26.5 C
Jakarta
Minggu, Juni 20, 2021

Kemensos Dorong Enterpreneurship Kalangan Generasi Muda

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, GARUT – Kementerian Sosial RI mendorong penyelenggaraan kesejahteraan sosial untuk berkontribusi dalam menumbuhkan perilaku-perilaku enterpreneurship di kalangan generasi muda, salah satunya oleh Karang Taruna.

Karang Taruna sebagai bagian dari Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) tidak hanya menjadi wadah pengembangan anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang bagi generasi muda di desa yang bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Karang Taruna bisa berperan lebih luas dengan segala jejaring, sekaligus berkolaborasi untuk mewujudkan generasi muda yang produktif dengan mengangkat potensi-potensi di daerah tersebut, salah satunya bidang pertanian.

Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai induk pembina Karang Taruna tidak bisa dipisahkan melalui peran Dinas Sosial yang memberikan pembinaan secara berkala dan bersinergi dengan berbagai kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda).

Kepala bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Garut, Abu Yaya, menyatakan pembinaan terhadap Karang Taruna baik berupa melalui bimbingan teknis (Bimtek) dan kegiatan lainnya.

“Generasi muda masuk Karang Taruna harus memiliki pengetahuan mumpuni soal Penyelenggaran Kesejahteraan Sosial, memiliki karakter dan akhlak baik, serta mandiri. Hal itu disebut sebagai Tri Sukses pembinaan generasi muda,” ujar Abu Yaya di Garut, Jawa Barat, Sabtu (24/4).

Di Garut, kata Abu, peran Karang Taruna terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman tidak hanya bidang pertanian tapi merabah ke bidang yang lainnya seperti agrowisata, usaha kopi dan sebagainya.

“Alhamdulillah Karang Taruna terus berkembang tak hanya bidang pertanian, tapi ada agrowisata, usaha kopi dan lain sebagainya. Itu menunjukkan Karang Taruna eksis di kalangan generasi muda, salah satunya yang dikembangkan Eptilu (Fresh From Farm-red),” ungkap Abu.

Rizal Fahreza sebagai pembina Karang Taruna Fajar Sejahtera di Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang dan Karang Taruna Situgede di Desa Cigedug, Kecamatan Cigedug menyatakan, bahwa kegiatan Karang Taruna tidak hanya berkumpulnya generasi muda tapi ada pemberdayaan dan menjadikan mereka produktif.

“Karang Taruna tak sekedar kegiatan generasi muda, dengan salah satunya bidang pertanian tapi sudah berkolaborasi dengan masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, serta Dinas Sosial, Kemensos, serta mampu menekan laju urbanisasi,” ungkap Rizal.

Bahkan, kata Rizal, Direktur Jenderal Pembedayaan Sosial, Kemensos, sudah mengujungi lokasi pembinaan Karang Taruna di lokasi Eptilu sebagai tempat agrowisata yang mensinergikan berbagai unsur di dalam pengelolaannya.

“Kunjungan Dirjen Pemberdaan Sosial, Pak Edi Suharto tidak hanya pengakuan terhadap kegiatan Karang Taruna tapi juga sebagai motivasi agar terus berkiprah lebih baik dalam mendorong perilaku enterpreneurship di kalangan generais muda, khususnya dalam wadah Karang Taruna, ” tandas Youth Leadership Program Agriculture (Asian Cantries) United Nation for South Coorporation and China Agriculture University, Yuan Beijing Province, China. (Iwan/Red)

- Advertisement -

Latest news

Sebanyak 119 Pejabat Kabupaten Probolinggo (Pemkab) Diambil Sumpahnya Oleh Bupati Tantri

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Sebanyak 119 orang pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dilantik dan diambil sumpahnya oleh...
- Advertisement -

Perampok Mobil Travel Jakarta Tiga ditangkap Satu Ditembak

Kabarmetro.id, LAMPUNG UTARA - Jajaran Satreskrim Kepolisian Sektor Abung selatan Polres Lampung utara, berhasil menangkap Tiga dari Komplotan...

Koramil 0820/12 Kraksan Laksanakan PPKM Skala Mikro Untuk Pencegahan Covid 19 di Swalayan Diva

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Melaksanakan PPKM skala Mikro sudah menjadi kewajiban, Koramil 0820/12 Kraksan melaksanakan nya, agar masyarakat selalu...

Melaksanakan Komsos Subdenpom XII/1-6 Putusibau Bantu Warga Panen Sayur

Kabarmetro.id, PUTUSSIBAU - Personel Subdenpom XII/1-6 Putussibau melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (komsos) bersama petani sayur dijalan lintas utara,...

Related news

Kemensos Berbenah Jelang Pencairan Bansos PKH Tahap III

Kabarmetro.id, WONOGIRI - Menjelang pencairan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap III, Kemensos terus berbenah menyiapkan data...

Bawa Angin Segar, Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Sulawesi Selatan

Kabarmetro.id, MAKASSAR - Wakil Bupati Jeneponto H Paris Yasir SE menghadiri acara Silaturrahim Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif...

Hari Ini, Kunjungan Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Vaksinasi di Madiun dan Bangkalan

Kabarmetro.id, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo hari ini...

Komitmen Stakeholder Pelindo II, Pungli Siap Diberantas

Kabarmetro.id, JAKARTA - Sebagai Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan Syahbandar Utama Tanjung Priok, DKI Jakarta, bersama dengan...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan