29.6 C
Jakarta
Selasa, Agustus 3, 2021

Gerakan Seribu Penghapal Al-Qur’an (Gebu Pafa) Membuahkan Hasil, Suhatri Bur Beri Reward 278 Penghapal Al-Qur’an

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, S.E., M.M menyerahkan penghargaan kepada Hafizh dan Hafizah se Kabupaten Padang Pariaman dalam acara Gerakan Seribu Penghafal Al-Quran (Gebu Pafa) di Mesjid Al Mughni Padang Pariaman, Selasa (11/5).

Dalam sambutannya Suhatri Bur mengatakan Padang Pariaman termasuk pertama yang meluncurkan program Gebu Pafa. Ini juga dalam rangka mewujudkan visi Padang Pariaman selama lima tahun kedepan yakni Mewujudkan Padang Pariaman Unggul Berkelanjutan, Religius, Sejahtera dan Berbudaya (BERJAYA).

Religius adalah kondisi masyarakat yang menjunjung tinggi norma-norma agama, berpegang teguh pada ajaran agama dan menjadikan agama sebagai pondasi dalam kehidupan sehari-hari salah satunya dengan menciptakan seribu penghafal Al-Quran di Padang Pariaman juga telah mendukung visi tersebut.

“Selain mendukung visi Kabupaten Padang Pariaman untuk lima tahun kedepan, Gebu Pafa juga sebagai motivasi agar para Hafiz dan Hafizah di Kabupaten Padang Pariaman giat untuk menghafal Alquran ini juga dapat menjadi investasi masa depan baik bagi anaknya sendiri maupun orang tuanya di akhirat kelak.

Kegiatan ini juga bertujuan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan,” sambungnya.

Ia juga menambahkan sebanyak 1.215 orang mendaftar dalam kegiatan ini dan 918 orang ikut seleksi. Nanti akan diberikan bonus santunan dari Baznas kepada 278 orang sesuai degan banyaknya hafalan yang telah dihafal.

Dengan Kriteria sebagai berikut Hafiz 1 juz mendapatkan Rp.200.000, yang diterima sebanyak 231 orang Hafizh/Hafizah, Hafiz 5 juz diberikan bonus sebesar Rp. 350.000, yang diterima sebanyak 34 orang Hafizh/Hafizah, Hafiz 10 juz menerima bonus sebesar Rp.500.000,-, yang diterima oleh 12 orang hafiz/Hafizah, Hafizh 20 juz menerima bonus sebesar Rp. 700.00 tapi tidak ada peserta yang Hafiz 20 juz, Hafizh 30 juz menerima bonus sebesar 1 juta rupiah, yang diterima oleh 1 orang Hafizh/Hafizah.

Senada dengan itu Kepala Bagian Kesra Drs. Azwarman, M.M selaku Ketua Pelaksana Kegiatan ini mengatakan pemberian reward kepada Hafiz/Hafizah se Kabupaten Padang Pariaman di Mesjid Al Mughni Padang Pariaman pada acara Gebu Pafa ini bekerjasama dengan Baznas dan Bank Nagari dimana masing-masingnya memberikan bantuan sebesar Baznaz sebanyak 65 juta, Bank nagari 10 juta dan H. Mahyudin 10 juta.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah berkoordinasi bersama camat se Kabupaten Padang Pariaman. Seleksi diadakan pada beberapa tempat seperti di kecamatan masing-masing dan Masjid Raya Padang Pariaman.

Pada tahun ini ditargetkan mencapai 1000 Hafiz/Hafizah dan pada tahun 2022 ditargetkan lebih banyak daripada tahun ini dan diharapkan kepada donatur untuk terus menyumbangkan hartanya di jalan Allah dengan berkontribusi dalam memberikan bantuan dan dukungan kepada Hafiz/Hafizah Padang Pariaman.

Sebelumnya Ketua Baznas Rahmat TK Sulaiman, S.Sos., M.M mengatakan Baznas lembaga Pemerintah non struktural. Salah satu program Baznaz adalah Padang Pariaman taqwa, sesuai dengan visi Bupati Padang Pariaman yang Religius, Berbudaya Sustainable Development.

“Baznaz akan mendorong melahirkan Hafiz/Hafizah, mengawal program Hafiz/Hafizah ini dan terus meningkatkannya juga untuk meningkatkan jumlah bonus kepada Hafiz/Hafizah. Pada tahun ini kenaikan pengumpulan zakat di Baznas hampir seratus persen juga Baznas selalu menggunakan prinsip-prinsip syariat dan selalu berpayung kepada peraturan yang berlandaskan Al-Quran dan sunnah,” tutupnya. (Rudi)

- Advertisement -

Latest news

Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman Buka Rapat Paripurna Penyampaian Pendapat RPJMD TA 2021-2026

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman buka rapat paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Rancangan peraturan daerah tentang RPJMD...
- Advertisement -

Respon Isu Aktual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Selasa 3 Agustus 2021

Kabarmetro.id, JAKARTA1. Kasus demam berdarah dengue atau DBD makin terus meluas di sejumlah daerah di Indonesia. Data dari Kementerian Kesehatan/Kemenkes menyebutkan data...

MAN 2 Probolinggo dan MTsN 2 Probolinggo Vaksinasi Seluruh Peserta Didik

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Probolinggo dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Probolinggo bekerja sama dengan Puskesmas Pajarakan melakukan vaksinasi...

Lagi, Pantau Bansos Wali Kota Sekaligus Ingatkan Warga Patuhi Prokes

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Ditemui sebelum acara dimulai, Angga Ridho Pribadi warga RT 3 RW 1 Kelurahan Kanigaran, Kecamatan Kanigaran mengungkapkan perasaan...

Related news

Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman Buka Rapat Paripurna Penyampaian Pendapat RPJMD TA 2021-2026

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman buka rapat paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Rancangan peraturan daerah tentang RPJMD...

Lagi, Pantau Bansos Wali Kota Sekaligus Ingatkan Warga Patuhi Prokes

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO - Ditemui sebelum acara dimulai, Angga Ridho Pribadi warga RT 3 RW 1 Kelurahan Kanigaran, Kecamatan Kanigaran mengungkapkan perasaan...

Pati PPKM ke Level 3, Bupati: Tetap Waspada Jangan Lengah!

Kabarmetro.id, PATI - Usai pelaksanaan PPKM level berakhir disampaikan Bupati Pati Haryanto, Senin 2 Agustus 2021, kini PPKM diperpanjang lagi sampai tanggal...

Muhammad Fadhly Jelaskan Replikasi Layanan Online Adminduk di Kabupaten Limapuluh Kota

Kabarmetro.id, LIMAPULUH KOTA - Sukses membangun inovasi Nagita (Nagari Go Digital) untuk pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here