27 C
Jakarta
Rabu, Juni 16, 2021

Mudik! Kakorlantas Polri Tinjau Skema Penyekatan Larangan di Tol Cipali

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, CIREBON – Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Istiono, MH, meninjau skema penyekatan larangan mudik di GT Palimanan Tol Cipali yang merupakan wilayah Polresta Cirebon, Rabu (14/4).

Istiono didampingi Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol Eddy Djunaedi, dan Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si, serta lainnya, menyaksikan simulasi penyekatan yang dilakukan di GT Palimanan Tol Cipali.

Dalam simulasi itu, petugas gabungan dari sejumlah instansi tampak mengentikan mobil yang dikendarai masyarakat yang melaksanakan mudik. Mereka langsung menanyakan tujuan perjalanan dan kelengkapan suratnya.

Pengendara itu terbukti hendak melaksanakan mudik dan diputarbalikkan lagi ke daerah asalnya. Bahkan, petugas mengawalnya menggunakan mobil patwal untuk mengantisipasi kendaraan tersebut kembali melalui jalur lainnya.

Usai simulasi tersebut, Istiono mengapresiasi skema penyekatan yang akan diterapkan Polresta Cirebon saat Operasi Ketupat yang dilaksanakan pada 6 – 17 Mei 2021.

Sembilan titik penyekatan yang disiapkan Polresta Cirebon sangat bagus. Selain itu, pemilihan lokasi penyekatannya juga sangat strategis sehingga dapat menghalau masyarakat yang nekat mudik meski telah dilarang.

“Langkah yang dibangun Polresta Cirebon dalam menghadapi Operasi Ketupat sudah bagus. Tinggal menyiapkan sarana penyekatannya,” ujar Irjen Pol Istiono.

Ia mengingatkan agar ploting personel di setiap titik penyekatan benar-benar diperhatikan. Agar para petugas dapat berjaga secara bergiliran dan seluruh pos penyekatan tersebut beroperasi selama 24 jam.

Pihaknya juga mengingatkan bahwa Operasi Ketupat merupakan operasi kemanusiaan yang mengutamakan tindakan persuasif. Inti dari operasi tersebut memutarbalikkan kendaraan masyarakat yang hendak melaksanakan mudik.

“Tujuan utama operasi ini ialan memotong mata rantai penyebaran Covid-19 di momen lebaran, sehingga kegiatan mudik dilarang sesuai aturan dari pemerintah,” kata Irjen Pol Istiono.

Sementara Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si, mengatakan, sembilan titik penyekatan itu tersebar dari mulai jalur tol hingga jalur arteri Pantura di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Di antaranya, GT Palimanan Tol Cipali, Dukupuntang, Weru, Ciperna, Losari, Ciwaringin, Susukan, dan lainnya. Menurutnya, setiap pos penyekatan dijaga 30 personel yang bertugas secara bergiliran.

“Ada 10 personel yang bertugas secara bergantian setiap 8 jam, sehingga titik penyekatan ini 24 jam. Kami siapkan jumlah yang banyak untuk memaksimalkan penyekatan,” ujar Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si. (Red/KM)

- Advertisement -

Latest news

Sampai Habis Masa Jabatan, Bupati Majalengka Targetkan Bangun Masjid Tiap Kecamatan

Kabarmetro.id, MAJALENGKA - Bupati membuka kegiatan Pembinaan Manajemen Masjid bagi masjid agung dan masjid jami di Kabupaten Majalengka...
- Advertisement -

Polda Sumbar Kumpulkan Denda Puluhan Juta Rupiah dari Pelanggar Prokes

Kabarmetro.id, PADANG - Polda Sumatera Barat masih melakukan Operasi Yustisi dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat.

Subdenpom XII/2-2 Pangkalanbun Bersihkan Tempat Ibadah Pura

Kabarmetro.id, PANGKALANBUN - Sebagai bentuk toleransi antar umat beragama, personel Subdenpom XII/2-2 Pangkalanbun melakukan kerja bakti membersihkan tempat...

Presiden Jokowi Soroti Progam Kampus Merdeka

Kabarmetro.id, JAKARTA - Saat berbicang dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Presiden Joko Widodo...

Related news

Presiden Jokowi Soroti Progam Kampus Merdeka

Kabarmetro.id, JAKARTA - Saat berbicang dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Presiden Joko Widodo...

Klaim Pejabat Kemenkeu Tak Ada Niat Kenakan Pajak Pendidikan

Kabarmetro.id, JAKARTA - Staf Khusus Menteri Keuangan (Stafsus Menkeu) Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengklaim, tidak ada niatan...

Punya Ciri Khas dan Unik, UMKM Harus Bangun Produk Unggulan

Kabarmetro.id, BANDUNG - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menekankan bahwa pelaku UMKM harus mulai masuk ke produk-produk...

Blusukan di Kota Solo, Gibran Temani Puan

Kabarmetro.id, SOLO - Ketua DPR Puan Maharani blusukan di Kota Solo, Minggu (13/6). Selama kunjungan kerjanya, Puan ditemani...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan