Babinsa Hadiri Pembentukan Tim Relawan Tanggap Bencana Tingkat Desa

0
39
Babinsa Hadiri Pembentukan Tim Relawan Tanggap Bencana Tingkat Desa

Kabarmetro.id, JEPARA – Babinsa Sertu Ali Madhkan anggota Koraml 06/Welahan menghadiri kegiatan pembentukan Tim Relawan Tanggap Bencana Tingkat Desa, yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara di Balai Desa Kedungsarimulyo, Kecamatan Wealahan. Kamis (22/4).

Para relawan mengikuti sosialisasi yang diberikan oleh Siaga Bencana BPDB untuk mengantisipasi bencana banjir, angin puting beliung, tanah longsor serta musim penghujan.

Kasi Penindakan Bencana BPBD Kabupaten Jepara Bagus Ari Wibowo mengatakan demi efektifnya upaya pencegahan bencana pemerintah harus melibatkan masyarakat.

“Untuk itu, pihaknya berkonsetrasi membentuk pemuda-pemudi menjadi relawan tanggap bencana dan kami juga berkoordinasi dengan pihak desa untuk menjadi desa tanggap bencana dan siaga bencana tentunya ini melibatkan para pemuda.” kata Bagus Ari Wibowo.

Lanjutnya, dengan dibentuknya tanggap bencana kepada pemuda ini bisa memberikan manfaat dan maslahat, karena pemuda kepanjangan tangan BPBD.

Sementara Babinsa Sertu Ali Madhkan juga menyampaikan bahwa pemuda harus terlibat aktif dalam menjaga dan melindungi wilayah desanya, salah satunya, dengan program pemuda tanggap bencana tingkat desa.

hal ini sebagai bentuk agar pemuda itu juga peduli terhadap lingkungannya, apalagi saat bencana. Ia menyampaikan,kalau perlu jangan sampai menunggu terjadi bencana, tapi sudah bisa diantisipasi sebelumnya.

“Jadi, saya selaku Babinsa berharap, teman-teman yang tergabung dalam pemuda tanggap darurat ini bisa menjadi garda terdepan untuk bisa mengantisipasinya dan menanganinya.” jelasnya. (Pendim 0719/Jepara).

Tinggalkan Balasan