27 C
Jakarta
Rabu, Juni 16, 2021

RSUD Umum Tongas Probolinggo Buka Kembali Layanan Rawat Inap Non Covid-19

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO – Terhitung mulai Senin, 12 April 2021, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tongas membuka kembali layanan rawat inap non Covid-19. Meskipun demikian, RSUD Tongas tetap siap dengan 38 tempat tidur untuk pasien Covid-19 sesuai penunjukkan sebagai Rumah Sakit Covid-19 di Kabupaten Probolinggo.
Hal tersebut disampaikan oleh Direktur RSUD Tongas dr. Hariawan Dwi Tamtama. Menurutnya, untuk pelayanan Covid-19 dan non Covid-19 mulai dari alur, zonasinya termasuk sarana dan prasarananya betul-betul dipisahkan dan dijamin tidak bercampur.

“Mulai hari ini kita sudah siap memberikan pelayanan dan membuka layanan rawat inap non Covid-19 untuk masyarakat. Sistemnya, alur, zonasi dan prosedurnya sudah kita siapkan. Artinya layanan kami ini nanti sistemnya sentralisasi dan ada lokal khusus memang yang masih kami sediakan untuk layanan Covid-19. Kita siapkan 38 tempat tidur yang terpisah dari layanan non Covid-19,” katanya.

Menurut Hariawan, untuk layanan rawat inap non Covid-19 ini sudah siap memberikan pelayanan rawat inap dewasa, anak-anak dan pelayanan kebidanan, kandungan, layanan untuk perawatan intensif anak-anak dan dewasa, termasuk pelayanan penunjang medis dan non medis non Covid-19.

“Untuk SDM kami juga sudah pisahkan antara tenaga khusus yang bertugas di pelayanan Covid-19 dan non Covid-19. Termasuk sarana prasarana kita juga sudah siapkan. Jadi untuk layanan Covid-19 dan non Covid-19 ini kita sudah pisahkan,” jelasnya.

Hariawan menerangkan pembukaan kembali layanan rawat inap non Covid-19 ini dilakukan dengan pertimbangan karena memang trend kunjungan pasien Covid-19 atau pasien yang dirawat pasien Covid-19 di 2 (dua) bulan terakhir ini trendnya mengalami penurunan. Di RSUD Tongas pun tingkat huniannyapun pasien Covid-19 semakin sedikit.

“Terakhir kami 1,4%, tapi dalam dua minggu terakhir sejak 26 Maret 2021 sudah kosong tidak ada pasien Covid-19. Meskipun demikian, kami tetap sediakan layanan Covid-19 dengan menyiapkan 38 tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19 dewasa dan kasus kebidanan, anak-anak dan perawatan kasus intensif care,” terangnya.

Lebih lanjut Hariawan menjelaskan untuk prosedurnya untuk yang rawat inap non Covid-19. Mulai dari depan untuk penerimaan pasien rawat inap dari dua pintu dari rawat jalan dan rawat inap. Rawat inap ini nanti ada rawat jalan Covid-19 dan non Covid-19 sudah disiapkan. Itu sudah ada jalur khususnya jadi nanti terpisah. Kemudian dari penerimaan IGD juga dipisahkan IGD Covid-19 dan non Covid-19.

“Jadi untuk rawat inap ini berasal dari dua pintu masuk rawat inap baik rawat jalan maupn IGD kita sudah pisahkan. Pasien rawat inap itu masuk ke rumah sakit ada 2 pintu. Yakni, lewat rawat jalan mereka periksa dan ternyata setelah diperiksa oleh dokternya harus rawat inap. Serta ada juga yang langsung ke IGD. Dari dua pintu masuk itu sudah kita pisahkan pasien Covid-19 dan non Covid-19 serta ada prosedur screening,” tegasnya.

Hariawan menegaskan untuk alur kalau pasien Covid-19 sudah ada alur sendiri dan sudah ada lokal khusus untuk perawatan Covid-19 di lokal barat yang nantinya ada skatnya yang memisahkan antara layanan Covid-19 dan non Covid-19.

“Untuk layanan non Covid-19 bebas, pengunjung terutama keluarga pasien boleh masuk. Tetapi meskipun demikian tetap ada pembatasan karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 protokol kesehatan tetap akan kita pastikan dengan baik,” ujarnya.

Dengan dibukanya kembali layanan rawat inap non Covid-19 ini Hariawan menghimbau kepada masyarakat yang membutuhkan layanan di RSUD Tongasn untuk bisa memanfaatkan layanan di RSUD Tongas.

“Dari pada harus ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan atau Kota Probolinggo terlalu jauh. Lebih baik datang saja ke RSUD Tongas. Karena RSUD Tongas juga rumah sakit pemerintah yang siap memberikan layanan kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo, terutama di wilayah barat. Jadi himbauan untuk pasien wilayah barat bisa datang ke RSUD Tongas untuk mendapatkan pelayanan rawat inap di RSUD Tongas,” pungkasnya. (Yulio)

- Advertisement -

Latest news

Sampai Habis Masa Jabatan, Bupati Majalengka Targetkan Bangun Masjid Tiap Kecamatan

Kabarmetro.id, MAJALENGKA - Bupati membuka kegiatan Pembinaan Manajemen Masjid bagi masjid agung dan masjid jami di Kabupaten Majalengka...
- Advertisement -

Polda Sumbar Kumpulkan Denda Puluhan Juta Rupiah dari Pelanggar Prokes

Kabarmetro.id, PADANG - Polda Sumatera Barat masih melakukan Operasi Yustisi dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat.

Subdenpom XII/2-2 Pangkalanbun Bersihkan Tempat Ibadah Pura

Kabarmetro.id, PANGKALANBUN - Sebagai bentuk toleransi antar umat beragama, personel Subdenpom XII/2-2 Pangkalanbun melakukan kerja bakti membersihkan tempat...

Presiden Jokowi Soroti Progam Kampus Merdeka

Kabarmetro.id, JAKARTA - Saat berbicang dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Presiden Joko Widodo...

Related news

Sampai Habis Masa Jabatan, Bupati Majalengka Targetkan Bangun Masjid Tiap Kecamatan

Kabarmetro.id, MAJALENGKA - Bupati membuka kegiatan Pembinaan Manajemen Masjid bagi masjid agung dan masjid jami di Kabupaten Majalengka...

Plh Danramil 03/Ss Bersama Kapolsek VII Koto Sungai Sariak Kordinasi Penanganan Covid-19

Kabarmetro.id,b PADANG PARIAMAN - Plh Komandan Koramil 03/SS Letnan Dua Inf Syahrul, melaksanakan koordinasi bersama Kapolsek VII koto...

Forkopimda Menganalisa dan Evaluasi Penerapan PPKM Mikro di Wilayah Jatim

Kabarmetro.id, SURABAYA - Forkopimda Jawa Timur, Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Mayjen Suharyanto, Kapolda...

Resmi Dibuka, TMMD Reguler Ke-111 Kodim 0735/Surakarta

Kabarmetro.id, SURAKARTA - Bertempat di Pendhapi Gedhe Komplek Balaikota Surakarta Jl. Jend. Soedirman No. 2 Kelurahan Kampung Baru...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan