Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto Pimpin Proses Investigasi Kebakaran Kilang Pertamina Balongan

0
77
Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto Pimpin Proses Investigasi Kebakaran Kilang Pertamina Balongan

Kabarmetro.id, INDRAMAYU – Kabareskrim Mabes Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., didampingi Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri., M.Si., pimpin Proses Investigasi penyebab Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (7/4).

Hadir dalam kegiatan tersebut Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen. Pol Andri Rian Djajadi, S.I.K., M.H., Dirtipidkor Bareskrim Polri Brigjen. Pol Drs. Djoko Poerwanto., Kapuslabfor Bareskrim Polri Brigjen Pol Ir. R Agus Budiharta, Dirkrimum Polda Jabar, Dirkrimsus Polda Jabar, Dansat Brimob Polda Jabar, Kabid Humas Polda Jabar, Danyon C Brimob Polda Jabar, Wadir Pam Obvit Polda Jabar.

Dan juga Kapolres Indramayu AKBP Hafidh S Herlambang, S.I.K., M.Si., Waka Polres Indramayu Kompol Galih Wardani, S.I.K., Kasat Reskrim Polres Indramayu AKP Lutfi Olot Gigantara, S.H., S.I.K., M.A., Kapuslabfor Mabes Polri, Tim Puslabfor Mabes Polri, Tim Investigasi Bareskrim Polri serta Tim Investigas Polda Jabar.

Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto saat Konferensi Pers di depan Media menyampaikan, olah TKP melibatkan Laboratorium Forensik Polri untuk mengungkap sebab-sebab terjadinya kebakaran.

“Intinya kita akan selidiki apakah ada (unsur) kesengajaan ataukah ada kelalaian yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran. Kita akan pelajari master plan, kemudian pembangunan,” ungkap Agus.

Ia menambakan tim olah TKP juga akan mempelajari skema maintenance (pemeliharaan) selama ini berjalan seperti apa. Sebab, kata dia,RU VI selama ini menjadi obyek vital nasional startegis.

“Kejadian kebakaran kemarin menjadi perhatian serius pemerintah dan dunia sehingga harus diberlakukan penanganan yang serius,” tegas Agus.

Pada bagian lain Komjen Agus berharap olah TKP yang akan dilakukan oleh jajaran Puslabfor didukung oleh kerjasama yang baik dengan pihak RU VI Balongan.

Terkait dengan pemeriksaan terhadap lima puluh dua Pegawai Pertamina RU VI Balongan, jenderal bintang tiga ini menjelaskan pihaknya baru meminta klarifikasi.

Komjen Agus bahkan telah mengarahkan kepada penyidik agar membuat laporan polisi Model ‘A’ karena sampai saat ini Pertamina belum membuat laporan resmi terkait peristiwa ledakan dan kebakaran tangki di Kilang Balongan.

“Pasal sangkaan sementara ini karena lalalinya, untuk mempermudah proses pemeriksaan kepada saksi-saksi. Nanti akan kami periksa untuk pro justicia, (Pertamina) kalau tidak membuat LP kan tidak bisa,” ujar dia. (Hs)

Tinggalkan Balasan