29.6 C
Jakarta
Sabtu, April 10, 2021

PBNU dan Baznas Jalin Kemitraan Strategis, Gerakan Cinta Zakat

- Advertisement -
- Advertisement -

Kabarmetro.id, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menjalin kemitraan strategis dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). PBNU pun mendukung penuh BAZNAS dalam mengelola perzakatan nasional dan menggencarkan Gerakan Cinta Zakat seperti diamanahkan Wakil Presiden RI, Prof. KH. Ma`ruf Amin.

Hal itu mengemuka dalam kunjungan silaturahim Pimpinan BAZNAS ke Kantor PBNU, Jalan Kramat, Jakarta Pusat, Selasa (23/2).

Rombongan yang dipimpin Ketua BAZNAS, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, disambut langsung Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA, Sekjen PBNU Dr. Helmy Faishal Zaini dan pimpinan PBNU lainnya.

Hadir Wakil Ketua BAZNAS, Mokhamad Mahdum, SE, MIDEc, Ak, CA, CPA, CWM, Pimpinan BAZNAS RI Dr. Zainulbahar Noor, SE., M.Ec; Ir. M. Nadratuzzaman Hosen, MS., M.Sc.; Saidah Sakwan, MA; Rizaludin Kurniawan, S.Ag., M.Si; Kolonel (Purn) Drs. Nur Chamdani; KH Achmad Sudrajat, Lc., MA; Dirut, M Arifin Purwakananta; Sekretaris, Jaja Jaelani; serta Direktur Operasi dan Plt Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan, Wahyu TT Kuncahyo.

“Kami selaku Pimpinan BAZNAS yang baru, mendapatkan kesempatan untuk menghadap ke beliau selaku pimpinan, Ketum PBNU. Kami berguru, mohon doa restu dan dukungan untuk menjalankan amanah sebagai pimpinan,” kata Ketua BAZNAS, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA.

Kunjungan silaturahmi ini juga dalam rangka menjaga sinergitas dan soliditas yang selama ini sudah terjalin antara BAZNAS dan Nahdlatul Ulama.

Sebagai pengelola zakat nasional, tambah Prof. Noor Achmad, secara formal penting bagi BAZNAS untuk berkunjung ke PBNU sebagai salah satu ormas Muslim terbesar di negeri ini. “Tujuannya untuk mensinergikan program-program yang akan kami jalankan ke depan,” kata Ketua BAZNAS.

Dia menambahkan, selama ini hubungan BAZNAS dan PBNU sudah berjalan baik. KH. Noor Achmad berharap dukungan PBNU sebagai salah satu organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia terhadap program-program yang ke depan akan dijalankan BAZNAS.

“BAZNAS bertanggung jawab dalam pengelolaan zakat secara nasional di Indonesia. Dengan PBNU, kita menjalin kemitraan strategis untuk terus menyemaikan Gerakan Cinta Zakat,” kata Prof. Noor Achmad.

Di antaranya, papar dia, BAZNAS akan merealisasikan program pemberdayaan ekonomi umat melalui Z-Mart, layanan kesehatan dengan membangun Rumah Sehat BAZNAS dan juga program beasiswa akan bekerja sama dengan PBNU.

Ketua BAZNAS menilai, PBNU merupakan mitra yang sangat strategis dan merupakan pilihan yang tepat bagi BAZNAS untuk bekerja sama dalam mendukung dan mewujudkan program-program pemerintah.

“Meningkatkan hubungan sinergi dalam melaksanakan program-program BAZNAS, seperti beasiswa, program pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi umat dan sebagainya. Karena memang ke depan BAZNAS tak mungkin bekerja tanpa dukungan partisipasi masyarakat. Karena itu, dalam kesempatan ini kami sangat berterima kasih. Ketua Umum PBNU memberikan dukungan penuh kepada BAZNAS untuk melaksanakan program-programnya,” ucap Prof. Noor Achmad.

BAZNAS, lanjut dia, bertekad menjadi pilihan pertama pembayar zakat dan lembaga utama menyejahterakan umat. “Sehingga kami perlu bantuan ormas-ormas. Dan saya kira tepat sekali jika PBNU berkenan bersama-sama BAZNAS mengentaskan kemiskinan, membantu beasiswa atau membantu para guru dan lain sebagainya,” ucap ujar Prof. Noor Achmad optimistis.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA, mengapresiasi ajakan kerja sama dan kemitraaan strategis yang diinisiasi BAZNAS.

“PBNU berkomitmen mendukung program-program yang disinergikan. Saya kira ini terobosan yang sangat baik. Kami sangat mendukung program-program yang dilaksanakan dan terpenting untuk kepentingan dan memberdayakan umat melalui zakat,” ujar KH. Said Aqil.

Menurut Ketua Umum PBNU, tujuan utama berorganisasi adalah mewujudkan tiga agenda penting. Pertama, pengentasan kemiskinan, kedua membangun SDM yang berkualitas melalui beasiswa, program pendidikan, layanan kesehatan, meningkatkan taraf perekonomian rakyat dan ketiga membangun masyarakat yang shaleh.

“Dengan niat yang baik dan tulus ikhlas, saya yakin terutama karena kepercayaan masyarakat yang tinggi, orang yang menitipkan zakatnya ke BAZNAS dan mereka puas, mustahik tepat sasaran, maka BAZNAS akan semakin besar dan menjadi pilihan utama bagi orang untuk berzakat,” tutur KH Said Aqil.

Lebih lanjut, Ketua Umum PBNU mengungkapkan, zakat harus bisa menjadi sarana untuk mencegah kemaksiatan dan menyerukan kebaikan tapi tidak bertentangan dengan syariat dan perundang-undangan yang berlaku. (Red)

- Advertisement -

Latest news

Terduga Teroris FA, Polri Tegaskan Bukan Pengurus Muhammadiyah

Kabarmetro.id, JAKARTA – Mabes Polri menegaskan, FA terduga teroris yang ditangkap tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Bandara Soekarno Hatta bukan pengurus PP...
- Advertisement -

Menhub Sebut KA Cepat Jakarta-Bandung Lompatan Teknologi Pembangunan Indonesia

Kabarmetro.id, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meng,atakan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang menggunakan teknologi tinggi menjadi suatu lompatan yang baik bagi...

KPK Ibu Kota Dibentuk Anies, Ini Alasannya

Kabarmetro.ud, JAKARTA - Anggota Komite Pencegahan Korupsi (KPK) Ibu Kota DKI Jakarta, Tatak Ujiyati, menjelaskan alasan Gubernur Anies Baswedan membentuk KPK Ibu Kota, meskipun...

Kevin De Bruyne Perpanjang Kontrak Hingga 2025 dengan Manchester City

Kabarmetro.id - Kevin De Bruyne memperpanjang kontrak di klub Manchester City selama dua tahun, hingga 2025. Pemain Belgia berusia 29 tahun itu telah membantu City...

Related news

Menhub Sebut KA Cepat Jakarta-Bandung Lompatan Teknologi Pembangunan Indonesia

Kabarmetro.id, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meng,atakan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang menggunakan teknologi tinggi menjadi suatu lompatan yang baik bagi...

Kemensos Respon Cepat Tangani Korban Banjir NTB

Kabarmetro.id, BIMA - Kementerian Sosial RI melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Disabilitas Mahatmiya Bali dan Balai Besar Disabilitas Prof. Dr. Soeharso di Surakarta...

Masjid Istiqlal Dibuka Lagi, Kapasitas Maksimal 2000 Jamaah

Kabarmetro.id, JAKARTA - Pengelola Masjid Istiqlal Jakarta membuka kembali masjid untuk pelaksanaan ibadah dan kegiatan keagamaan pada bulan Ramadan 1442H/2021M. Pembukaan masjid kebanggaan umat...

Mudik Lebaran, Kapolda Jatim: Kita Akan Lakukan Penyekatan di 7 Titik Perbatasan

Kabarmetro.id, SURABAYA – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr. Nico Afinta, didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim, Serta Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol...
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan