Polres dan Dinkes Melawi, Bersinergi Tindak Masyarakat Abai Prokes

0
54
Polres dan Dinkes Melawi, Bersinergi Tindak Masyarakat Abai Prokes

Kabarmetro.id, MELAWI – Melonjaknya angka terjangkit virus corona (Covid-19) dalam minggu ini seharusnya membuat masyarakat semakin disiplin protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari.

Berdasarkan data yang dimuat oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi, pada hari Kamis tanggal 22 April 2021 terkonfirmasi positif virus corona sebanyak 16 orang.

Sedangkan tempat perawatan isolasi pasien terkonfirmasi positif virus corona yang disediakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi sudah hampir penuh, yaitu di RSUD Kabupaten Melawi merawat 10 pasien positif Covid-19 dan Isolasi terpusat posko kenual merawat 10 pasien.

Melihat angka tersebut seharusnya masyarakat semakin disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan yang sangat efektif serta efisien mencegah maupun memutus penularan dan penyebaran Covid-19. Bukannya lalai maupun abai terhadap protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas (5 M).

Dalam upaya meningkatkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari.

Polres Melawi melalui “Operasi Keselamatan Kapuas 2021” melaksanakan pengawasan dan himbauan di Pos Lantas Tangguh Kota Juang Nanga Pinoh (bundaran traffic light Tugu Juang), Jumat (23/4).

Selain himbauan dan aksi simpatik seperti membagikan masker serta menempelkan stiker “Ayo Pakai Masker” kesetiap kendaraan pribadi, angkutan umum dan angkutan barang.

Kegiatan yang dipimpin Kabag Ops Polres Melawi AKP Aang Permana, S.I.P., M.A.P dan Kasat Lantas Iptu Suwaris tersebut juga melakukan Swab Antigen bagi masyarakat yang berkendara tidak menggunakan masker, Tes Swab Antigen di Pos Lantas Tangguh bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kabag Ops AKP Aang Permana menyampaikan kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan kembali kesadaran masyarakat dalam disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan. “Hal ini digelar untuk menekan penyebaran Covid-19 yang beberapa hari ini mengalami lonjakan signifikan dan untuk meningkatkan kembali kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Kabag Ops juga mengimbau masyarakat agar selalu disiplin prokes. “Protokol kesehatan memang hanya ini satu-satunya langkah yang sangat efektif dan efisien dalam mencegah penularan Covid-19. Oleh sebab itu, jangan pernah abai,” pesannya.

Dari 26 orang masyarakat yang berkendara tidak menggunakan masker setelah dicek hasilnya negatif.

“Allahamdullilah, semua pengendara yang tidak menggunakan masker setelah di Swab Antigen semuanya negatif. Ini bukan berarti abai prokes aman dari Covid-19, bisa saja kita tertular saat beraktivitas diluar dan membawa pulang virus tersebut kerumah. Lebih baik mencegah daripada mengobati, karena banyak penderita Covid-19 mengalami sesak nafas hingga membutuhkan oksigen yang tidak sedikit namun juga tidak sedikit yang meninggal dunia. Sayangi diri sendiri, keluarga dan masyarakat lainnya, dengan patuh dan disiplin prokes,” pungkasnya. (Ade Mohtar)

Tinggalkan Balasan