32.6 C
Jakarta
Sabtu, Juni 12, 2021

Kunjungan Menteri ESDM Arifin Tasrif ke Lokasi Kebakaran Pertamina RU VI Balongan

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, INDRAMAYU – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif kunjungi lokasi Kebakaran Pertamina RU VI Balongan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (3/4).

Hadir dalam kesempatan itu Dr. Ir. Kardaya Warnika, DEA (Anggota Komisi VII DPR RI), Ono Surono, ST (Anggota Komisi IV DPR RI), Nicke Widyawati (Dirut PT. Pertamina), Tutuka Ariadji (Dirjen Migas), Kapolres Indramayu AKBP Hafidh S Herlambang, S.I.K., M.H., Hj. Nina Agustina, SH., MH., C.R.A (Bupati Indramayu).

Dalam konferensi persnya dihadapan awak media Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, mengatakan penyebab ledakan dan kebakaran tangki gasoline di Kilang Balongan masih menjadi misteri.

Untuk mengungkapnya, Kementerian ESDM mengerahkan para ahli dalam negeri dari luar negeri yang membidangi kecelakaan kerja.

“Semua masih diinvestigasi. Seluruh temuan, ada yang kasat mata dan ada juga yang tidak kasat mata akan dikumpulkan,” ujarnya.

Usai meninjau tangki yang gasoline yang terbakar, Menteri Arifin menjelaskan seluruh titik api sudah bisa dikuasai.

“Proses selanjutnya sedang dilakukan pendinginan terhadap minyak-minyak yang ada di dasar bundwall sehingga bisa menurunkan temperatur,” tandas Arifin.

Arifin menambahkan, proses investigasi masih dilakukan oleh internal Pertamina, melibatkan sejumlah pihak eksternal termasuk ahli dari internasional.

“Kita juga meminta kajian instansi internsional yang membidangi kecelakaan kerja terkait dengan insiden ledakan tangki di Kilang Balongan ini,” tegas dia.

Kedepannya, lanjut dia, dari kejadian di Kilang Balongan Pertamina akan melakukan evaluasi sistem pengamanan kilang nasional.

Apa-apa yang diperlukan untuk sistem pengamanan kilang, kata dia, akan diidentifikasi.

“Jadi, pelajaran-pelajaran yang diambil dari beberapa kejadian sebelumnya, termasuk Senin lalu di Kilang Balongan, harus segera dilakukan evaluasi,” ujar dia.

Implementasinya,Pertamina agar segera memasang instalasi-instalasi pengaman sesuai standar internasional yang berlaku mengacu pada teknologi yang dipakai pada industri sejenis.

Perintah Menteri Arifin lainnya yakni Pertamina juga harus segera memasang early warning system untuk masayarakat.

“Jadi apabila ada indikasi yang membahayakan agar segera dikomunikasikan dengan masyarakat sekitar. Supaya masyarakat bisa melakukan persiapan dini untuk menjaga keselamatan,” tegas Arifin. (Hs)

- Advertisement -

Latest news

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pelaksanaan KONI Porkab 2021 Ditunda

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo akhirnya menunda pelaksanaan...
- Advertisement -

Rumah Mie Nokol Bondowoso Akan Di Bangun Cafe Oleh CCF

Kabarmetro.id, BONDOWOSO - Tim Climate Change Frontier atau CCF ,berkunjung kesalah satu UKM Binaan CCF.Yaitu Rumah Mie NOKOL...

Panglima TNI dan Kapolri Rangkul Tokoh Agama Untuk Tekan Covid-19 di Bangkalan

Kabarmetro.id, BANGKALAN - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung penanganan Covid-19...

Kepala Kampung Marga Jaya Peningkatan Ekonomi Warga Jadi Prioritas Proker

Kabarmetro.id, LAMPUNG UTARA - Peningkatan perekonomian melalui Pengelolaan dan pengembangan serta Pemanfaatan beberapa sektor yang ada, seperti, Sumber...

Related news

Panglima TNI dan Kapolri Rangkul Tokoh Agama Untuk Tekan Covid-19 di Bangkalan

Kabarmetro.id, BANGKALAN - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung penanganan Covid-19...

PPnBM dan PPN Sembako Dibenturkan, Respon Sri Mulyani: Teknik Hoax Bagus Banget!

Kabarmetro.id, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merespons pertanyaan salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi...

Presiden Telepon Kapolri, Polri Langsung Tangkap 24 Preman di Tanjung Priok

Kabarmetro.id, JAKARTA - Jajaran Satuan Reserse Polres Metro Jakarta Utara menangkap 24 preman yang kerap melakukan pungutan liar...

Kapolri Instruksikan Seluruh Polda Berantas Aksi Premanisme yang Resahkan Masyarakat

Kabarmetro.id, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh Polda dan Polres jajaran untuk memberantas setiap aksi...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan