaftar dalam kegiatan ini dan 918 orang ikut seleksi. Nanti akan diberikan bonus santunan dari Baznas kepada 278 orang sesuai degan banyaknya hafalan yang telah dihafal.

Dengan Kriteria sebagai berikut Hafiz 1 juz mendapatkan Rp.200.000, yang diterima sebanyak 231 orang Hafizh/Hafizah, Hafiz 5 juz diberikan bonus sebesar Rp. 350.000, yang diterima sebanyak 34 orang Hafizh/Hafizah, Hafiz 10 juz menerima bonus sebesar Rp.500.000,-, yang diterima oleh 12 orang hafiz/Hafizah, Hafizh 20 juz menerima bonus sebesar Rp. 700.00 tapi tidak ada peserta yang Hafiz 20 juz, Hafizh 30 juz menerima bonus sebesar 1 juta rupiah, yang diterima oleh 1 orang Hafizh/Hafizah.

Senada dengan itu Kepala Bagian Kesra Drs. Azwarman, M.M selaku Ketua Pelaksana Kegiatan ini mengatakan pemberian reward kepada Hafiz/Hafizah se Kabupaten Padang Pariaman di Mesjid Al Mughni Padang Pariaman pada acara Gebu Pafa ini bekerjasama dengan Baznas dan Bank Nagari dimana masing-masingnya memberikan bantuan sebesar Baznaz sebanyak 65 juta, Bank nagari 10 juta dan H. Mahyudin 10 juta.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah berkoordinasi bersama camat se Kabupaten Padang Pariaman. Seleksi diadakan pada beberapa tempat seperti di kecamatan masing-masing dan Masjid Raya Padang Pariaman.

Pada tahun ini ditargetkan mencapai 1000 Hafiz/Hafizah dan pada tahun 2022 ditargetkan lebih banyak daripada tahun ini dan diharapkan kepada donatur untuk terus menyumbangkan hartanya di jalan Allah dengan berkontribusi dalam memberikan bantuan dan dukungan kepada Hafiz/Hafizah Padang Pariaman.

Sebelumnya Ketua Baznas Rahmat TK Sulaiman, S.Sos., M.M mengatakan Baznas lembaga Pemerintah non struktural. Salah satu program Baznaz adalah Padang Pariaman taqwa, sesuai dengan visi Bupati Padang Pariaman yang Religius, Berbudaya Sustainable Development.

“Baznaz akan mendorong melahirkan Hafiz/Hafizah, mengawal program Hafiz/Hafizah ini dan terus meningkatkannya juga untuk meningkatkan jumlah bonus kepada Hafiz/Hafizah. Pada tahun ini kenaikan pengumpulan zakat di Baznas hampir seratus persen juga Baznas selalu menggunakan prinsip-prinsip syariat dan selalu berpayung kepada peraturan yang berlandaskan Al-Quran dan sunnah,” tutupnya. (Rudi)

- Advertisement -

Latest news

Meterisasi PJU dan Penggantian Bohlam LHE Dapat Menekan Tagihan PJU

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Untuk menerangi Kota Probolinggo di malam hari dan menghemat listrik, Dinas Perhubungan Kota Probolinggo mengganti puluhan bola lampu...
- Advertisement -

Selama Enam Hari ASN Berpakain Ala Santri, Ada Apa?

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Pemandangan berbeda terlihat di lingkungan Pemkot Probolinggo, Jawa Timur. Seluruh ASN pria berpakaian ala santri. Para pegawai berpakaian...

Peringati Maulid Nabi SAW Puluhan Anak Disunat Masal

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Sebanyak 40 anak mengikuti sunatan massal yang digelar oleh Klinik Mayang Medika Jalan Patimura Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan...

Pangkalan TNI AL Sabang Peringati Maulid Nabi Muhammad

Kabarmetro.id, SABANG - Keluarga besar Pangkalan TNI AL Sabang menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyah/2021 Masehi bertempat di Pondok rekreasi...

Related news

Perpanjangan PPKM, Wako Pekanbaru Sebut Tunggu Putusan Pusat

Kabarmetro.id, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih menanti hasil evaluasi Satgas Covid-19 Nasional terkait berakhirnya PPKM level 2 di Kota Pekanbaru,...

Perkuat Padang Pariaman Religius, Pemkab Lakukan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Didikan Subuh

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Dalam usaha mewujudkan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman Periode 2021-2024 yang biasa disingkat Padang Pariaman Berjaya, Bupati...

Bupati Harapkan Sinergitas OPD, Camat dan Walinagari Dukung Program PKK

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Dengan berjalannya program PKK, akan berdampak kepada menggeliatnya UMKM, hal tersebut juga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat serta...

Suhatri Bur: Pentingnya Kesadaran Berpolitik Agar Masyarakat Menjadi Pemilih yang Cerdas untuk Sukseskan Pemilu

Kabarmetro,id.PADANG PARIAMAN - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, S.E., M.M. didampingi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM menghadiri Rapat Koordinasi...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here