27 C
Jakarta
Rabu, Juni 16, 2021

Buka Musrenbang, Gubernur Anies Secara Virtual

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, JAKARTA – Alhamdulillah, pagi tadi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021. Demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui media sosial Instagram, Rabu (14/4).

Kata Anies, tantangan yang dihadapi Jakarta tidak sederhana, di masa pandemi ini kita dalam proses pemulihan. Karena itu perlu banyak terobosan, kebaruan dalam cara-cara bekerja, yang berbeda dengan masa sebelumnya.

“Pembangunan di Jakarta harus direncanakan secara gotong royong/kolaboratif, karena pelaku pembangunan di Jakarta bukan hanya dari pemerintah saja, tapi juga dari pihak swasta dan unsur masyarakat,” ujar Anies.

Menurut Anies, begitu banyak peluang kolaborasi dalam membangun Jakarta. “Banyak dari program kita yang hanya bisa dikerjakan bersama-sama,” imbuh Anies.

Anies menuturkan, ada beberapa program yang perlu kolaborasi khusus dengan pemerintah pusat. Kita perlu pastikan semua rencana waktu dan target disusun sebaik-baiknya. Terutama untuk program-program mendasar seperti infrastruktur transportasi, pengembangan kawasan, pengembangan pariwisata, pengendalian banjir, dan infrastruktur air bersih.

Anies menyebutkan, Musrenbang tahun ini untuk merencanakan kerja kita di 2022, maka harus fokus untuk menunaikan agenda yang telah menjadi komitmen kita pada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2017-2022.

Kata Anies, Bappeda DKI Jakarta akan menyisir semua program RPJMD yang telah diturunkan menjadi Kegiatan Strategis Daerah (KSD). Memastikan pada tahun 2022 nanti semua rencana tersebut bisa ditunaikan tuntas.

“PR besar kita dalam RPJMD adalah penuntasan program-program sosial kemasyarakatan. Kita mengalami kontraksi ekonomi akibat pandemi, masalah kesejahteraan rakyat (kesra) skalanya juga membesar,” jelas Anies.

Menurut Anies, pada tahun 2022 kita akan lebih serius menuntaskan program-program yang berkaitan kesra langsung khususnya di aspek kesehatan, pendidikan dan UMKM.

Anies pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat, yang menyumbangkan pikirannya untuk terlibat langsung di dalam kegiatan Musrenbang.

Anies menyebutkan, semua masukan menjadi catatan kita, harapannya nanti Bappeda dan seluruh jajaran menampung aspirasi menjadi bahan penyusunan rencana kerja kita di 2022.

“Insya Allah kita bisa mencapai apa kita semua harapkan: Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya,” demikian tutup Anies. (Red)

- Advertisement -

Latest news

Sampai Habis Masa Jabatan, Bupati Majalengka Targetkan Bangun Masjid Tiap Kecamatan

Kabarmetro.id, MAJALENGKA - Bupati membuka kegiatan Pembinaan Manajemen Masjid bagi masjid agung dan masjid jami di Kabupaten Majalengka...
- Advertisement -

Polda Sumbar Kumpulkan Denda Puluhan Juta Rupiah dari Pelanggar Prokes

Kabarmetro.id, PADANG - Polda Sumatera Barat masih melakukan Operasi Yustisi dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat.

Subdenpom XII/2-2 Pangkalanbun Bersihkan Tempat Ibadah Pura

Kabarmetro.id, PANGKALANBUN - Sebagai bentuk toleransi antar umat beragama, personel Subdenpom XII/2-2 Pangkalanbun melakukan kerja bakti membersihkan tempat...

Presiden Jokowi Soroti Progam Kampus Merdeka

Kabarmetro.id, JAKARTA - Saat berbicang dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Presiden Joko Widodo...

Related news

Mulai Hari Ini, Pemprov DKI Jakarta Buka Pendaftaran Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu

Kabarmetro.id, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuka pendaftaran data Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu (FMOTM)...

Pemprov DKI Luncurkan Program Jakarta Sadar Sampah

Kabarmetro.id, JAKARTA - Memperingati puncak Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Ibu Kota, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies...

Wakil Walikota Jakut Kunjungi Posko Swab Antigen Gratis Polsek Cilincing

Kabarmetro.id, JAKARTA - Kunjungan Wakil Walikota Jakarta Utara Ir. Juaini di Posko Swab Antigen Gratis Polsek Cilincing disambut...

Cegah Klaster Mudik Balik, Tiga Pilar Jagakarsa Sambangi Pemukiman Warga

Kabarmetro.id, JAKARTA - Cegah Penyebaran Covid-19, Kapolsek Jagakarsa Kompol Endang Sukmawijaya, SH bersama 3 Pilar Kecamatan Jagakarsa datangi...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan