25.7 C
Jakarta
Senin, April 12, 2021

Jokowi Effect Beranjak Naik Pamor PDI Perjuangan

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, JAKARTA – Hasil jajak pendapat 4 lembaga survei di awal tahun 2021 menunjukkan kenaikan elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Membaca hasil survei dan melihat elektabilitas PDIP cenderung naik, membuat saya terkejut. Pasalnya, serangan ke partai ini datang bertubi-tubi akhir-akhir ini. Sang banteng dijadikan target,” kata Pengamat Politik dan Pegiat Media Sosial, Kajitow Elkayeni, Kamis (25/2).

“Di media sosial, tagar yang menyudutkan partai ini terus diorkestrasi. Kebencian terhadap Jokowi ditembakkan ke partai pendukung utamanya. Mungkin mereka berpikir, jika partai ini tumbang, Jokowi juga akan selesai. Pamornya meredup,” tambahnya.

Menurut pengamatannya dari sisi intensitas serangan yang bermain di kubangan ini bukan main-main. Dia melihat framing yang biasanya disasarkan ke Jokowi, kali ini merembet ke partai banteng.

“Mereka mengorek-orek sesuatu yang tidak ada. Mengait-ngaitkan satu petunjuk ke petunjuk lainnya. Mirip orang pasang togel. Semua firasat, mimpi dan celoteh orang yang dianggap pintar menjadi buku panduan. Tidak ada akal sehat di sana. Apalagi etika jurnalistik. Hanya waton sulaya, waton jeplak (asal nyinyir, asal mangap),” tutur Kajitow.

Dia pun mengungkapkan, serangan dalam upaya membusukkan PDIP dengan menyeret para pentolan PDIP dan istilah ‘madam’ dalam kasus bansos adalah upaya sistematis untuk menghancurkan kredibilitas PDIP.

“Namun yang mengejutkan, upaya untuk meredupkan pamor PDIP melalui kasus korupsi bansos, ternyata sia-sia. PDIP menjadi satu-satunya partai yang justru mengalami kenaikan elektabilitasnya,” jelasnya.

Diketahui, hasil survei Parameter menunjukkan bahwa PDIP memiliki elektabilitas tertinggi dibanding partai politik lainnya yaitu 25,1 persen. Sementara Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan elektabilitas PDIP sebagai partai teratas dengan 20,1%. Bahkan jika dilakukan semi terbuka, PDIP masih diposisi pertama 24,5%. Survei LSI juga menunjukkan PDIP paling dekat dengan rakyat sebesar 35,4%.

Hasil survei Lembaga Survei Indometer menunjukkan elektabilitas PDIP masih teratas yakni 22,3%. Begitu pula dengan temuan darisurvei Litbang Kompas yang dirilis pada Senin (22/2) menunjukkan elektabilitas PDIP tetap nomor satu yakni 19,7%.

Hasil dari 4 Lembaga Survei yang dirilis awal minggu ini menunjukkan PDIP mendapat elektabilitas teratas dan lebih tinggi dari perolehan pemilu 2019 yang mencapai 18,3%.

Menurut Kajitow, dari perolehan PDIP tersebut bisa disebut “Jokowi effect”. Katanya, Jokowi adalah kader PDIP, prestasi yang dilakukan Jokowi dengan sendirinya mendorong nama partai itu naik.

“Barangkali ini yang tidak dihitung oleh orang-orang yang mengorkestrasi serangan ke PDIP. Selama Jokowi bersikap jujur dan bekerja keras, hal itu akan menjadi tameng. Bahwasanya masih banyak kader bersih dan tumbuh bersama rakyat. Naiknya elektabilitas PDIP adalah sebuah anomali. Saya tidak tahu apa reaksi orang-orang yang saat ini berjuang mati-matian untuk meredupkannya ketika mengetahui fakta ini,” pungkasnya. (Red)

- Advertisement -

Latest news

Diduga Cemburu, Seorang Pria Bacok Warga Wonomerto Hingga Tewas

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Peristiwa pembunuhan di Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo, kejadian sekira pukul 17.30 WIB, Minggu (11/4). Korban bernama Roni (30) Warga...
- Advertisement -

Ketua Bapemperda Kota Cimahi Sambut Kedatangan DPRD Padang Pariaman

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - kunjungan kerja Komisi I DPRD Kabupaten Padang Pariaman ke DPRD Kota Cimahi, sesuai dengan agenda Bamus DPRD Kabupaten Padang Pariaman...

Soal Pembubaran Kuda Kepang, Kapolrestabes Medan: 10 Orang Sudah Tersangka

Kabarmetro.id, MEDAN – Pihak kepolisian telah mengamankan 10 tersangka dalam kasus dugaan pembubaran pertunjukan kuda kepang di Kecamatan Medan Sunggal. “Saat ini sudah 10 orang...

DPRD Kabupaten Padang Pariaman Kunker ke Kota Cimahi

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN - kunjungan kerja Komisi I DPRD Kabupaten Padang Pariaman ke DPRD Kota Cimahi, sesuai dengan agenda Bamus DPRD Kabupaten Padang Pariaman...

Related news

Golkar Usung Airlangga Hartarto Capres 2024

Kabarmetro.id, PADANG - sehubungan dengan telah dilaksanakanya Munas dan rakernas partai Golkar, DPD partai Golkar Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan rapat kerja daerah (rakerda) bertempat...

Danramil 0820/20 Banyuanyar Hadiri Rapat Pleno Penetapan DPT Pilkades

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO - Dibeberapa Desa yang ada di Kabupaten Probolinggo akan diadakan Pilkades secara serentak, salah satu sarat dan tahapan untuk dilaksanakan Pilkades adalah...

Perkuat Soliditas Partai, AHY Safari Nusantara

Kabarmetro.id, JAKARTA - Setelah pemerintah menolak kepengurusan Partai Demokrat (PD) versi Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang yang dipimpin Moeldoko, Ketua Umum Partai Demokrat...

Anies Unggul Teratas, Gerindra Tetap Usung Prabowo di Pilpres 2024

Kabarmetro.id, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi favorit para anak muda sebagai calon presiden mendatang. Hal itu diketahui berdasar hasil survei Indikator...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan