29.6 C
Jakarta
Sabtu, April 10, 2021

Sidang Perkara Kebakaran Kejagung RI Hadirkan Saksi JPU

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, JAKARTA – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjadwalkan sidang perkara kebakaran Kejaksaan Agung (Kejagung) dengan agenda meminta keterangan saksi dari jaksa penuntut umum (JPU), Senin (1/3).

“Jadwal di SIPP Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pukul 10.00, agenda sidang hari ini masih meminta keterangan saksi dari JPU,” kata Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Suharno.

Sidang kebakaran gedung utama Kejagung telah bergulir sejak Senin (1/3) dengan agenda pembacaan dakwaan. Sidang selanjutnya pemeriksaan terdakwa dan saksi fakta.

Pada sidang sebelumnya, Senin (22/2), JPU menghadirkan dua orang saksi ahli untuk dimintai keterangannya soal kebakaran gedung utama Kejagung.

Fakta

Dalam sidang tersebut terungkap fakta berdasarkan keterangan saksi ahli dari Puslabfor Mabes Polri, ditemukan fraksi solar dan tinner di setiap lantai gedung Kejagung yang terbakar.

“Dari penyelidikan kita dapatkan kandungan kebakaran terfraksi solar, artinya di lokasi ada keberadaan solar dan tinner,” kata Nurkholis, saksi ahli dari Laboratorium Forensik, Mabes Polri, dalam sidang Kebakajaran Kejagung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Selain Nurkholis dari Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri, JPU menghadirkan saksi ahli kedua, Yulianto Sulistyo Nugroho, guru besar Teknik Keselamatan Kebakaran, Universitas Indonesia.

Dalam kasus kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung, telah ditetapkan 11 tersangka. Lima tersangka adalah buruh bangunan yang berinisial S, H, T, K, dan IS, kemudian mandor bangunan berinisial UAM.

Tersangka RS sebagai Direktur PT APM yang memproduksi pembersih cairan top cleaner. Tersangka NH sebagai Kasubbag Sarpras dan pejabat pembuat komitmen Kejaksaan Agung.

Bendera

Selanjutnya, tersangka MD yang perannya sebagai peminjam bendera perusahaan PT APM. Berikutnya, tersangka JM selaku konsultan pengadaan alumunium composite panel (ACP) 2019 merangkap direktur pabrik penyedia ACP merek Seven.

Terakhir, tersangka IS sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) Kejagung pada 2019.

Dari enam tersangka kelompok pekerja, kemudian dibagi dalam tiga berkas perkara. Berkas pertama untuk tersangka T, H, K, dan S. Berkas kedua tersangka IS dan berkas ketiga mandor UAM.

Dari hasil penyidikan polisi menyimpulkan tidak menemukan unsur kesengajaan dalam kasus kebakaran Gedung Kejagung yang menyebabkan kerugian Rp 1,12 triliun itu.

Atas perbuatannya, para tersangka dikenai Pasal 188 KUHP juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. (Red/FA)

- Advertisement -

Latest news

Apresiasi Bupati Padang Pariaman Ajak Perantau Investasi di Ranah

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Secara Resmi Membuka Sekaligus Narasumber Dalam Silaturahmi Ranah Dan Rantau Wali Nagari Se-Kabupaten Padang Pariaman...
- Advertisement -

Wagub DKI Jakarta Resmikan Masjid Badarun Toha Jakut

Kabarmetro.id, JAKARTA - Wagub DKI Jakarta hadiri peresmian Masjid Badarun Toha milik keluarga Zulham yang bertempat di Jl. Swasembada Timur XI No 24 Kel....

Terduga Teroris FA, Polri Tegaskan Bukan Pengurus Muhammadiyah

Kabarmetro.id, JAKARTA – Mabes Polri menegaskan, FA terduga teroris yang ditangkap tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Bandara Soekarno Hatta bukan pengurus PP...

Menhub Sebut KA Cepat Jakarta-Bandung Lompatan Teknologi Pembangunan Indonesia

Kabarmetro.id, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meng,atakan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang menggunakan teknologi tinggi menjadi suatu lompatan yang baik bagi...

Related news

Terduga Teroris FA, Polri Tegaskan Bukan Pengurus Muhammadiyah

Kabarmetro.id, JAKARTA – Mabes Polri menegaskan, FA terduga teroris yang ditangkap tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Bandara Soekarno Hatta bukan pengurus PP...

Menyoal Tanah Munjul, KPK Dalami Kasus Eks Dirut Sarana Jaya

Kabarmetro.id, JAKARTA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami kesepakatan khusus antara mantan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Pembangunan Sarana Jaya, Yoory Corneles...

Penangkapan Narkoba Polres Melawi

Kabarmetro.id, MELAWI -Polres Melawi ZA als LABUK (30) Desa Sidomulyo Kecamatan Nanga Pinoh Melawi yang bekerja sebagai tukang parkir ditangkap personel Satuan Narkoba Polres...

Komisaris LSM ACCN Sumut Minta Bupati Toba Tindak Tegas Oknum ASN Selingkuh

Kabarmetro.id, TOBA -Komisaris B. Halomoan.S, Lembaga Swadaya Masyarakat Anti Corruption Community National (LSM ACCN) Sumatera Utara melalui media Kabarmetro.id minta kepada Bupati Toba agar...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan